Home Mahasiswa Hiburan

Tips Liburan Hemat nan Berkualitas Ala Mahasiswa

1571
BAGIKAN

Libur telah tiba, libur telah tiba… Hore, hore, hore…!!! Setelah berkutat selama 1-2 minggu dengan catatan dan fotokopian materi kuliah serta buku-buku tebal, libur semester menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mahasiswa pasca UAS. Sebagai seorang mahasiswa tentunya  harus lebih pintar dalam mengatur keuangan, seperti halnya liburan.  Nah, untuk itu tim unjkita.com akan memberikan beberapa tips yang cukup efektif yang dapat kamu coba untuk menekan pengeluaran liburan sehingga nggak bikin kantong kita kering…

Tujuan Wisata

wisata-indonesia1

Sebelumnya, kamu harus cek dulu agenda liburan kamu. Buat yang nggak punya budget liburan, tetaplah punya daftar tujuan kemana kamu akan pergi. Kesempatan untuk menghemat uang sudah ada bahkan sebelum kamu meninggalkan rumah. Destinasi yang kamu pilih akan sangat menentukan pengeluaran nantinya. Kemudian, cari alternatif terbaik dan termurah untuk mengganti tempat tujuan wisata kamu yang mahal itu. Ingat, tujuan berlibur adalah untuk menyegarkan badan dan otak dari rutinias, bukan soal jauh dan mahalnya liburan kita.

Tabungan

tabungan

Bagi mahasiswa yang punya budget pas-pasan, traveling tentu bukan kegiatan yang bisa dilakukan tanpa persiapan yang matang. Dengan uang bulanan yang terbatas, kamu harus pandai-pandai menyisihkan uang demi mengumpulkan tabungan yang akan kamu gunakan untuk memuaskan hasrat berpetualang. Kamu cek deh, jumlah tabungan kamu ada berapa? Usahakan tabunganmu cukup untuk membiayai liburanmu. Lebih asyik lagi kalau kamu punya tabungan khusus untuk liburan. Meski sedikit, sisihkan uang jajanu tiap bulan untuk anggaran berlibur di akhir semester. Kalau biasanya jalan-jalan ke mall 4x sebulan, krangi jadi 1-2 kali, uangnya kamu tabung deh. Demi menunaikan keinginan menjelajah sebuah destinasi baru, tak jarang kamu pun harus memangkas kesenangan-kesenangan ekstra. Misalnya saja kebiasaan hangout bersama teman-teman, belanja fashion item paling up-to-date, sampai membeli gadgetketika HP-mu yang sekarang sudah lemot dan rusak. Semua rela kamu tunda agar uangmu cepat terkumpul.

Transportasi

pesawat_kereta

Untuk mencapai tujuan wisata menggunakan pesawat, kamu kudu reservasi jauh-jauh hari supaya harga tiketnya lebih murah. Selain itu, kamu juga bisa menghemat biaya transportasi dengan memilih penginapan yang dekat dengan lokasi wisata.

Penginapan

penginapan

Cara terbaik untuk menghemat biaya akomodasi kamu, tentunya dengan menghemat biaya penginapan. Kamu bisa menemukan berbagai penginapan di berbagai kota atau yang kamu tuju. Lebih mudah lagi, kamu bisa booking tempat dari situs booking hotel online. Punyailah prinsip: Di mana aja asal bisa tidur dengan aman dan nyaman. Nah, kamu nggak akan ragu untuk menginap di tempat yang murah jika dua syarat itu telah terpenuhi. Aman dan nyaman. Hematlah uangmu untuk hal yang lebih berguna, Guys.

Kuliner

angkringan

Makanlah di tempat-tempat yang hemat. Pilih penginapan yang menyediakan sarapan (walau sederhana). Liburan bukan berarti kamu harus makan yang wah-wah (mumpung libur, nih!). Kamu makan saja yang hemat dan mengenyangkan. Kalau hobimu wisata kuliner, berarti kamu kudu meghemat pos lain untuk memenuhi hasratmu mencoba makanan khas daerah tersebut.

Oleh-oleh

BISNIS/YAYUS YUSWOPRIHANTO Sejumlah calon pembeli memilih berbagai makanan khas di salah satu toko di Solo, Jawa Tengah, Jumat (02/09). Sejumlah toko makanan khas kota tersebut menambah jumlah stok makanan untuk memenuhi lonjakan permintaan pembelian seiring dengan arus balik lebaran para pemudik.

Kamu harus bijak saat membeli oleh-oleh. Jangan sampai, karena membeli oleh-oleh terlalu banyak malah membuatmu tekor. Buat daftar siapa saja orang yang akan kamu beri oleh-oleh, kemudian tentukan budget tertentu supaya tetap terkontrol.

Manfaatkan status mahasiswa kamu

 

Menjadi mahasiswa berarti memiliki banyak kemudahan untuk traveling sambil menghemat uang. Bila kamu berkeinginan untuk travelling ke luar negeri. Langkah pertama, kamu bisa mengambil International Student Identity Card atau ISIC. Kartu diskon tersebut diakui di 125 negara. Benefitnya, kamu bisa dapat diskon penginapan, transport, kartu SIM lokal, dan lainnya.

Nah, itulah tips liburan murah banget ala mahasiswa. Ternyata ada banyak cara bagi mahasiswa untuk traveling sambil menghemat biaya. Punya uang atau tidak, kamu tetap bisa liburan kok. Lihat deh di seputaran tempat tinggalmu, masih banyak tempat menarik yang gratis untuk alternatif tujuan rekreasi kamu. Selamat Berlibur Guys…!

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.