Setiap orang pasti berkeinginan mendapatkan penghasilan tambahan dan itu sangat mudah diwujudkan bagi kamu yang hidup di jaman ini. Tidak perlu harus selalu menjual produk kebutuhan bahan pokok, tetapi kamu bisa saja mengadakan kursus online maupun tatap muka yang memenuhi protokol kesehatan.

Pada saat kamu membuat brosur online, maka kamu perlu mencantumkan daftar pendaftaran dalam bentuk shortlink. Bagi kamu yang belum paham apa itu shortlink, kamu perlu baca ini sampai selesai. Tidak harus menggunakan penyedia jasa shortlink berbayar, karena ada banyak sekali yang bisa kamu manfaatkan secara gratis.

Pengertian dari Shortlink

Shortlink dalam dunia website maupun blogger sudah lazim dipakai. Penggunaan shortlink ditujukan, agar suatu URL website maupun blog bisa dengan mudah dihafalkan berkat domain yang pendek. Teknik menggunakan shortlink ini membuat suatu brosur menjadi tampil lebih sederhana dan menarik.

Kamu pasti paham bukan kalau URL suatu website terlalu panjang dapat mengganggu tampilan desain pada brosur. Ada banyak sekali jasa penyedia shortlink saat ini, seperti Bitly, ShortURL, Cuttly, Tinycc, dan lain sebagainya.

Baca juga : www.domainesia.com/hosting tempat beli hosting termurah di ASIA

Apa Keuntungan Menggunakan Shortlink?

Kamu yang belum terlalu awam dengan dunia shortlink pasti sering bertanya-tanya mengenai apa kelebihan dari menggunakan shortlink. Pastinya ada banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan perpendekan tautan link.

Mencegah Kesalahan Penyalinan

Saat sebuah website memiliki alamat sangat panjang, maka besar kemungkinannya terjadi kesalahan penyalinan tautan. Ketika terdapat kesalahan dalam penyalinan, sudah bisa dipastikan bahwa orang-orang yang berkeperluan dengan alamat website itu jadi tidak bisa akses. Menggunakan shortlink memudahkan penyalinan dan bisa dipastikan hampir tidak ada kesalahan penyalinan.

Memberikan Fungsi Analisis

Shortlink bisa dipakai untuk tujuan fungsi analisis yang mana menampilkan kepada target produk maupun layanan, bahwa kamu telah melakukan klik terhadap tautan tersebut. Tidak mungkin kamu tidak melakukan cek tautan sebelum mulai memperpendek suatu link.

Matching dengan Kode UTM

Shortlink bisa dipakai untuk mendeteksi matching atau tidak terhadap suatu kode UTM. Ini memungkinkam kamu dalam melacak suatu kampanye.

Kerugian dari Menggunakan Shortlink

Tidak selamanya shortlink selalu memberikan keuntungan bagi penggunanya. Kamu yang berniat menggunakan shortlink perlu tahu apa saja kerugian dari penggunaan shortlink.

Kekurangan yang pertama adalah menghasilkan lebih sedikit klik maupun trafik daripada domain normal. Selain itu, ada kalanya saat melakukan pengiriman url shortlink gagal, maka bisa berpotensi menuju ke link pesaing.

Kerugian lainnya adalah shortlink bisa dianggap sebagai sebuah spammer maupun upaya memberikan tautan dengan tujuan tindakan kejahatan. Saat ISP mendeteksi seperti itu, bisa-bisa shortlink justru dimasukkan ke dalam daftar hitam yang bisa menghalangi orang-orang yang berkepentingan untuk akses shortlink tersebut.

Beberapa Daftar Shortlink Terbaik Gratis

Saat ini terdapat banyak sekali website yang menyediakan jasa pembuatan shortlink secara gratis. Beberapa daftar website tersebut akan dijelaskan secara singkat berikut ini.

Bitly

Kamu perlu melakukan praktek secara langsung terhadap cara perpendek tautan menggunakan Bitly. Menggunakan website yang satu ini akan membantu kamu dalam memahami apa itu shortlink. Situs ini masuk dalam peringkat pertama shortlink yang paling sering dipakai. Website ini memberikan layanan yang gratis maupun berbayar.

Cuttly

Salah satu website yang menyediakan shortlink gratis adalah Cuttly. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh website perpendekan tautan ini, seperti menggunakan branded URL, bisa generate kode QR juga, ada generator kode UTM khusus bagi yang registrasi, dan lain-lain.

Cuttly memungkinkan analisis terhadap wilayah asal konsumen, kapan waktu mengklik, dan browser apa yang digunakan. Semua fasilitas tersebut sangat cocok dalam berbagai pertimbangan marketing untuk menyiapkan strategi bisnis perusahaan pada masa depan.

TinyURL

Situs shortlink lain yang sudah terkenal sejak 2002 yakni TinyURL. Website penyedia perpendekan link ini menawarkan banyak keunggulan, termasuk hasil perpendekan tautan yang bisa aktif selamanya. Kapan lagi kamu bisa mendapatkan fasilitas shortlink gratis yang bisa berlaku selamanya.

INK

Kamu suka dengan tampilan dashboard yang sederhana dan menarik, maka bisa menggunakan INK. Website penyedia shortlink yang satu ini menawarkan banyak kelebihan berdasarkan kata kunci. Jadi bisa membuat shortlink menjadi semakin tenar, karena menggunakan teknik SEO dalam membuat sebuah tautan.

Yourls

Salah satu situs yang bisa dipakai dalam membuat shortlink adalah Yourls. Website yang satu ini sangat ringan dan tidak akan membuat server internet kamu menjadi terbebani setiap kali akses website tersebut.

ShortURL

Salah satu shortlink yang terkenal selain Bitly adalah ShortURL. Website penyedia perpendekan tautan ini menyediakan versi gratis dan berbayar. Pastinya terdapat perbedaan antara perpendekan tautan yang berbayar dengan yang tidak. Apabila kamu hanya menggunakan shortlink dalam periode waktu tertentu, maka kamu bisa pakai yang versi gratisnya.

Setiap perpendekan tautan yang dibuat di website tersebut dilakukan secara cepat, aman berkat adanya protokol HTTPS dan enkripsi, serta compatible untuk banyak perangkat. Tautan pendek yang dibuat oleh website ini tidak akan dianggap sebagai spam, malware, maupun virus.

Tinycc

Kamu suka dengan website yang memiliki tampilan antarmuka yang ramah dilihat, maka kamu perlu mencoba menjelajahi situs shortlink Tinycc. Situs shortlink Tinycc memang bisa dipakai untuk menghasilkan tautan pendek. Hanya saja tautan pendek tersebut memiliki batas waktu expired.

Apa Ada Shortlink yang Menghasilkan Uang?

Shortlink bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan trafik pengunjung ke dalam bisnis online yang kamu geluti. Berkat shortlink juga kamu bisa mendapatkan banyak konsumen yang tertarik dengan produk maupun layanan yang kamu tawarkan.

Bisa membuat ada banyak pengunjung yang datang ke website dan menyebabkan ada perusahaan yang ingin pasang iklan di website kamu. Membuat orang mau melakukan klik terhadap shortlink juga bisa disebarkan melalui brosur maupun media sosial. Intinya shortlink dapat membantu suatu perusahaan dalam menghasilkan lebih banyak uang.

Cara Memperpendek Link Suatu Website

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sudah tidak sabar ingin melakukan praktek dalam membuat shortlink, maka kamu perlu membaca ulasan mengenai runtutan pembuatan link pendek ini sampai selesai.

  • Buka Browser apapun yang terpasang di laptop kamu dan ketik Bitly pada bagian bar penelusuran.
  • Browser akan menampilkan ada banyak sekali situs yang masih berkaitan dengan Bitly.
  • Klik website yang terletak paling atas yakni bitly.com.
  • Tampilan layar akan berubah dan kamu sudah masuk dalam website Bitly.
  • Misalkan saja kamu ingin memperpendek alamat dari https://www.domainesia.com/tips/wajib-tahu-query-database/.
  • Kamu hanya perlu salin alamat yang akan diperpendek dan tempelkan pada bagian bar bertuliskan “Shorten your link” yang ada di Website Bitly.
  • Sisanya kamu klik tombol Shorten.
  • Hasilnya akan langsung keluar dalam bentuk https://bit.ly/2BOzQxh.

Mudah sekali bukan dalam melakukan perpendekan tautan menggunakan Bitly. Selanjutnya kamu bisa pasang tautan pendek tersebut menuju ke media sosial, website, blog, dan lain-lain. Ada banyak sekali jenis perpendekan tautan lainnya yang bisa kamu coba-coba sendiri.