Home Inspirasi 5 Cara Belajar Efektif yang Membuat Kamu Pasti Paham Mata Kuliah

5 Cara Belajar Efektif yang Membuat Kamu Pasti Paham Mata Kuliah

79
cara belajar efektif

Pernah dengar istilah Cara Belajar Efektif? Kalau kalian pernah merasa kesulitan mencerna pelajaran atau mata kuliah yang sedang dipelajari, mungkin saja sebenarnya mata kuliah tersebut yang sulit dicerna. Namun, kita belum tahu cara belajar efektif yang seharusnya kita lakukan untuk diri kita sendiri.

Setiap manusia dibekali kemampuan untuk belajar. Proses belajar ini sejatinya untuk kita beradaptasi dan memecahkan berbagai persoalan kehidupan. Bukan sekedar mengejar atau kredit semata. Untuk itulah, proses belajar sangat penting apalagi bagi seorang mahasiswa yang mempelajari juga mempraktikan banyak teori-teori. Yang jelas, proses belajar bukan hanya proses SKS atau Sistem Kebut Semalam. Proses belajar juga proses penjang yang tidak akan berhenti, walaupun kelak kita lulus dari bangku kuliah.

Cara belajar efektif sendiri sebetulnya adalah mengenai proses atau metode belajar agar kita bisa mencapai suatu target atau tujuan tertentu dari pembelajaran tersebut. Kita bisa memahaminya dengan mudah dan tentunya bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Seorang ahli atau ilmuwan sekalipun tentunya memiliki cara belajar efektif masing-masing yang sesuai dengan kondisi dirinya.

Sebagai mahasiswa, tentunya kita ingin mendapatkan hasil terbaik dalam studi dan juga dapat mengimplementasikannya dalam proses berkarir kedepan. Untuk itu, berikut adalah 5 hal tentang cara belajar efektif yang bisa kalian implementasikan dan coba terapkan saat ini.

1.   Pahami Target dan Tujuan Pembelajaran

Pernahkah kalian merasa malas untuk belajar atau mungkin saat mempelajari sesuatu? Bisa jadi saat itu, kalian belum benar-benar memahami hal mendasar dari pelajaran tersebut, yaitu tentang tujuan kita mempelajari mata kuliah tersebut.

Setiap pelajaran atau mata kuliah pasti memiliki target atau tujuan pembelajaran. Sebelum kalian mempelajari tentang teori, pola, atau rumus, coba pelajari terlebih dahulu target dan tujuannya. Coba mulai dari pertanyaan : Mengapa saya harus mempelajari teori ini? Apa dampaknya jika saya mempelajari ini? Apa hubungannya dengan keahlian saya di kemudian hari dan saat berkarir nanti?

Dengan memahami target dan tujuan sebuah mata kuliah, maka kita tidak akan malas untuk mempelajarinya. Kita akan lebih semangat untuk mengeksplorasi hal baru serta mencoba untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimanapun, dengan mengenal tujuan dari sebuah mata kuliah maka akan mengantarkan kita pada kejelasan arah belajar.

2.   Pelajari dari Banyak Sumber

Buku memang sumber kita untuk belajar. Tapi belajar dari satu sumber saja tentunya akan membuat pengetahuan kita kurang luas. Di dalam dunia akademisi biasanya akan ada banyak ditemukan berbagai pendapat, mahdzab, aliran, atau teori-teori yang saling bertentangan. Sebagai mahasiswa yang cerdas, kita bisa mencoba untuk belajar lebih banyak dari berbagai sumber. Tidak hanya pada satu orang, tidak hanya pada satu buku, atau mungkin hanya belajar dari modul atau slide yang diberikan dosen.

Adanya berbagai pendapat, pandangan, dan teori membuat pikiran kita lebih terstimulasi dan dari situ kita bisa berpikir banyak hal. Tidak hanya satu saja yang kita eksplor melainkan banyak hal yang mungkin saja mahasiswa lain juga belum tentu melakukannya.

3.   Hindari Textbook, Belajarlah dari Realitas

Apa perbedaan belajar seorang mahasiswa dengan pelajar biasa? Dulu, mungkin kita sering belajar dengan metode DDCH (Duduk Dengar Catat Hapal). Sebagai mahasiswa, metode belajar seperti itu tidak cocok untuk kita gunakan kembali. Menghapal, merangkum, atau hanya sekedar menulis memang bisa disebut juga proses belajar. Akan tetapi, seorang mahasiswa yang kedepannya dituntut untuk mengimplementasikan teori di lapangan pekerjaan, tentu tidak bisa belajar hanya dari teks-teks yang ada di buku.

Ia harus belajar melihat langsung di realitas bahkan mencoba atau menelitinya lebih dalam. Misalnya saja sebagai mahasiswa jurusan psikologi, yang sedang mempelajari tentang teori behaviouristik, tidak bisa sekedar mempelajari pengertiannya saja. Coba lihat di sekitar. Amati teman-teman atau orang-orang di lingkungan. Adakah perilaku tertentu yang ternyata terbentuk karena teori ini?

Dengan belajar melihat dan mencerna langsung pada realitas, kita akan mudah menangkapnya dan tidak akan terjebak pada teks belaka.

4.   Gunakan Media Alternatif Untuk Cara Belajar Efektif

Di zaman yang serba hi-tech ini, ada banyak sekali media alternatif kita untuk belajar. Jika bosan membaca buku, kita bisa mencoba untuk melihat tutorial atau penjelasan melalui youtube. Atau mungkin mendengarkan podcast juga bisa menjadi alternatif bagi kalian yang memiliki gaya Audio untuk belajar. Yang jelas, jangan terjebak untuk menggunakan satu media saja. Jika ada banyak media bertebaran untuk belajar, maka hal tersebut bisa kita manfaatkan dan gunakan. Yang pasti, gunakan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

5.   Diskusi dan Bertukar Pikiran dengan Ahli

Salah satu cara belajar yang juga sangat disarankan oleh banyak para pakar adalah kita berdiskusi dan bertukar pikiran dengan ahli-nya. Seorang ahli biasanya akan mudah menjelaskan dan memberikan berbagai pandangannya tentang sebuah teori. Untuk itu, dengan banyak berdiskusi dan bertukar pikiran dengan seorang ahli, pikiran kita akan lebih terbuka dan banyak menyerap pengetahuan-pengetahuan baru yang bisa jadi tidak tertuang dalam buku atau teks-teks modul perkuliahan.

Itulah 5 cara belajar efektif yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita sebagai mahasiswa. 5 hal ini bisa kalian coba satu persatu dan jangan lupa, tentukan mana yang paling sesuai dengan gaya belajar kalian. Jika sudah mencobanya, jangan patah semangat untuk terus belajar dan menggali pengetahuan untuk bekal di masa berkarir kedepannya. Semangat Belajar!

Untuk Kamu yang mau belajar bahasa asing yuk cek artikel Mau Belajar Bahasa Asing, Tapi Gak Mau Bayar Mahal? Cek 9 Situs Gratis Ini Deh!

Komentar Kamu?