Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung satu tahun lamanya mengubah banyak hal dalam kehidupan banyak orang, tidak terkecuali pelajar. Interaksi fisik antara pelajar dengan teman dan guru/dosen menjadi sangat terbatas. Kelas fisik berubah menjadi kelas online. Malam minggu yang biasanya dinikmati untuk berkumpul dan bersenang-senang bersama teman-teman berubah menjadi isolasi di rumah, kos, atau asrama. Tempat-tempat publik pun tidak dapat dengan bebas dikunjungi tanpa perasaan was-was terpapar virus.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbagai perubahan dan isolasi yang dialami selama masa new normal ini meningkatkan tingkat stres, kecemasan, dan depresi para pelajar. Beberapa pelajar merasa lebih sulit mendapat bantuan dalam pelajaran. Beberapa yang lain mengalami kebosanan atau perasaan terisolasi karena tidak dapat berkumpul dengan teman atau menerima tamu. Interaksi antara pelajar yang tinggal bersama di kos, asrama, atau kontrakan pun menjadi lebih rumit. Ada pula pelajar yang mengalami kehilangan karena orang tua atau kerabatnya meninggal akibat virus corona.

Meskipun pandemi merupakan masa yang berat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental:

Menjaga kesehatan fisik

Olahraga Lari Pagi

Joging adalah olahraga simpel yang bisa kamu lakukan di masa pandemi

Kesehatan fisik berpengaruh pada kesehatan mental, begitu pula sebaliknya. Selain dapat menjaga kesehatan mental, tubuh yang sehat akan membantu melawan virus dan penyakit-penyakit lainnya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan fisik:

  • Tetap aktif dan berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur. Kesehatan otak dan organ-organ juga terjaga karena olahraga membuat metabolisme tubuh bekerja dengan lebih baik.
  • Makan dengan teratur dan konsumsi makanan bergizi. Otak membutuhkan campuran nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Ini terutama sangat penting bagi pelajar agar dapat melaksanakan kegiatan belajar dari rumah dengan lancar.
  • Minum banyak air putih untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi. Organ-organ akan berfungsi dengan lebih baik, dan metabolisme pun lebih lancar dengan air yang tercukupi.
  • Tidur cukup dan teratur. Peneliti percaya bahwa kurang tidur berkontribusi pada tingginya tingkat stress, depresi, dan kecemasan pada pelajar dan mahasiswa. Jika kurang tidur, tubuh akan merasa kelelahan dan tidak nyaman, otak pun tidak dapat bekerja dan berpikir dengan baik. Pastikan untuk tidur setidaknya 8 jam setiap harinya.

Terdapat banyak aplikasi atau tutorial online yang dapat digunakan sebagai referensi untuk mengatur pola makan, pola tidur, jadwal dan teknik olahraga.

Lakukan kegiatan yang sesuai minat/hobi

hobi berseoeda

Bersepeda salah satu hobi yang menyenangkan

Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan sesuai dengan minat. Selain membantu melewatkan waktu, melakukan aktivitas yang disukai akan memberikan perasaan senang dan nikmat yang membantu mengurangi stres. Selain itu, melaksanakan hobi akan menambah pengalaman, keahlian, dan pengetahuan baru yang dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Ada banyak aplikasi dan layanan online yang dapat digunakan untuk menunjang hobi. Misalnya main gim online, membaca e-book, tutorial dan aplikasi menggambar atau menyanyi, atau menonton film. Bila hobi yang dimiliki susah untuk dijalankan ketika pandemi, Anda dapat menonton video tutorial atau eksplanasi di YouTube yang terkait dengan hobi untuk menambah ilmu.

Berhubungan dengan orang lain

Meskipun pembatasan fisik tetap harus dilakukan, pelajar bisa tetap berhubungan dengan orang lain secara virtual. Hal ini dapat dilakukan dengan chatting lewat aplikasi perpesanan, telepon, atau konferensi video. Berhubungan dengan orang lain akan mengurangi perasaan terisolasi. Jangan ragu untuk membicarakan perasaan dengan teman, keluarga, atau kerabat. Membicarakan perasaan dapat membantu melegakan, melepas emosi, dan menghadapi masalah dengan lebih rasional. Dengan demikian, kesehatan mental pun akan membaik.

Tenangkan pikiran

Cobalah ambil jeda sejenak untuk bermeditasi atau berdoa. Latihan relaksasi dan doa dapat menenangkan, menjernihkan pikiran, dan membuat emosi menjadi lebih stabil. Terdapat banyak aplikasi yang dapat membantu bermeditasi. Memasang video dan audio yang menyajikan musik lembut pengiring meditasi juga dapat digunakan untuk membangun mood.

Minta tolong

Terkadang kita semua mengalami lelah atau kewalahan yang terasa tidak tertahankan karena berbagai masalah atau hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Bila beban mental yang dirasakan sudah terlalu berat, jangan ragu atau sungkan untuk meminta tolong. Tidak ada yang salah dengan minta tolong, dan setiap orang membutuhkan pertolongan dalam satu dan lain situasi dalam hidupnya.

Mintalah bantuan kepada teman, keluarga, atau kerabat. Mungkin di antaranya ada yang bersedia mendengarkan atau membantu mengatasi masalah. Bila hal tersebut tidak memungkinkan, jadwalkan sesi konsultasi dengan psikolog. Ada berbagai aplikasi yang menawarkan konsultasi psikologi dan terapi online.

Terdapat berbagai cara untuk menjaga kesehatan mental, dan terdapat banyak pula teknologi pendukung untuk mencapai tujuan tersebut. Mempertimbangkan meningkatnya ketergantungan pada teknologi dan meningkatnya aktivitas online selama pandemi, pastikan untuk selalu menjaga keamanan online:

  • Hanya unduh aplikasi dari sumber yang terpercaya
  • Install antivirus dan perlindungan firewall untuk menjaga perangkat
  • Gunakan VPN untuk menjaga privasi selama berkegiatan online
  • Gunakan password yang kuat dan berbeda-beda pada setiap akun
  • Batasi informasi yang disebarkan secara online dan jangan menyebar informasi privat