Siapa bilang kalau mahasiswa tidak bisa menghasilkan uang sendiri? Walaupun masih menjadi mahasiswa, kamu tentu sudah bisa mendapatkan penghasilan dengan berbagai cara, salah satunya dengan berbisnis online. Berbisnis online saat ini tentu bukan hal yang sulit, bahkan bisa dilakukan sambil tetap belajar atau mengerjakan pekerjaan lainnya.

Sebagai inspirasi tentang berbisnis online, kita bisa belajar dari seorang pembisnis wanita asal Bandung bernama Medina Zein. Mungkin kamu tidak asing lagi dengan namanya, yang memiliki gurita bisnis mulai dari kuliner, kecantikan, fashion, hingga travel.

Jangan salah, gurita bisnisnya tersebut bukan datang secara tiba-tiba. Medina juga pernah mengaku bahwa ia bukan berasal dari keluarga yang kaya raya. Semua hal tersebut ia dapatkan karena kerja kerasnya sejak di bangku kuliah. Tak hanya sekedar belajar di kampus, tapi ia juga memanfaatkan jaringan teman-temannya untuk menjadi market dari bisnisnya. Dimulai dengan memasarkan produknya melalui BBM, Whatsapp, Instagram, hingga berkembang sampai saat ini.

Untuk itu, bukan hal yang mustahil bagi kamu seorang mahasiswa untuk bisa mendapatkan penghasilan sendiri dengan cara berbisnis online. Asalkan ada kemauan dan menggunakan strategi yang tepat, tentu saja kamu bisa sukses.

Mulai Berbisnis Online dengan Membangun Website

Sosial Media

Langkah pertama untuk memulai bisnis online, kamu bisa mulai untuk membuat website. Adanya website ini tentu sangat memudahkan dan membuat bisnis yang kita bangun bisa lebih berkembang daripada hanya mengandalkan cara tradisional atau hanya melalui social media.

Saat ini sudah banyak layanan jasa pembuatan website murah bagi mahasiswa yang ingin berbisnis dengan harga yang terjangkau. Salah satuya adalah melalui jasa pembuatan website di Sribu. Ini sangat membantu bagi kamu yang belum mengerti atau memahami bagaimana cara pembuatan website dari 0. Jika website sudah jadi, kita hanya tinggal menggunakannya saja sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa pastikan dulu portofolio dari layanan jasa tersebut. Apakah hasil dari website yang sudah pernah dihasilkan sebelumnya memang menarik dan sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu pastikan bahwa harganya sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Website dalam sebuah bisnis ibarat seperti rumah. Ia tempat bermuara dari berbagai social media atau chanel marketing lainnya. Konsumen pun akan menjadi lebih mudah untuk mencari tahu tentang produk hingga ke proses pembelian. Walaupun pada implementasinya tidak selalu sederhana, tapi bagi kamu yang serius ingin memulai bisnis walaupun masih mahasiswa, maka pertimbangkanlah untuk membuat website sejak saat ini.

Baca Juga: Bisnis Online Melalui Website

Manfaat Menggunakan Website untuk Berbisnis bagi Mahasiswa

Untuk lebih meyakinkan lagi, berikut ini adalah manfaat dan alasan bisnis mahasiswa harus menggunakan website. Simak satu persatu, agar kamu bisa mengetahui seluruh manfaat dari pembuatan website untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.

Terlihat Lebih Terpercaya dan Profesional

Adanya website, membuat bisnismu terlihat lebih terpercaya dan profesional. Biasanya, konsumen akan melihat terlebih dahulu website yang dimiliki oleh sebuah bisnis untuk mengetahui bagaimana usaha tersebut berjalan. Jika website kita memiliki informasi lengkap, tertata dengan rapih, dan design yang menarik tentu mereka akan lebih mudah percaya dan berpotensi untuk menjadi pelanggan bisnis kita.

Terdeteksi oleh Mesin Pencarian Melalui Strategi SEO

Salah satu alasan penting mengapa bisnismu harus memiliki website adalah agar bisa terdeteksi dan tampil dalam mesin pencarian. Biasanya konsumen akan melakukan pencarian di Google untuk mengetahui informasi, harga, atau perbandingan produk dengan mengetikkan kata kunci atau keyword tertentu.

Misalnya saja jika bisnismu menjual produk cemilan sehat untuk mereka yang sedang melakukan diet. Jika websitemu memiliki kata kunci yang berhubungan dengan produk cemilan sehat dan diet, maka website tersebut memiliki peluang untuk ditemukan oleh konsumen atau user yang sedang mencari di Google. Strategi ini bisa dilakukan dengan teknik-teknik Search Engine Optimization (SEO).

Jika content dari websitemu ditemukan oleh calon konsumen atau user, maka sangat berpotensi mereka melanjutkan pencarian informasi secara lebih mendalam hingga memutuskan untuk membeli produk melalui website kita.

Pemasaran Produk Lebih Luas

Dengan memiliki website, kita bisa lebih luas melakukan pemasaran. Kita tidak hanya menjual produk atau jasa pada teman-teman di kampus, namun juga pada mahasiswa di kampus lain atau bahkan orang-orang yang ada di wilayah Indonesia lainnya. Hal ini karena website kita bisa diakses dan berpotensi ditemukan oleh semua orang yang memang membutuhkan produk/jasa yang kita tawarkan.

Menampilkan Informasi yang Lengkap

Melalui website, kita juga bisa menampilkan informasi yang lengkap. Mulai dari harga, jenis produk, deskripsi tentang produk, testimoni pelanggan, identitas bisnis, alamat, contact, hingga ke berbagai artikel penunjang untuk menarik minat dari konsumen. Tentu saja ini akan membuat bisnis kita lebih terintegrasi dan konsumen bisa melihat keseluruhan informasi tentang bisnis lewat satu chanel saja.

Membuat Toko Online Sendiri

Hampir banyak bisnis yang beredar saat ini sudah memiliki toko online melalui website. Konsumen bisa dengan mudah untuk memilih produk hingga melakukan pembelian langsung di website. Tidak perlu lagi menuju E-Commerce atau Marketplace tertentu dan pembayarannya pun sudah bisa diatur langsung melalui website. Kamu juga tidak perlu lagi mengarahkan pembeli untuk chat ke admin untuk melakukan pemesanan, karena hal tersebut tidak efektif dan juga membuang waktu.

Memiliki Data Konsumen Secara Lengkap

Dengan adanya website, kita juga bisa memiliki data konsumen lebih lengkap. Misalnya saat mereka ingin mengakses informasi di website kita bisa meminta informasi mereka berupa Nama dan Email. Atau saat mereka akan checkout belanja, kita juga bisa meminta mereka untuk mengisi data diri secara lengkap.

Mengoptimalkan Website dengan Strategi Remarketing

Data-data yang kita dapatkan dari konsumen di website, tentunya bisa kita manfaatkan kembali untuk strategi remarketing. Data tersebut bisa kita gunakan kembali untuk mempromosikan jika ada produk baru, discount, atau promosi lainnya melalui email.

Jika kamu menggunakan strategi iklan di Facebook Ads, kamu juga bisa mentargetkan kembali pengunjung websitemu dengan iklan tertentu yang sesuai dengan karakter mereka. Tentu saja strategi ini hanya bisa kamu lakukan saat sudah memiliki website ya!

Data Lebih Terukur

Melalui website, kita juga bisa lebih mengukur seberapa banyak konsumen yang sudah tertarik dengan bisnis kita, berapa banyak yang membeli produk, atau mungkin kita juga bisa mengetahui produk-produk apa saja yang laris dan disukai oleh pasar. Kita juga bisa mengetahui sejauh apa calon konsumen mengeksplorasi website kita beserta halaman apa saja yang banyak dikunjungi dan tidak. Ada beberapa tools untuk menampilkan data-data tersebut, misalnya lewat Google Analytics.

Dengan data yang lebih valid dan terukur, maka kita bisa membuat strategi yang tepat sasaran dan sesuai dengan kenyataan. Bukan saja mengira-ngira atau memprediksi tanpa alasan atau data yang jelas.

Website Seperti Rumah

Website dalam bisnis seperti rumah. Tempat bermuara dari berbagai chanel pemasaran yang kita buat dan menjadi ujung dari customer journey. Misalnya saja orang-orang yang mengikuti social media kita, tentunya mereka juga akan melihat ke website jika serius untuk melakukan pembelian. Jadi, pastikan kita memiliki rumah sendiri yang bisa kita bangun, tata, dan kelola dengan sebaik-baiknya agar perjalanan bisnis kita bisa lebih berkembang dan lancar.

Itulah alasan bisnis mahasiswa harus menggunakan website, karena ada banyak sekali manfaat yang didapatkan untuk bisa membuat bisnis lebih berkembang can lancar. Nah, bagaimana dengan kamu sendiri? Apakah bisnismu sudah memiliki website? Jika belum, persiapkan dari sekarang dan bersiaplah melihat bisnismu naik level.