Sebelum memilih jurusan di Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) Purwokerto, ada baiknya Anda mempertimbangkan akreditasinya terlebih dahulu. Akreditasi merupakan standar penilaian kualitas institusi pendidikan.

Khusus untuk universitas, penilaiannya diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Penilaian Akreditasi

BAN-PT menetapkan dimensi penilaian akreditasi. Nilai ini dibuat berdasarkan mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola, produktivitas, proses keberlangsungan pendidikan, serta kualitas sumber daya.

Mutu kepemimpinan yang dimaksud meliputi integritas pelaksanaan visi misi universitas, kepemimpinan, pengelolaan, manajemen sumber daya, kemitraan, dan pengendalian mutu internal.

Di sisi lain, mutu produktivitas meliputi kualitas lulusan, produk ilmiah, inovasi, serta kebermanfaatannya bagi masyarakat luas.

Sementara mutu proses mencakup aktivitas pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kondusif tidaknya situasi akademik.

Terakhir, mutu sumber daya merujuk kepada sarana prasarana, kurikulum, keuangan, mahasiswa, serta kualitas tenaga kependidikan.

Jurusan di Unsoed yang Terakreditasi A

Penilaian akreditasi perguruan tinggi melibatkan prosedur kompleks. Hal ini tidak bisa sembarangan dilakukan karena BAN-PT harus dapat menjamin kualitas sebuah program studi benar-benar sesuai dengan status akreditasinya.

Nah, berikut ini adalah jurusan di Unsoed yang telah mengantongi akreditasi A.

S1 Reguler Rumpun Sains dan Teknologi

  1. Pendidikan Dokter
  2. Keperawatan
  3. Ilmu Gizi
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Pertanian
  6. Agribisnis
  7. Agroteknologi
  8. Peternakan
  9. Matematika
  10. Kimia
  11. Biologi
  12. Ilmu Kelautan
  13. Manajemen Sumber Daya Perairan
  14. Akuakultur

S1 Reguler Rumpun Sosial dan Humaniora

  1. Sosiologi
  2. Ilmu Politik
  3. Hubungan Internasional
  4. Hukum
  5. Administrasi Publik
  6. Akuntansi
  7. Manajemen
  8. Ekonomi Pembangunan
  9. Ilmu Komunikasi
  10. Sastra Inggris
  11. Sastra Indonesia
  12. Sastra Jepang

Universitas Jenderal Soedirman tak hanya menyelenggarakan kegiatan perkuliahan untuk jenjang S1, tetapi juga program diploma, profesi, hingga pascasarjana. Selanjutnya adalah jurusan di Unsoed yang terakreditasi A untuk program selain S1 reguler.

Diploma Vokasi (D3)

  1. Budi Daya Ternak
  2. Bisnis Internasional
  3. Akuntansi

Program Profesi

  1. Pendidikan Profesi Akuntan
  2. Pendidikan Profesi Dokter

Magister (S2)

  1. Biologi
  2. Administrasi Publik
  3. Hukum
  4. Ilmu Peternakan
  5. Ekonomi
  6. Akuntansi
  7. Ilmu Manajemen

S1 Kelas Internasional

  1. Biologi
  2. Manajemen
  3. Ekonomi Pembangunan
  4. Akuntansi
  5. Hukum

Jurusan Terfavorit Vs Sepi Peminat

Pada tahun 2020, kampus Unsoed menetapkan daya tampung mahasiswa program S1 Reguler sebanyak 4.015 orang. Proporsinya terbagi menjadi tiga, yakni 20% untuk jalur SNMPTN, SBMPTN 50%, dan mandiri sebesar 30%.

Lalu bagaimana dengan peminat setiap jurusan di Unsoed? Sejauh ini pihak kampus belum merilis data terbaru.

Namun, catatan tahun 2018 lalu masih bisa dijadikan acuan prediksi. Berdasarkan data Rekapitulasi Peminat dan Daya Tampung Program Sarjana dan Diploma Unsoed tahun 2018, inilah masing-masing lima jurusan terfavorit dan paling sepi peminatnya.

Jurusan di Unsoed yang Terfavorit

Di antara lima program studi terfavorit di Unsoed tahun 2019, hanya dua yang berstatus akreditasi A.

Pendidikan Dokter Gigi

Tahun 2020 Unsoed menetapkan daya tampung Jurusan Pendidikan Dokter Gigi sebesar 50 kursi, sama seperti dua tahun sebelumnya. Peminatnya hampir menyentuh angka 4.000 orang meski statusnya masih terakreditasi B.

Pendidikan Dokter

Berbeda dengan prodi sebelumnya, Jurusan Pendidikan Dokter Unsoed memiliki status akreditasi A. Mengingat hal tersebut beserta prospek karir cemerlang yang ditawarkan, jumlah peminat jurusan di Unsoed satu ini mencapai lebih dari 8.000 orang.

Ilmu Gizi

Merupakan bagian dari Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan. Usianya tergolong muda, karena baru beroperasi sejak periode 2011/2012. Peminat Prodi Ilmu Gizi pada 2019 mencapai lebih dari 4.000 orang. Padahal daya tampung maksimalnya cuma 60 mahasiswa.

Teknik Informatika

Prodi Teknik Informatika adalah bagian dari Fakultas Teknik. Jurusan di Unsoed satu ini masih terakreditasi B, tetapi memiliki banyak peminat.

Alasannya karena perkembangan teknologi digital yang kian pesat. Tambahan lagi, prospek kerja yang menarik bagi para lulusan informatika.

Farmasi

Sebanyak 5.565 calon mahasiswa memperebutkan 100 bangku kuliah di jurusan Farmasi pada 2018. Seperti halnya Teknik Informatika, Prodi Farmasi belakangan menjadi bergengsi karena menyediakan peluang kerja yang cukup luas.

Jurusan di Unsoed yang Paling Sepi Peminat

Jurusan yang sepi peminat diakibatkan oleh sejumlah alasan. Salah satunya bisa saja karena calon mahasiswa belum memiliki wawasan menyeluruh terkait program studi tersebut.

Termasuk soal peluang karir yang bisa digelutinya setelah lulus. Masih berdasarkan data yang sama, berikut jurusan di Unsoed program S1 reguler dengan peminat paling sedikit.

Ilmu Hukum

Termasuk ke dalam jurusan Unsoed Soshum, prodi Ilmu Hukum hanya diminati oleh 5.972 calon mahasiswa pada gelaran SPMB 2018.

Padahal, pihak kampus menetapkan pagu sebesar 370 kursi pada tahun yang sama.

Berkaca dari catatan tersebut, daya tampung Prodi Ilmu Hukum pada tahun 2020 selanjutnya diturunkan menjadi 300 kursi saja.

Biologi

fakultas biologi unsoed

 

Program S1 Biologi Fakultas Biologi Unsoed juga mengantongi akreditasi A, sama seperti Prodi Ilmu Hukum.

Pengincar kursi di salah satu jurusan di Unsoed yang paling tua ini cuma sebanyak 2.380 orang dari kapasitas 150 mahasiswa. Bisa dikatakan ini menjadi peluang besar bagi siswa lulusan sekolah menengah atas yang ingin berkarier di bidang Biologi.

Kimia

Prodi Kimia Unsoed memang sepi peminat, statusnya pun masih terakreditasi B. Namun, ada keunggulan dari memilih jurusan semacam ini.

Pasalnya, jika lulusan makin langka, peluang kerja bagi mahasiswa jurusan nonfavorit macam ini justru kian besar.

Peternakan

Untuk masuk jurusan Peternakan di Unsoed, Anda cukup berebut dengan 14 pendaftar lainnya. Berbeda dengan Jurusan Ilmu Gizi atau Kedokteran yang persaingannya mencapai 1:70.

Perlu Anda ketahui, jurusan di Unsoed program S1 Peternakan juga telah memiliki peringkat akreditasi A sehingga tidak usah meragukan kualitas pendidikannya.

Fisika

Umumnya Fakultas MIPA memang sedikit peminatnya. Apalagi, Prodi seperti Kimia dan Fisika yang jelas tidak sepopuler jurusan Unsoed IPS.

Sebagai gambaran, Jurusan Fisika memiliki daya tampung maksimal 80 kursi, tetapi peminatnya pada tahun 2018 cuma sekitar 700 orang pendaftar.

Video Profil

Peluang Anda untuk diterima di lima jurusan di Unsoed tersebut memang lebih besar dibandingkan dengan prodi lainnya.Namun sekali lagi, pertimbangkan pulakualitas pendidikannya, opsi terbaik tentu yang telah mengantongi akreditasi A.

Informasi jurusan / program studi di berbagai universitas bisa kamu dapatak di kategori program studi. Silahkan klik link tersebut atau tombol dibawah ini.

info program studi

Sumber:
banpt
unsoed.ac.id