Home Inspirasi 5 Tips Menghadapi MSDK (Manajemen Sumber Daya Keluarga)

5 Tips Menghadapi MSDK (Manajemen Sumber Daya Keluarga)

219
    1. Setiap prodi pasti punya cerita, sama seperti setiap praktikum yang selalu punya cerita. Biar cerita kamu berkesan selama MSDK, perlu kamu persiapkan hal-hal berikut ini.

Eits tunggu!

Sebelum memberitahu apa saja tips-tipsnya kita simak dulu apa itu MSDK. MSDK adalah kepanjangan dari Manajemen Sumber Daya Keluarga. Bagi mahasiswa program studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK), mungkin MSDK bukan lagi menjadi kata yang asing didengar.

MSDK ini merupakan praktik wajib yang harus dijalani setiap mahasiswa dari PVKK. Bagi yang pernah melewati Daksinapati Barat mungkin akan tahu seperti apa itu Laboratorium MSDK. Biasanya para mahasiswa menyebutnya sebagai rumah karantina menantu idaman. Lho kok gitu? Ya, karena di sana kita akan dilatih dalam berbagai hal tentang manajemen sumber daya keluarga he..he..

Nah, daripada berlama-lama, yuk simak 5 hal yang harus dipersiapkan untuk memasuki ‘welcome to the jungle’-nya mahasiswa PVKK.

Mahasiswi PVKK
1. Finansial

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah finansial karena tidak dipungkiri untuk memasuki laboratorium tersebut dibutuhkan biaya operasional. Selain itu, namanya hidup bersama dalam satu rumah tentu ada pengeluaran-pengeluaran tak terduga lainnya untuk keperluan individu maupun kelompok, dan tentunya finansial harus mulai dipersiapkan yaa.

2. Mental

Tidak mudah untuk bisa mendapat acc praktek di MSDK. Misalnya, harus melalui test cook terlebih dahulu dengan berbagai menu yang bisa saja belum pernah kamu makan sebelumnya. Jangankan buat makan, tahu saja pun belum tentu. Selain itu, harus mempersiapkan menu harian yang akan kita masak selama kita berperan sebagai cooking di MSDK dan tentunya tidak sembarangan menu bisa kamu masukan ke dalam proposal yang jelas harus ada nilai gizinya.

Bukan hanya dua hal itu saja, kamu juga harus menyiapkan business plan untuk bisnis yang akan kamu jalani selama kamu berperan sebagai KWU alias kewirausahaan.

Setelah melalui proses panjang itu, kalian akan benar-benar diuji mentalnya ketika pengajuan proposal. Sejauh ini, revisi selalu saja menyertai. Tabahkanlah saja hatimu, siapkan mental dan terus jalani sesuai prosedur ya, toh ini buat kebaikan kalian juga ke depannya.

Belum berhenti sampai di situ, di MSDK kehidupan akan terasa menjadi kehidupan sesungguhnya. Jangan lemah kalau nantinya kamu ditolak oleh banyak orang. Eits tunggu, maksudnya konsumen yang kamu tawarkan produk bisnismu. Persiapkan mental supaya tidak ‘batin’ selama MSDK.

3. Fisik

Selama di MSDK, harus siap senam setiap hari ya anggap itu bakar lemak, jadi ga perlu susah-susah nge-gym untuk diet, dengan masuk MSDK kamu akan lebih sehat dan membakar lemak secara alami he..he..

Kenapa fisik? Karena aktivitas di MSDK bisa saja menguras tenagamu, supaya tidak ‘kaget’ makanya persiapin fisik, ya, paling tidak olahraga kecil-kecilan agar kamu sudah terlatih saat masuk MSDK.

4. Peka

Karena di sana kita tidak hidup sendirian, maka belajarlah untuk peka pada sekitar. Pekalah ketika ada teman yang sedang mengerjakan sesuatu dan kamu sedang senggang, maka bantulah. Pekalah ketika kamar berantakan, meski bukan bagian house keeping maka rapihkanlah. Pekalah pada apa pun itu, karena peka mengajarkan kita lebih berempati dan lebih manusiawi serta belajar dewasa.

Nantinya, peka jugalah yang akan membuatmu kompak dengan kelompokmu. Nantinya, peka jugalah yang membuat hari-harimu menjadi lebih berwarna dan menikmati momen demi momen dengan nikmat bersama teman-teman kelompokmu. Ini juga menjadi salah satu tips menghindari pertikaian anggota di dalamnya. Sudahlah, kita sudah dewasa, tidak perlu harus selalu disuruh ini dan itu, hanya perlu peka dan lakukan dengan senang hati tanpa menggerutu.

5. Ikhlas

Last but not least adalah IKHLAS. Ikhlaslah pada apa yang akan dijalani nantinya. Ikhlaslah ketika kamu sudah merasa melakukan yang terbaik semampumu namun masih ada kekurangan, karena itu akan melatihmu menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Ikhlaslah memasuki MSDK, sebab percayalah bahwa ketika kamu ikhlas maka kamu akan dapat mengambil setiap hikmah dan pelajaran berharga yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu sekarang atau kelak ketika sudah berkeluarga. Karena ikhlas yang akan membuatmu nyaman berada di MSDK dan tidak merasa terbebani. Karena ikhlas membuat kalian menikmati hari-hari kalian bersama teman-teman kelompok kalian.

Nah, itulah 5 tips memasuki MSDK, persiapkan dirimu dan jangan lagi mengeluh. Jalani semuanya karena kamu akan tahu bahwa MSDK merupakan laboratorium yang memberikan banyak hal berharga serta momen-momen yang tidak akan pernah terlupakan.

Komentar Kamu?