Home Inspirasi Inilah 21 Jurusan Kuliah IPA Favorit yang Perlu Kamu Tahu!

Inilah 21 Jurusan Kuliah IPA Favorit yang Perlu Kamu Tahu!

830
jurusan kuliah ipa

Dunia perkuliahan menawarkan berbagai macam jurusan ilmu. Berbeda dengan SMA, jurusan di perkuliahan lebih spesifik dan detail. Namun hal ini seringkali membuat para siswa kelas XII SMA kewalahan dalam menentukan jurusan yang akan dipilih. Untuk kawan-kawan yang ingin melanjutkan kuliah dengan jurusan di rumpun IPA, inilah 21 jurusan kuliah IPA yang bisa jadi pilihan kalian.

  • Ilmu Kedokteran

Jurusan ini menempati jurusan paling banyak peminat di hampir seluruh universitas yang memiliki jurusan ini. Di jurusan ilmu kedokteran, kamu akan mempelajari tentang pemeliharaan kesehatan, pengobatan, anatomi tubuh, pengobatan dan pencegahan penyakit. Setelah lulus dari Ilmu Kedokteran, kamu akan mendapatkan gelar S.Ked (Sarjana Kedokteran). Setelah mengikuti program profesi dokter, ujian sertifikasi dan wisuda dokter (biasa disebut koass), barulah kamu “resmi” menjadi seorang dokter dan berhak menyandang gelar dr. di depan nama kamu. Setelah lulus menjadi seorang dokter, kamu bisa melanjutkan ke pendidikan dokter spesialis, atau pascasarjana ilmu kesehatan lainnya.

Prospek kerja lulusan ilmu kedokteran tentu saja menjadi seorang dokter baik praktek di rumah sakit swasta/pemerintah, maupun membuka praktek sendiri. Atau kamu juga bisa menjadi dokter relawan di lembaga sosial.

  • Pendidikan Kedokteran Gigi

Ilmu kedokteran gigi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang masalah kesehatan, pengobatan, dan perawatan area gigi dan mulut lainnya. Hampir sama dengan Ilmu Kedokteran umum, setelah lulus dari pendidikan dokter gigi yang ditempuh selama 4 tahun, kamu akan mendapatkan gelar S.Kg (Sarjana Kedokteran Gigi). Dan harus menempuh program coass sebelum resmi mendapatkan gelar dokter gigi (drg.). Setelah itu, kamu bisa bekerja di rumah sakit, klinik gigi, maupun membuka praktek dokter gigi.

  • Teknik industri

Jurusan teknik merupakan jurusan rumpun IPA yang juga banyak diminati. Beragam jurusan teknik bisa kamu pilih, salah satunya teknik industri. Jurusan teknik industri mempelajari tentang permasalahan dunia industri, menganalisa, serta mencari solusi dari permasalahan tersebut. Selain mempelajari sisi teknik dari sebuah industri, jurusan ini juga mempelajari tentang manajemen di dalam sebuah perusahaan industri. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini antara lain, matematika, kalkulus, fisika dasar, mekanika teknik dasar, kimia dasar, proses manufaktur, dll.

Di era perkembangan industri saat ini, lulusan teknik industri tentu sangat dibutuhkan di banyak industri. Lulusan teknik industri bisa berkecimpung di bagian teknik spesialis industri, bagian produksi, perencanaan, pengendalian mutu, bagian HSE (Health, Safety, and Environment), dll.

  • Teknik sipil

Teknik Sipil merupakan disiplin ilmu tentang merancang, membangun, dan memelihara bangunan. Selain itu, ilmu teknik sipil juga mempelajari analisis dampak lingkungan, perhitungan kebutuhan material, dan manajemen pekerja dalam sebuah proyek infrastruktur. Di jurusan ini mata kuliah yang dipelajari antara lain fisika dasar, kalkulus, pemrograman komputer, analisis struktur, ilmu lingkungan, matematika teknik, dll.

Setelah lulus dari teknik sipil, kamu bisa bekerja di berbagai instansi atau perusahaan yang bergerak di pembangunan infrastruktur. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di BUMN, BUMD sejenis, hingga bekerja di kementerian, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

  • Teknik kimia

Kalau kamu menyukai pelajaran kimia, jurusan ini bisa menjadi pilihan kamu untuk studi di universitas. Jurusan ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses konversi bahan-bahan kimia atau bahan baku lainnya, menjadi sebuah produk yang lebih bernilai. Hampir mirip dengan teknik industri, teknik kimia juga berkaitan dengan proses pengelolaan dan produksi di sebuah pabrik. Bedanya, teknik industri mempelajari tentang keseluruhan proses pengelolaan di dalam pabrik. Sedangkan teknik kimia berfokus kepada proses pengolahan bahan baku di dalamnya.

Kesempatan karir lulusan teknik kimia sangat luas. Hampir semua pabrik pengolahan membutuhkan sarjana teknik kimia. Perusahaan pangan, industri semen, pupuk. Industri otomotif membutuhkan sarjana teknik kimia untuk pengolahan bahan baku.

  • Teknik Perminyakan

Di jurusan teknik perminyakan kamu akan belajar cara eksplorasi, penambangan, dan pengolahan sumber daya minyak bumi, gas alam, dan geothermal (panas bumi). Mata kuliah yang harus kamu ambil jika menjadi seorang mahasiswa teknik perminyakan antara lain mekanika, geologi, termodinamika, fluida reservoir, petrofisika, dll.

Peluang kerja lulusan teknik perminyakan bisa dikatakan sangat luas. Perusahaan perminyakan selalu membutuhkan sarjana teknik perminyakan. Perusahaan-perusahaan minyak dalam maupun luar negeri bisa menjadi pilihan tempatmu berkarir. Tidak hanya itu, Kementerian dan badan-badan pemerintahan pun juga membutuhkan lulusan teknik perminyakan.

  • Ilmu Komputer

Bagi kamu yang suka dengan dunia komputer, jurusan ilmu komputer bisa menjadi pilihan kamu. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang berbagai topik yang berkaitan dengan komputer, baik itu perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Jurusan ini juga mempelajari tentang pemrograman komputer.

Inilah perbedaan antara Jurusan Ilmu Komputer dan jurusan teknik komputer. Jurusan teknik komputer menekankan kepada penguasaan ilmu yang berkaitan dengan perangkat keras komputer. Sedangkan ilmu komputer menekankan kepada pemrograman dan pengelolaan software komputer, meskipun tetap juga mempelajari tentang pernagkat keras.

Sarjana ilmu komputer dewasa ini sangat dibutuhkan seiring dengan majunya teknologi. Lulusan ilmu komputer bisa bekerja sebagai web developer, konsultan IT, dan programmer. Tidak hanya perusahaan yang bergerak di bidang IT saja, lulusan ilmu komputer juga dibutuhkan di hampir seluruh perusahaan, instansi pemerintahan, maupun lembaga sosial.

  • Sistem Informasi

Jurusan favorit yang berkaitan dengan komputer, selain ilmu komputer, adalah jurusan Sistem Informasi. Meskipun jurusan ini masih terbilang baru, namun peminatnya tak kalah banyak dengan jurusan komputer lainnya.

Menurut situs resmi jurusan Sistem Informasi Universitas Indonesia, program studi Sistem Informasi berkaitan dengan 3 bidang, yaitu komputer, manajemen, dan bisnis. Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang pemrograman, jaringan komputer, basis data, manajemen proyek, manajemen sistem informasi, administrasi bisnis.

Prospek kerja jurusan sistem informasi sangat luas. Meskipun berbeda dalam proses belajar, dan mata kuliah yang dipelajari, lulusan sistem informasi kerap kali disamakan dengan lulusan ilmu komputer dan teknik informatika. Meski begitu, lulusan sistem informasi memiliki kemampuan segi bisnis dan manajemen, membuatnya bisa juga bekerja sebagai system analyst, quality assurance, system programer, bahkan wirausahawan.

  • Farmasi

Jika kamu ingin berkarir di dunia kesehatan, jurusan farmasi bisa menjadi pilihan kamu. Jurusan ini merupakan salah satu cabang ilmu kesehatan yang mempelajari segala hal tentang obat-obatan. Kamu akan belajar menganalisis dan melakukan praktikum untuk menemukan formula obat. Selain itu, di jurusan farmasi juga kamu akan mempelajari perilaku manusia yang berkaitan dengan obat, juga manajemen dan pemasaran obat-obatan.

Tenaga farmasi sangat dibutuhkan khususnya di dalam dunia kesehatan. Setelah lulus dari jurusan farmasi, kamu bisa berkarir sebagai farmasis di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), administrasi pelayanan obat di instansi rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, industri jamu, dll.

  • Agribisnis

Jurusan agribisni menggabungkan antara ilmu pertanian dengan bisnis dan ilmu sosial ekonomi. Jurusan ini tak hanya belajar tentang bertani, tapi juga mempelajari tentang peluang usaha di bidang pertanian yang bisa dijalankan.

Peluang kerja lulusan agribisnis sangat beragam mulai dari instansi pemerintahan, instansi penelitian, dan pastinya menjadi wirausahawan di bidang pertanian.

  • Ilmu Kehutanan

Ilmu kehutanan merupakan salah satu jurusan yang mempelajari alam khususnya segala hal tentang kehutanan. Kamu akan mempelajari tentang ekosistem hutan dan segala hal yang ada di dalamnya termasuk satwa, tumbuhan, tanah, manajemen, dan perlindungan hutan.

Peluang kerja lulusan ilmu kehutanan bisa berkarir di lembaga riset seperti LIPI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Pertanian, badan pemetaan, industri perkayuan, dosen, dan sektor pariwisata.

  • Ilmu Kelautan dan Perikanan

Laut Indonesia begitu luas, untuk itu diperlukan ahli-ahli bidang kelautan dan perikanan untuk mengolah dan melestarikan laut Indonesia. Jurusan Ilmu kelautan dan perikanan bisa menjadi pilihanmu yang menyukai alam, petualangan, dan peduli dengan lingkungan. Di beberapa kampus, jurusan ilmu kelautan dan perikanan merupakan dua jurusan yang berbeda. Namun adapula yang menyatukan dua jurusan ini.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang ekosistem laut, budidaya perikanan, pengolahan hasil perikanan, manajemen pemasaran hasil laut, juga teknologi kelautan.

Lulusan ilmu kelautan dan perikanan bisa berkarir sebagai PNS di berbagai instansi pemerintahan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Karantina Ikan, Kementerian ESDM, dll. Selain itu, bisa juga berkarir di bidang akademis sebagai dosen, peneliti, an staf ahli.

  • Ilmu Geologi

Ilmu geologi mempelajari segala tentang bumi, termasuk material, struktur, organisme, dan proses terjadinya gejala alam di bumi. Nantinya saat berkuliah, kamu juga akan mempelajari lebih detail lagi cabang-cabang ilmu geologi seperti petrologi, kristalografi, geomorfologi, paleontologi, dll.

Seorang geologis bisa bekerja di perusahaan sumber daya alam terkait, konsultan, instansi pemerintahan, dan dosen.

  • Arsitektur

Ilmu Arsitektur biasanya termasuk ke dalam fakultas teknik. Meski begitu, tidak seperti teknik pada umumnya, jurusan arsitektur lebih fokus kepada desain dan rancangan sebuah bangunan. Dalam prakteknya, seorang arsitek juga harus mempertimbangkan fungsi struktur bangunan, keindahan, dan lingkungan.

Dalam perjalanan perkuliahan arsitektur, mahasiswa tidak hanya diminta untuk hadir di kelas untuk menyerap teori. Tapi juga mahasiswa diberikan proyek-proyek independen dan praktek di beberapa proyek luar.

Seorang sarjana arsitektur banyak dibutuhkan di industri konstruksi, instansi pemerintahan, industri properti, maupun organisasi non-profit.

  • Ilmu Gizi

Ilmu gizi mempelajari tentang hubungan makanan-minuman dengan kesehatan pada tubuh manusia. Di jurusan ilmu gizi, kamu akan mempelajari tentang kesehatan manusia, bahan pangan, manajemen mutu dan keamanan pangan, interaksi obat dan makan, hingga mengukur angka kecukupan gizi masyarakat.

Lulusan jurusan ilmu gizi akan memperoleh gelar S.Gz (Sarjana Gizi). Nantinya kamu bisa berkarir di industri makanan, konsultan gizi di rumah sakit, Badan Pengawas Obat dan Makan, serta Kementerian Kesehatan.

  • Ilmu Keperawatan

Ilmu keperawatan mempelajari tentang pelayanan kesehatan terhadap pasien. Selain menekankan kepada teori pelayanan kesehatan, ilmu keprawatan juga mengedepankan rasa empati dan kepedulian sosial. Setelah menempuh pendidikan S1 selama 4 tahun, kamu akan mendapat gelar S.Kep (Sarjana Keperawatan). Setelah itu ditambah dengan pendidikan profesi ners selama 1 tahun.

Peluang kerja lulusan ilmu keperawatan bisa dibilang cukup besar. Kamu bisa berkarir sebagai perawat di rumah sakit, instansi kesehatan, maupun menjadi perawat secara pribadi.

  • Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ilmu kesehatan masyarakat merupakan cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang peningkatan dan pemeliharaan kesehatan masyaralat. Di jurusan ini, kamu akan dididik untuk menjadi agen promosi kesehatan, mensosialisasikan gaya hidup sehat, menganalisa kondisi kesehatan masyarakat, dan menganalisa dampak lingkungan terhadap tingkat kesehatan suatu masyarakat.

Setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun, kamu akan mendapatkan gelar S.KM (Sarjana kesehatan Masyarakat). Kamu bisa berkarir di berbagai instansi kesehatan seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, maupun kementerian kesehatan. Banyak juga perusahaan-perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan sarjana kesehatan masyarakat untuk menjadi staff kebijakan kesehatan maupun bagian kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Selain itu, kamu juga bisa berkarir di organisasi sosial dalam maupun luar negeri sebagai penyuluh kesehatan.

  • K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Ilmu keselamatan dan kesehatan kerja merupakan ilmu yang mempelajari penanggulangan resiko dan bahaya di lingkungan kerja. Kamu akan belajar tentang faktor-gaktor penyebab kecelakaan kerja, penanggulangan, hingga pencegahan terjadinya kecelakaan kerja. Bukan hanya menangani proyek pekerjaan infrasturktur dan industri saja, lulusan K3 juga dibutuhkan di berbagai perusahaan karena jurusan ini juga mempelajari tentang pemenuhan gizi pekerja, pengelolaan analisa mengenai dampak lingkungan (amdal), kpminokaso kesehatan, dan kesehatan global.

  • Silvikultur

Silvikultur merupakan salah satu percabangan dari ilmu kehutanan. Berbeda dengan ilmu kehutanan yang cakupannya lebih luas, silvikultur mempelajari ilmu kehutana secara lebih spesifik yaitu tentang pengendalian proses penanaman, pertumbuhan, komposisi, kesehatan, dan kualitas hutan.

Lulusan dari jurusan Silvikultur memiliki kesempatan kerja di lembaga kehutanan seperti Perhutani. Banyak pula lulusan yang berkarir sebagai peneliti di LIPI, maupun berkarir di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK)

  • Ilmu Statistika

Di  jurusan statistika, kamu akan mempelajari pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang nantinya akan dijadikan acuan pengambilan kebijakan di sebuah perusahaan atau di lembaga kenegaraan. Statistika erat kaitannya dengan metode hitung, angka, dan tabel.

Jika kamu lulus sebagai lulusan statistika, kamu mempunyai peluang kerja yang sangat luas. Kamu bisa bekerja sebagai analis survei, bekerja di Badan Pusat Statistik, Perbankan, BAPPENAS, dll.

  • Teknologi Pangan

Ilmu Teknologi Pangan mempelajari tentang sifat-sifat pada makanan, dan proses pengolahan bahan makanan tersebut. Dalam pengaplikasiannya, teknologi pangan berkaitan dengan pengawetan, pemrosesan, pemasaran, dan penggunaan bahan makanan.

Lulusan teknologi pangan memiliki prospek karir di bidang pengendalian mutu, pengembangan produk, dan di Badan Pengawas Obat dan Makanan.

 

Gimana sob? sudah tahu mau masuk jurusan kuliah apa? jika masih bingung kamu bisa cek artikel berikut Tips Jitu Memilih Jurusan.

Komentar Kamu?