Home Mahasiswa Belajar

Profil Tata Busana UNJ

6920
BAGIKAN

Tata Busana UNJ memiliki dua program yaitu Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana dan Program Studi D-III Tata Busana. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda, program S1 menciptakan tenaga pendidik di bidang tata busana, sedangkan program D-III diarahkan menjadi praktisi bidang tata busana.

Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana

Mari kita perdalam terlebih dahulu profil prodi S1 Pendidikan tata busana.

Visi dari Program Studi Pendidikan Tata Busana adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul secara nasional dalam bidang Kependidikan Tata Busana yang berwawasan kewirausahaan pada tahun 2020.

Misi Program Studi Tata Busana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni di bidang busana yang dapat mengembangkan hidup manusia dan lingkungan yaitu :

  • Menyiapkan tenaga akademik dan atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri dibidang
    pendidikan tata rias guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
  • Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu, teknologi dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi kemanusiaan yang optimal
    dan terintegrasi secara berkesinambungan.
  • Memfungsikan program studi pendidikan tata busana yang mampu menerapkan prinsip-prinsip enterpreneurship dalam kinerjanya secara berkesinambungan.
  • Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri dalam melaksanakan Tri dharma perguruan tinggi sebagai perwujudan dan kebersamaan hidup untuk membangun masa depan yang lebih baik.
  • Melakukan penelitian dasar dan terapan yang profesional pada taraf nasional, regional dan internasional dalam bidang Tata Busana untuk serta menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka, lulusan prodi ini diharapkan menjadi Tenaga pengajar atau instruktur pada pendidikan formal dan non formal yang berwawasan IPTEKS, seni yang memiliki kemampuan managerial di bidang tata busana.

Setelah mengikuti seluruh program pendidikan di prodi Pendidikan Tata Busana mahasiswa akan mampu:

  • Mengelola pembelajaran tata busana yang berkarakter pada tingkat sekolah menengah bedasarkan karakter
    peserta didik dangan model pembelajaran yang tepat.
  • Mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan ilmu pengetahuan,teknologi,dan seni pada bidang produksi busana untuk penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan ilmu pengetahuan,teknologi,dan seni pada bidang
    desain busana untuk penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Gelar Lulusan prodi ini adalah SPd. (Sarjana Pendidikan). Prodi ini juga sudah terakreditasi oleh BAN-PT : A Masa Berlaku: s.d 2-09-2021

Program Studi D-III Tata Busana

Selain prodi S1 ada juga program studi D-III Tata Busana. Mari kita perdalam profilnya.

Prodi D-III Tata Busana memiliki Visi, Menjadi program studi yang unggul mampu menghasilkan SDM yang dapat mengantisipasi tantangan dan peluang di era globalisasi , profesional, bermoral tinggi, dan kreatif.

Misinya adalah Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, peningkatan pelayanan dalam penyelenggaraan pendidikan dan
pengajaran, meningkatkan keterlibatan dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat, menggalang kemitraan dengan dunia industri dan dunia usaha.

Lain hal dengan prodi S1 Tata Busana yang lebih ke arah pendidikan, Lulusan program studi D3 Tata Busana mempunyai kualifikasi sarjana Diploma, diharapkan dapat bekerja sebagai:

  1. Fashion Designer atau Fashion Stylist
  2. Assistance Fashion Designer
  3. Patternmaker/Grader
  4. Sample Hand
  5. Fashion Buyer
  6. Visual Merchandiser
  7. Fashion Forecaster
  8. Wardrobe Designer
  9. Dressmaker
  10. Reporter dan Penulis Mode

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

  • Mampu mengaplikasikan bidang keahlian di bidang busana yang memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan busana secara mendalam, serta mampu memformulasikan
    penyelesaian masalah secara prosedural.
  • Mampu membuat keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data pada bidang keahlian busana,
    serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok .
  • Memiliki tanggung jawab pada bidang pekerjaannya
    sebagai tenaga profesional di bidang busana.

Gelar Lulusan Prodi D-III Tata Busana adalah A.Md (Ahli Madya).Akreditasi Program Studi Hasil akreditasi oleh BAN: B Masa Berlaku : 9 Januari 2014 sd. 9 Januari 2019 No. SK : 001/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/I/2014 Tanggal SK : 9 Januari 2014

Perkuliahan

Tata busana UNJ memberikan berbagai macam mata kuliah. Seperti teknik menjahit, menggambar mode, cara menganalisa bahan sampai ketingkat kimiawi bahan.

Beberapa mata kuliah di prodi tata busana UNJ sumber: wiidyasr.blogspot.co.id

Setiap semesternya diadakan semacam mini fashion show yang menjadi wadah aktualisasi seluruh mahasiswa. Tugas Akhir kuliah juga di adakan fashion show dengan skala yang lebih besar.

Tugas Akhir Mahasiswa Tata Busana UNJ angkatan 2011

Ikatan Alumni Tata Busana UNJ

Gak cuma mahasiswanya, Ikatan Alumni (IKA) Tata Busana UNJ pun cukup rutin melaksanakan Fasion show. Akhir tahun 2016 IKA Tata Busana UNJ mengadakan UNJ Fashion Gathering sebagai salah satu rangkain acara  Indo Craft di JHCC, Jakarta.

Semoga informasi ini membantu kamu untuk menentukan program studi yang terbaik. Jangan lupa bagikan untuk teman dan saudara kamu yang bercita-cita menjadi fashion designer.

Masih ingin cari tahu program studi lain di UNJ, baca artikel berikut Daftar Lengkap Jurusan & Prodi di UNJ

informasi lengkap: Webiste resmi FT UNJ

Komentar Kamu?