Buat kamu yang mau kuliah psikologi, cocok banget cek informasi ini ๐Ÿ˜Š. Daftar dibawah adalah program studi psikologi akreditasi A dari berbagai kampus di Indonesia.

Daftar Psikologi Akreditasi A

Berdasarkan dari data BANPT berikut berikut 7 kampus Psikologi dengan akreditasi A. โœจ Oiya, nomor yang tertera tidak menentukan peringkat ya๐Ÿ™‚

  1. Universitas Padjadjaran
  2. Universitas Negeri Jakarta
  3. Universitas Diponegoro
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Airlangga
  6. UIN Syarif Hidayatullah
  7. Universitas Gadjah Mada

Buat kamu yang ingin kuliah di Jakarta dan sekitarnya ada 3 pilihan kampus nih, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan UIN Syarif Hidayatullah.

Kalau sudah Akreditasi A tandanya sudah terkelola dengan baik dari segi manajemen dan kualitasnya. Dosen yang mengajar di kampus tersebut pun pastinya juga berkualitas.

Jadi jangan ragu memilih alternatif kampus lain dengan akreditasi yang sama untuk bisa mendapatkan program studi psikologi.

Nilai Rataan UTBK Psikologi

Data berikut adalah berdasarkan nilai UTBK 2019 secara nasional. Data ini bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan prioritas mana universitas yang akan kamu tempatkan di pilihan pertama dan kedua.

  • Universitas Indonesia 684.05
  • Universitas Padjadjaran 683.58
  • Universitas Gadjah Mada 673.45
  • Universitas Diponegoro 641.29
  • Universitas Airlangga 636.01
  • Universitas Negeri Jakarta 619.44
  • UIN Syarif Hidayatullah 605.22

Psikologi Saintek dan Soshum

Perlu kamu ketahui prodi Psikologi itu ada yang saintek dan soshum. Perbedaan paling mencolok adalah Materi yang dipelajari lebih ke arah biologi dan kimia, namun tetap ada ilmu sosial dan humaniora.

Psikologi Saintek mencakup ilmu pengetahuan dan praktis mengenai kepribadian, emosi, perilaku, cara berpikir, serta mental seseorang dilihat dari segi kesehatan.

Menurut Zulfa lulusan Psikologi Universitas Indonesia. Psikologi Saintek itu lebih kuat untuk basic theory dan analisis. Sedangkan Psikologi Soshum lebih ke aplikasi gejala sosialnya,โ€

Perguruan tinggi yang bisa kamu pilih untuk jurusan Psikologi Saintek beserta nilai Rataan UTBKnya antara lain:

  • Universitas Padjadjaran 683.58,
  • Universitas Sebelas Maret 652.26,
  • Universitas Andalas 616.27,
  • Universitas Sriwijaya 612.53,
  • dan Universitas Hasanuddin.

Prospek Kerja Psikologi

Banyak sekali prospek kerja yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang lulusan Prodi Psikologi. Berikut adalah 9 daftar prospek kerja perlu kamu ketahui.

1. HRD (Human Resources Development)
Pekerjaan HRD berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan

2. Konselor
Tugas utama adalah memberikan konseling kepada klien.

3. Psikolog
Untuk mendapatkan gelar psikolog harus memenuhi kualifikasi jenjang S2 psikologi.

4. Guru Bimbingan Konseling
Mendampingi siswa-siswa dalam proses pendewasaan diri dan menggapai masa depan.

5. Dosen Psikologi
Pendidikan minimal harus lulusan S2.

6. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus
mengamati perkembangan & memaksimalkan fungsi anak seperti bagaimana mestinya untuk bisa tumbuh dan berfungsi dengan baik sebagai manusia.

7. Research And Development (RND)
Memperhatikan beberapa aspek yang di dalamnya termasuk perilaku penggunaan pada konsumen dan efek yang terjadi termasuk kepuasan.

8. Konselor Karir
Memberikan konseling kepada klien yang akan memilih pekerjaan. Tidak hanya pekerjaan saja, namun juga bisa membantu klien yang bingung memilih tempat kuliah atau pendidikan yang akan ditempuh.

9. Trainer
Training yang diberikan adalah yang berkaitan dengan motivasi dan pengembangan diri, baik kelompok ataupun organisasi. Profesi ini erat kaitannya dengan jurusan psikologi.

Mention dan share ke temen-temen ya ๐Ÿ˜Š