Home Inspirasi Kuliah Sambil Mengajar, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kuliah Mu Tidak Terbengkalai

Kuliah Sambil Mengajar, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kuliah Mu Tidak Terbengkalai

192

Sebagai mahasiswa, umumnya kita akan mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang tambahan. Mengajar adalah pekerjaan yang banyak dipilih oleh mahasiswa. Seringkali kamu pasti merasa hidupmu tidak terorganisir, tugas – tugas mu sering terbengkalai, dan jadwal mengajar mu sangat padat.

Hal – hal seperti itu tentu akan membuatmu pusing dan tidak fokus. Lalu apa saja yang harus kamu lakukan agar hidupmu lebih tertata dan tidak terbengkalai?

1. Memilih waktu mengajar yang cocok dengan waktu kosongmu
Tempat bimbingan belajar sering kali memberikan pilihan waktu kepada pengajarnya, untuk mengatur waktu kesediaan mereka mengajar. Kita bisa pilih waktu yang kosong, saat kita tidak ada jadwal mata kuliah. Dan pilihlah yang waktunya agak senggang, jangan yang terlalu padat. Misalkan hari Senin selesai kuliah jam 12, hari Selasa jam 3, mengajar di bimbingan belajar ada setiap hari jam 4. Maka kita bisa pilih hari Senin, agar kita tidak terburu buru. Menyelesaikan kuliah dan persiapan mengajar.

2. Buat perencanaan kegiatan
Aturlah setiap harinya apa saja yang akan kamu lakukan. Dengan cara menuliskan rencana mu dikertas ataupun di kalender handphone yang dapat kamu bawa kemana mana. Kamu bisa selalu lihat kegiatan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya, sehingga tidak membuang buang waktumu.

3. Atur waktu sedetail mungkin
Tulislah jam dan menitnya sedetail mungkin dalam setiap kegiatan yang kamu rencanakan. Agar tidak ada sedikit pun waktu yang kamu buang secara sia sia.

4. Kerjakan tugas sesegera mungkin
Saat mendapatkan tugas dari dosen, lakukanlah sesegera mungkin. Agar tugas yang diberikan tidak terbengkalai. Karena jika tugas yang diberikan terbengkalai, dan sudah mendekati deadline, kita akan panik dan merusak semua rencana yang sudah kita buat.

5. Istirahat yang cukup
Badan kita sangat membutuhkan istirahat, maka janganlah lupakan waktu istirahat. Kita harus mengatur juga waktu istirahat yang cukup untuk badan kita. Karena jika kurang istirahat, tubuh kita akan sakit dan merusak semua rencana yang sudah kita buat.

Itulah 5 hal penting yang harus kamu lakukan agar kuliahmu tidak terbengkalai meskipun sambil mengajar.

Hilmia
Komisi Penyiaran Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Sosial

Komentar Kamu?