Modal biasanya menjadi kendala terbesar ketika seseorang ingin memulai usaha. Padahal, tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar. Ada begitu banyak peluang usaha modal kecil yang bisa dicoba untuk menjadi wiraswasta.

Usaha yang hanya membutuhkan sedikit modal bisa mendatangkan keuntungan besar jika Anda tekuni dengan serius dan strategi yang tepat. Untuk Anda yang sedang bingung memilih jenis usaha yang akan ditekuni, pelajari beberapa peluang usaha bermodal kecil berikut ini.

Membuka Usaha Kuliner Rumahan

Mungkin selama ini Anda membayangkan bahwa untuk memulai usaha kuliner membutuhkan modal yang besar. Anda harus menyewa tempat, membeli peralatan memasak, membayar pegawai, menyediakan meja-kursi, dan sebagainya.

Buang anggapan tersebut jauh-jauh karena banyak sekali ide usaha kuliner berskala kecil yang bisa Anda jalankan dari rumah dengan modal ringan. Penasaran? Berikut ini beberapa ide usaha kuliner dengan modal kecil, tetapi memiliki prospek yang menjanjikan.

a.Menjual Jajanan Kekinian

Berjualan makanan kecil adalah jenis usaha yang sangat cocok untuk Anda yang hobi memasak. Mulailah dengan mencari tahu jenis jajanan yang sedang digemari dan belum tersedia di sekitar tempat tinggal Anda.

Beberapa contoh jajanan kekinian yang laris dan sangat mudah dibuat misalnya donat mi instan, hot dog kentang, sempol ayam, telur gulung, dan nugget pisang. Anda juga bisa membuat kreasi camilan baru yang unik dan enak.

b. Kedai Khusus Sarapan

Di kota-kota besar, para pekerja dan anak sekolah harus berangkat di awal hari agar tidak terlambat sampai di kantor/sekolah. Makan pagi pun sering kali tidak sempat dilakukan. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan menjual menu khusus sarapan.

Buatlah menu yang banyak disukai dan sediakan 2 atau 3 pilihan jenis menu yang berbeda setiap pagi. Supaya pembeli tidak bosan, Anda bisa mengganti menu sarapan setiap beberapa hari sekali. Namun, ada baiknya memiliki satu menu andalan yang menjadi trade mark kedai Anda.

c.Membuat Kue Kering

Anda yang senang berkutat di dapur bisa menyalurkan hobi tersebut dengan menjual kue kering. Tak perlu langsung membuat dalam skala besar, mulailah dengan satu atau dua jenis kue kering yang paling Anda kuasai cara membuatnya, lalu tawarkan kepada tetangga sekitar.

Saat mempromosikan kue yang dijual, jangan lupa juga untuk meminta masukan dari para pembeli agar produk Anda makin baik dan bisa diterima pasar. Lakukan juga inovasi agar kue kering Anda memiliki ciri khas yang berbeda dengan produk lainnya.

Menjalankan Bisnis Online

student_woman_startup_business_people_students_office_strategy-710496.jpg!d.jpg

Untuk Anda yang sering berselancar di media sosial, menjalankan bisnis online adalah pilihan yang paling tepat. Bisnis online hanya membutuhkan modal kecil, bahkan nyaris tanpa modal dan hanya mengandalkan gadget serta kuota internet, seperti beberapa ide berikut.

a.Menjadi Reseller/Dropshipper

Berjualan secara online dengan menjadi reseller atau dropshipper adalah cara termudah bagi Anda yang ingin memulai usaha. Banyak yang sudah membuktikan bahwa bisnis ini mampu memberikan keuntungan yang tidak kecil.

b.Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah orang yang mempromosikan produk orang lain dan akan mendapat komisi jika ada konsumen yang membeli produk tersebut berdasarkan rekomendasi yang dibuatnya. Jadi, affiliate marketer tidak menjual produk, tetapi hanya mempromosikannya.

Untuk menjadi affiliate marketer, sebaiknya Anda memiliki blog atau website sendiri. Anda bisa mempromosikan produk affiliate dengan memasang banner iklan atau mencantumkan tautan. Setiap kali ada pengunjung situs yang berbelanja melalui tautan tersebut, Anda mendapat komisi.

c.Menjadi Admin Media Sosial

Media sosial kini menjadi andalan para pemilik usaha untuk mempromosikan produknya. Namun, sering kali mereka kewalahan untuk mengurusnya, terutama ketika usahanya makin besar dan maju. Saat itulah, biasanya mereka membutuhkan seorang admin.

Anda yang cukup aktif dan cukup familier dengan segala hal yang berkaitan dengan promosi di media sosial bisa mengajukan diri untuk menjadi admin.

d.Mendirikan Agen Pembuatan Konten

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan metode content marketing untuk memasarkan produknya karena sudah terbukti merupakan cara pemasaran online terbaik. Namun, banyak pemilik bisnis yang tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk membuat konten yang baik.

Hal ini merupakan sebuah peluang usaha bagi Anda untuk mendirikan agen pembuatan konten. Anda bisa bekerja sama dengan rekan yang memiliki kemampuan menulis atau membuat video yang menarik. Lalu, mulailah menawarkan jasa pembuatan kepada para pemilih bisnis.

Menawarkan Jasa Sesuai Keahlian yang Dimiliki

Homework-1.jpg

Bagi Anda yang memiliki keahlian khusus tidak perlu merasa bingung untuk memiliki usaha sendiri. Anda bisa mengubah keahlian yang dimiliki menjadi peluang usaha modal kecil yang menguntungkan seperti beberapa contoh berikut.

a.Menjadi Guru Privat

Jika Anda memiliki kemampuan akademis yang baik, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kelebihan yang dimiliki ini dengan mejadi guru privat. Modal yang dibutuhkan untuk memulainya hanyalah buku-buku pegangan dan biaya transportasi menuju rumah murid Anda.

Awali dengan menawarkan jasa kepada tetangga atau kenalan Anda. Dimulai dari satu orang murid, jika Anda mampu menunjukkan kualitas yang memuaskan, makin lama jumlah murid pasti bakal meningkat. Bukan tidak mungkin suatu saat Anda memiliki lembaga bimbel sendiri.

b.Menjadi Penerjemah

Menguasai satu atau dua bahasa asing merupakan modal yang lebih dari cukup untuk memulai usaha sendiri. Gunakan keahlian Anda ini untuk menawarkan jasa sebagai penerjemah. Dengan cara kerja yang simpel dan tanpa modal finansial, profesi ini menjanjikan profit yang lumayan.

c.Menjadi Penulis Konten

Anda memiliki kemampuan menulis? Jika iya, gunakan kemampuan itu dengan menjadi penulis konten. Tawarkan kemampuan menulis Anda kepada para pebisnis yang membutuhkan konten bermutu untuk mempromosikan produknya.

d.Menjahitkan Pakaian

Saat ini mungkin tidak banyak lagi yang memiliki keahlian ini, padahal kemampuan menjahit pakaian bisa menjadi sumber penghasilan. Promosikan jasa ini kepada lingkungan sekitar atau di media sosial. Akan lebih baik lagi jika Anda juga memiliki kemampuan mendesain pakaian.

Menyediakan Barang/Jasa yang Dibutuhkan Sehari-hari

Salah satu rahasia sukses berbisnis adalah memilih jenis usaha yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan orang banyak dalam kehidupan sehari-hari. Lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui barang/jasa yang dibutuhkan, tetapi belum tersedia di lingkungan sekitar.

a.Membuka Kios Pulsa

Hampir semua orang, dari remaja hingga orang tua, memiliki gadget. Tak heran jika pulsa dan kuota internet kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Jika kebetulan di lingkungan sekitar belum ada yang membuka kios pulsa, ambillah kesempatan ini untuk memulai usaha.

Karena modal terbatas, Anda tidak perlu menyewa tempat khusus. Manfaatkan saja ruang depan atau teras rumah sebagai tempat untuk menjalankan usaha ini. Gunakan modal yang ada untuk membeli perlengkapan

b.Membuka Jasa Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan bisa menjadi usaha yang menguntungkan jika di lingkungan sekitar Anda banyak terdapat tempat indekos mahasiswa/karyawan. Asalkan bisa memberikan harga yang terjangkau dengan hasil laundry yang memuaskan, mereka pasti tertarik.

Tentunya masih banyak peluang usaha modal kecil lainnya yang bisa Anda jajaki. Kuncinya adalah mengenali keahlian yang dimiliki, mengetahui produk yang dibutuhkan banyak orang di sekitar, dan memanfaatkan apa yang Anda punya saat ini. Selamat memulai bisnis Anda!.

Sumber:

.

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)