Menguasai bahasa Inggris saat ini sudah menjadi keterampilan yang wajib dimiliki siapa saja, terutama orang-orang muda yang ingin meneruskan studi ke luar negeri. Itulah sebabnya, banyak orang yang mencari metode belajar bahasa Inggris untuk pemula yang cepat dan mudah.

Cara belajar setiap orang memang berbeda. Namun, untuk mempelajari bahasa Inggris, cara-cara berikut cukup mudah dan efektif untuk membuat Anda bisa menguasainya dengan cepat. Poin-poin berikut dibuat berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah sukses mempraktikkannya.

Awali dengan Menguasai Kosakata Dasar

Menguasai hal-hal dasar adalah langkah pertama yang perlu dilakukan ketika Anda hendak mulai mempelajari ilmu apa pun. Dalam bahasa Inggris, menguasai kosakata dasar sangat penting sebelum mempelajari hal lainnya.

Kosakata dasar meliputi kata tanya, kata ganti, kata kerja, kata kerja bantu, sapaan, keterangan waktu, jenis pekerjaan, makanan, dan arah mata angin. Selain itu, penting juga menguasai kosakata khusus, seperti ucapan terima kasih, saat meminta tolong, dan meminta izin.

Maksud dari kosakata dasar adalah kosakata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghafalkan kosakata dasar dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa di antaranya.

a.Menghafal secara Manual

Dalam mempelajari bahasa, mau tidak mau, Anda harus menghafal. Untuk menghafalkan kosakata, Anda bisa membuat jadwal dan menetapkan target jumlah kosakata yang harus dihafal setiap hari. Anda bisa menghafalkan tulisan, cara pengucapan, dan arti setiap kosakata tersebut.

Biasanya, para pemula akan mengalami kesulitan dalam pelafalan (pronounciation). Jangan khawatir, salah atau kurang tepat dalam melafalkan kosakata bahasa Inggris adalah hal biasa. Nanti, makin sering Anda mengucapkannya, akan makin baik pula pelafalannya.

b.Menggunakan Kamus

kamus.jpg

www.telegraph.co.uk

Kamus adalah salah satu alat bantu utama yang bisa digunakan untuk menguasai kosakata dasar bahasa Inggris. Cara ini sangat mudah dilakukan karena sekarang kamus tidak hanya berupa kamus cetak, tetapi tersedia juga dalam bentuk aplikasi maupun media daring.

Anda juga bisa membuat kamus sendiri. Setiap kali menemukan kosakata baru, entah dari film, lagu, atau buku, temukan artinya di dalam kamus, lalu catat ke dalam kamus pribadi Anda. Cara ini sangat efektif karena dengan menuliskannya sendiri, Anda akan lebih mudah mengingatnya.

Bawalah kamus pribadi ini ke mana pun Anda pergi. Setiap kali melihat benda atau mendengar percakapan orang lain, tuliskan dalam kamus, lalu carilah padanannya dalam bahasa Inggris. Cara ini merupakan teknik belajar bahasa Inggris untuk pemula yang cukup efektif.

c.Banyak Membaca

Untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda, banyak-banyaklah membaca majalah, koran, buku, atau artikel dalam bahasa Inggris. Karena masih pemula, pilihlah bacaan yang tepat sehingga tidak terasa berat.

Bacalah buku cerita atau komik anak dalam bahasa Inggris. Buku-buku jenis ini menggunakan kosakata yang sangat sederhana sehingga Anda akan lebih mudah menghafalkannya. Selain itu, Anda juga bisa memilih bacaan ringan yang topiknya sesuai minat Anda.

d.Merekam Kosakata yang Hendak Dihafal

Cara menarik lainnya untuk menghafalkan kosakata adalah dengan membaca dan merekam kosakata yang hendak dihafalkan. Setelah itu, dengarkan hasil rekaman tersebut sesering mungkin sampai Anda berhasil menghafalnya.

e.Menonton Film, Video, atau Acara Televisi

Jika Anda memiliki hobi menonton, manfaatkan untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris. Carilah film, video, atau acara televisi dalam bahasa Inggris yang Anda sukai, kemudian catat kosakata penting yang ingin dihafalkan.

Sama seperti ketika memilih bahan bacaan, Anda juga sebaiknya memilih tontonan yang ditujukan untuk anak-anak. Di dalamnya, Anda akan menemukan kosakata sederhana, misalnya nama-nama benda atau kata kerja yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Lanjutkan dengan Tata Bahasa (Grammar)

grammar.jpg

www.mountainheightsacademy.org

Setelah kosakata dasar yang Anda kuasai cukup banyak, lanjutkan dengan memahami tata bahasa atau grammar. Sama seperti kosakata, Anda tidak perlu langsung mempelajari semua aturan grammar bahasa Inggris, cukup kuasai tiga tenses terlebih dahulu.

Tense adalah aturan penggunaan kata kerja dalam bahasa Inggris yang ditentukan berdasarkan waktunya. Adapun tiga tenses dasar yang perlu Anda kuasai adalah simple past tense, present continuous tense, dan simple past tense.

a.Simple Present Tense

Ini adalah bentuk tense yang paling mudah dan mendasar dalam bahasa Inggris. Tenses ini sangat penting karena paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Anda tidak akan kesulitan karena bentuknya sangat sederhana, yaitu subjek + kata dasar (Subject + Verb 1).

b.Simple Present Tense

Simple present tense digunakan untuk menyatakan pekerjaan yang sedang dilakukan atau peristiwa yang sedang terjadi. Bentuk kalimat ini adalah Subject + To be + Verb I-ing.

c.Simple Past Tense

Kalimat dengan bentuk simple past tense digunakan untuk menyatakan perbuatan atau kejadian sudah berlalu dengan bentuk Subject + Verb3.

Untuk menguasai ketiga tenses tersebut, Anda harus sering berlatih dengan berbagai cara, baik dengan banyak membaca maupun mendengar. Perlu diingat bahwa hal utama yang harus Anda kuasai ketika mempelajari tenses adalah memahami arti kalimatnya.

Perbanyak Latihan Listening

listening.jpg

usustatesman.com

Dalam mempelajari sebuah bahasa baru, kemampuan untuk mendengar kalimat yang diucapkan orang lain dan memahami artinya dengan benar sangat penting. Dengan kemampuan listening yang baik, Anda akan lebih mudah menggunakan bahasa tersebut dalam percakapan sehari-hari.

Mempelajari bahasa Inggris dengan metode listening memang tidak semudah reading. Anda harus memiliki ketajaman pendengaran untuk menyimak setiap kata yang diucapkan penutur. Namun, kemampuan listening sudah baik, Anda akan lebih cepat mahir berbahasa Inggris.

Karena itulah, salah satu cara efektif belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah dengan memperbanyak latihan listening. Makin cepat dan makin banyak latihan yang dilakukan, makin cepat pula Anda menguasai bahasa Inggris.

Sebagai permulaan, Anda bisa mulai melakukan latihan listening selama 1–2 jam per hari. Kemudian, tingkatkan durasi latihan sedikit demi sedikit hingga mencapai 8 jam sehari. Gunakan materi pelajaran bahasa Inggris berupa video atau mp3.

Ada yang mengatakan bahwa untuk meningkatkan kemampuan listening, Anda bisa menonton film atau mendengarkan lagu. Akan tetapi, cara ini kurang efektif jika Anda benar-benar serius ingin menguasai bahasa Inggris. Film dan lagu boleh digunakan sebagai selingan saja.

4.Penuhi Waktu Belajar Minimal

Menurut pendapat para ahli, seseorang akan bisa menguasai bahasa asing jika sudah memenuhi waktu belajar selama 400 hingga 1.500 jam, tergantung tingkat kesulitan bahasa dan kemampuan orang tersebut. Berapa lama hal itu bisa dicapai, semua kembali kepada diri Anda sendiri.

9 Situs Gratis Belajar Bahasa Asing

Buat Target Belajar

Target belajar berguna untuk mengukur penguasaan bahasa Inggris Anda. Tetapkan target sesuai dengan kemampuan, mulai dari jumlah kosakata yang dihafal, jam belajar, dan lainnya. Jika sudah mampu dipenuhi, Anda bisa meningkatkan target untuk kurun waktu berikutnya.

Dalam mempelajari bahasa Inggris, ada beberapa kendala yang sering ditemui, seperti keterbatasan waktu belajar, dialek yang beragam, dan kesulitan dalam pengucapan. Semoga metode belajar bahasa Inggris untuk pemula ini membantu Anda mengatasinya..

Sumber:

www.renesia.com/10-cara-cepat-belajar-bahasa-inggris/
www.liputan6.com/citizen6/read/3877133/cara-belajar-bahasa-inggris-bagi-pemula-yang-mudah-dan-cepat
www.britishcouncilfoundation.id/english/articles/new-words
mystupidtheory.com/cara-belajar-listening-bahasa-inggris/
mystupidtheory.com/belajar-bahasa-inggris-pemula/