Sebentar lagi kita kan melewati tahun 2021 menuju tahun 2022. 2 tahun sudah kita lewati dengan serba terkoneksi digital akibat dari pandemi. Pertumbuhan website baru sangatlah tinggi. Jasa pembuatan wesbtie seperti Jeluga Banyak dicari oleh UMKM yang mau go digital.

Selain aspek kesehatan, pandemi secara tidak langsung mendorong adanya akselerasi pertumbuhan digital dengan beralihnya semua kegiatan secara online. Baik untuk kegiatan belajar, hiburan, pekerjaan, sampai dengan bisnis.

Untuk poin yang terakhir, tanpa kita sadari kini segala kegiatan bisnis baik dalam skala UMKM bahkan ke perusahaan multinasional perlahan-lahan bergeser menuju arah digital dari mulai pemasaran, transaksi, kerjasama, dan aspek-aspek lainnya.

Dengan adanya perkembangan internet dan berbagai platform digital penunjang lainnya. Tentu makin memudahkan usaha-usaha jual beli yang kita lakukan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan seperti pemasaran yang dulunya dihadapkan dengan kendala terbatasnya jangkauan promosi. Atau juga biaya promosi lewat media massa seperti koran, tv, dan radio yang cukup menguras kocek.

Namun dengan ada digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan seperti marketplace, ojek online, mall online, dll. Tentunya menjadi penunjang yang sangat bermanfaat bagi para pegiat bisnis dari mulai skala mikro dan juga makro.

Lalu di sana lah muncul kebutuhan akan website bagi para pelaku bisnis. Keberadaan website sebagai identitas sebuah perusahaan atau unit bisnis menjadi satu hal yang seharusnya menjadi prioritas di zaman yang serba digital ini. Selain media informasi, ternyata banyak manfaat-manfaat lain yang didapatkan pelaku usaha lewat adanya website.

Selengkapnya berikut 5 alasan mengapa usaha kalian perlu memiliki website,

Keunggulan dari kompetitor offline

Jika diibaratkan sebuah perlombaan, kepemilikan sebuah web tentunya membuat kita selangkah lebih maju dari kompetitor yang masih menggunakan cara konvensional atau berjualan langsung. Dengan adanya website, usaha kita sedekat jangkauan pandangan konsumen dari seluruh dunia dengan layar gadgetnya. Hanya butuh satu kata kunci dari kebutuhan pelanggan di search engine, maka produk-produk yang kita miliki dapat hadir di perangkat calon konsumen.

Kredibilitas bisnis menjadi tinggi

Dengan adanya website secara tidak langsung menunjukkan keseriusan dan komitmen bisnis kepada pelanggan. Dengan adanya website tentunya pelaku bisnis dapat memuat informasi seputar produk yang dimiliki beserta spesifikasinya, testimoni kepuasan dari konsumen sebelumnya, serta menampilkan identitas dari unit bisnis itu sendiri. Tentunya dengan adanya hal tersebut membuat calon pelanggan mendapatkan kepastian akan barang atau produk yang hendak mereka beli.

Membantu pelanggan

Jika pada poin sebelumnya poin-poin yang membuat naiknya kepercayaan terhadap perusahaan. Dengan adanya website tentunya akan memudahkan calon konsumen untuk mencari tahu seputar produk, lokasi toko, mekanisme pembelian, cara pemesanan (jika barang pre-order), dll. Selain itu konsumen dapat mendapatkan informasi 24 jam non stop, dimana pun kapan pun. Tentunya berbeda dengan toko offline yang memiliki batasan jam kerja dan jarak dengan lokasi toko.

Meningkatkan penjualan

Lewat kemudahan menjangkau konsumen dan sebaliknya bagaimana mudahnya konsumen mencari informasi tentang kebutuhan mereka. Tentunya akan membuat angka penjualan dari unit bisnis menjadi meningkat. Yang awalnya proses bisnis hanya memiliki konsumen yang berasal dari wilayah sekitar dimana berdiri toko fisik. Dengan adanya website dapat membuat penjualan bisa naik karena target market yang diperluas.

Memuat company profile perusahaan

Satu manfaat adanya website yang kadang luput dari pikiran banyak orang. Sebuah brand tentunya harus memiliki identitas yang kuat untuk membuatnya berbeda dengan kompetitor lain. Selain lewat produk dan logo, identitas sebuah brand juga bisa lahir lewat cerita, visi misi, dan komitmen dari brand tersebut. Dengan adanya website tentunya akan membuat konsumen merasa dekat dengan brand tersebut. Dan dari kedekatan itu akan menimbulkan loyalitas dari konsumen kepada brand.

Demikian 5 alasan mengapa perlunya sebuah perusahaan, unit bisnis, atau merk (brand) memiliki website. Untuk pembuatan website banyak perusahaan atau agensi yang menawarkan jasa pembuatan website. Kamu bisa cek via google atau klink link tersebut.

Sedangkan untuk rentang harga mulai dari Rp2Jt variasinya tergantung dengan spesifikasi dari website. Dan spesifikasi tersebut kembali lagi bergantung dengan kebutuhan bisnis anda. Yuk bikin website untuk bisnis kamu.