Home Mahasiswa Belajar

Apa Sih ‘Citizen Journalism’ Itu?

888
BAGIKAN

Istilah citizen journalism erat hubungannya dengan media online. Tak dapat kita pungkiri perkembangan media online menyebabkan munculnya istilah citizen journalism atau yang lebih kita kenal dengan istilah jurnalisme warga. Citizen journalism adalah aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa yang bukan berprofesi sebagai wartawan.

Saat ini dunia teknologi semakin berkembang. Perkembangan teknologi tersebut juga memengaruhi perkembangan jurnalistik. Dulu, hanya jurnalis professional-lah yang dapat melakukan kegiatan jurnalistik. Kegiatan jurnalistik yang dimaksud adalah mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Sekarang, dengan ditemukannya teknologi internet, kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakukan oleh jurnalis professional. Setiap orang bisa melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan untuk perkembangan jurnalistik tersebut disebut dengan citizen journalism.

Jurnalisme warga atau lebih dikenal dengan citizen journalism adalah berita yang dikirimkan warga kepada media tanpa adanya latar belakang jurnalistik (Kurniawan, 2007). Mengapa dikatakan tanpa latar belakang jurnalistik? Karena warga yang mengirimkan berita tersebut adalah seseorang yang terjebak dalam peritiwa yang tidak biasa sehingga orang tersebut secara spontan berperan sebagai reporter untuk mengabadikan peristiwa itu. Jadi, di mana pun, kapan pun, dan siapa pun bisa memberitakan peristiwa yang tidak biasa atau menarik yang dilihatnya agar diketahui oleh banyak orang.

Seiring dengan perkembangan zaman, jurnalisme warga juga semakin berkembang. Internet merupakan salah satu ‘fasilitas’ dalam melaksanakan citizen journalism ini. Tidak hanya itu, internet yang sebelumnya hanya dapat dioperasikan melalui komputer, sekarang dapat dioperasikan melalui telepon genggam atau biasa kita kenal dengan hand phone. Melalui koneksi internet di handphone, seseorang dapat mengabarkan berita yang disaksikan bahkan dialaminya kepada banyak orang hanya dalam hitungan detik.

Jurnalisme warga atau citizen journalism sangat penting di kalangan mahasiswa agar mahasiswa dapat mengetahui kabar terkini. Saat ini mahasiswa sangat dekat dengan dunia internet dimana dapat memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan segala hal termasuk mendapatkan berita terkini. Selain itu, mahasiswa pun saat ini memiliki banyak fasilitas yang dapat membantu dalam melakukan citizen journalism ini, khususnya handphone sehingga tanpa duduk manis di depan komputer, mahasiswa dapat membagikan berita dan memeroleh berita dengan cepat.

KUC logo

Unjkita.com adalah salah satu citizen journalism dalam lingkup lokal. Artinya Unjkita.com menjadi wadah mahasiswa UNJ dalam mengabarkan berita, khususnya yang terjadi di lingkungan UNJ sehingga masyarakat di dalam dan di luar UNJ dapat mengetahui peristiwa apa saja yang terjadi di dalam lingkup UNJ. Unjkita.com mampu mempromosikan kegiatan mahasiswa yang berlangsung di UNJ sehingga banyak orang datang untuk melihat kegiatan tersebut. Contohnya adalah begitu banyak opini dan press release serta pemberitaan yang masuk terkait kasus #SaveRonny yang begitu ramai di khalayak civitas akademika UNJ bahkan lingkup nasional. Unjkita.com disini mendokumentasikan seluruh opini dan release yang masuk dari seluruh mahasiswa agar publik yang tidak mengetahui dari awal kasus ini menjadi tercerdaskan. Lalu Unjkita.com juga menjadi media partner untuk ruang publikasi agenda yang diadakan oleh Opmawa dan Ormawa UNJ. Sehingga arus informasi mengenai apapun tentang kampus UNJ semua ada disini.

Oleh karena itu, perlu adanya social awareness bagi alumni dan khususnya mahasiswa UNJ agar menggunakan Unjkita.com sebagai wadah informasi UNJ dan sebagai bentuk upaya pengembangan citizen journalism di tengah-tengah lingkungan mahasiswa. Saat ini keberadaan unjkita.com sangat penting dalam memberitakan kabar tentang UNJ. Banyak mahasiswa berperan di dalamnya sehingga semakin banyak juga kabar yang dapat diberitakan. Oleh karena itu, Unjkita.com harus terus berkembang agar semakin banyak orang yang mengenal.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.