Lulusan sekolah menengah atas mempunyai banyak pilihan ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada berbagai kampus yang siap menampung, baik perguruan tinggi negeri, swasta, maupun sekolah kedinasan di Indonesia.

Lantas apa keunggulan sekolah kedinasan ketimbang institusi pendidikan tingkat lanjut lainnya?

Pengertian Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan adalah institusi pendidikan yang setara dengan perguruan tinggi. Institusi ini berdiri di bawah naungan kementerian, departemen, atau lembaga pemerintah lainnya dengan fokus pendidikan sesuai bidang yang ditangani lembaga tersebut.

Saat ini terdapat delapan lembaga negara yang menaungi sebanyak 25 sekolah kedinasan.

Delapan lembaga tersebut, yaitu;

Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara, Badan Pusat Statistik, dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia

Dari delapan instansi pemerintah tersebut, Kemenhub menaungi sebanyak 18 sekolah kedinasan. Berikut tabel rincian sekolah kedinasan di Indonesia di bawah Kemenhub beserta jurusan-jurusannya.

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) Bekasi

Jurusannya, yaitu Transportasi Darat untuk jenjang D4, Manajemen Transportasi Jalan, dan Manajemen Transportasi Perkeretaapian untuk jenjang D3.

Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali

Memiliki tiga program studi, yaitu Manajemen Transportasi Jalan, Teknologi Mekanika Otomotif, dan Manajemen Logistik.

Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Institusi ini khusus mendalami transportasi kereta api. Jurusan di PPI Madiun meliputi Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Teknik Elektro Perkeretaapian, Manajemen Transportasi Perkeretaapian, serta Teknik Mekanika Perkeretaapian.

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal

Inilah institusi yang menyelenggarakan program pendidikan jenjang D3 jurusan Teknologi Otomotif. Terdapat pula jenjang D4 dengan dua jurusan, yaitu Rekayasa Sistem Transportasi dan Teknologi Rekayasa Otomotif.

Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan (Poltrans-SDP) Palembang

Di sini Anda bisa berkecimpung dalam dunia transportasi air, khususnya sungai dan danau. Jurusan yang tersedia, yaitu Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Nautika, Teknika, dan Pengelola Pelabuhan, semuanya untuk jenjang D3.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Jurusan di sekolah kedinasan ini meliputi Nautika, Teknika/Mesin, dan KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan).

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan PIP Makassar

Sama dengan STIP Jakarta, PIP Semarang dan PIP Makassar juga memiliki tiga prodi, yaitu Nautika, Teknika, dan KALK.

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya

Inilah sekolah kedinasan di Indonesia terbaik dalam bidang pelayaran. Memiliki lima program studi, yaitu Nautika (D3 & D4), Teknika (D3 & D4), Eto Pelayaran (D3), Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal, dan Transportasi Laut jenjang D4.

 

Poltekpel Sumatera Barat

Poltekpel Sumatera Barat berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman. Jurusan yang tersedia, yaitu Studi Nautika dan Teknologi Nautika untuk jenjang D3, serta Transportasi Laut D4.

Poltekpel Banten

Kegiatan pendidikannya berpusat di Tangerang, Banten. Poltekpel satu ini menyelenggarakan tiga program studi, yaitu Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

Poltekpel Malahayati Aceh

Jurusan di Poltekpel Malahayati, Kabupaten Aceh Besar ini terdiri dari dua, yakni Nautika dan Teknika.

Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Politeknik Penerbangan Indonesia

Sekolah kedinasan di Indonesia PPI Curug memiliki program D3 dengan jurusan Penerangan Aeronautika, Teknik Bangunan dan Landasan, dan Teknik Mekanikal Bandar Udara.

Ada juga program studi Lalu Lintas Udara, Teknik Listrik Bandara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Pesawat Udara, dan Penerbang untuk jenjang D4.

Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya

Jurusan di Poltekbang Surabaya tergolong lengkap, yaitu Lalu Lintas Udara, Komunikasi Penerbangan, Manajemen Transportasi Udara, Teknik Listrik Bandar Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, dan Teknik Pesawat Udara.

Poltekbang Palembang

Poltekbang Menyelenggarakan pendidikan untuk tiga jurusan, yaitu D3 Manajemen Bandar Udara, D3 Pertolongan Kecelakaan Penerbangan, dan D4 Teknologi Rekayasa Bandar Udara.

Poltekbang Medan

Berikut jurusan yang tersedia di Poltekbang Medan. Di antaranya Pemanduan Lalu Lintas Udara, Teknik Listrik Bandara, Teknik Navigasi Udara, dan Teknik Pesawat Udara.

Poltekbang Makassar

Sekolah kedinasan satu ini juga memiliki empat jurusan, yaitu Teknik Listrik Bandara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Pesawat Udara, dan Manajemen Lalu Lintas Udara.

Poltekbang Jayapura

Sekolah kedinasan di Indonesia bidang penerbangan ini berkonsentrasi pada pendalaman Teknik Listrik Bandar Udara dan Manajemen Bandar Udara.

Kemudian, ada pula tujuh sekolah kedinasan lainnya, yaitu:

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN

IPDN, merupakan sekolah kedinasan di Indonesia yang berada di bawah naungan Kemendagri. Kampusnya terletak di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Sekolah ini mempunyai dua fakultas dengan jurusan sebagai berikut.

  • Fakultas Politik Pemerintahan: Prodi Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, serta Pembangunan dan Pemberdayaan
  • Fakultas Manajemen Pemerintahan: Manajemen Pembangunan, Manajemen Sumber Daya, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Aparatur, Keuangan Daerah, dan Kependudukan dan Catatan Sipil.

Politeknik Keuangan Negara (STAN)

STAN

Dahulu dikenal sebagai Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). PKN telah berdiri sejak 1952 di bawah Kemenkeu. Aktivitas perkuliahannya berpusat di Bintaro, Tangerang Selatan. Berikut pilihan fakultas dan jurusan di salah satu sekolah kedinasan terfavorit ini.

  • Fakultas Akuntansi: jurusan Akuntansi D3/D4
  • Fakultas Pajak: D1/D3 Pajak, D3 PBB/Penilai
  • Fakultas Kepabeanan dan Cukai: D1/D3 Kepabeanan dan Cukai, Publikasi Bea Cukai
  • Fakultas Manajemen Keuangan: D1/D3 Kebendaharaan Negara, dan D3 Manajemen Aset

website resmi : www.pknstan.ac.id

Politeknik Ilmu Pemerintahan dan Politeknik Imigrasi

Sekolah kedinasan di Indonesia berikutnya terikat dengan Kemenkumham. Saat ini kampus Poltekip dan Poltekim masih berada di Cinere, Depok. Namun, keduanya akan segera dipindahkan ke Tangerang setelah pembangunan kampus baru rampung.

Poltekip memiliki tiga jurusan, yaitu Teknik Pemasyarakatan, Manajemen Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan. Begitu pula dengan Poltekim, meliputi Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, serta Manajemen Teknologi Keimigrasian.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

A.M. Hendropriyono memprakarsai berdirinya STIN pada tahun 2002. STIN bernaung di bawah Badan Intelijen Negara (BIN) yang kala itu masih dikepalainya. Berlokasi di Bogor, STIN hanya menyediakan dua pilihan jurusan, yaitu Agen dan Analis Intelijen Negara.

Politeknik Siber dan Sandi Negara

Poltek SSN baru diresmikan tahun 2003. Sekolah kedinasan di Indonesia satu ini kini telah memiliki tiga program studi untuk jenjang sarjana terapan (D4).

Program studinya, yaitu Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. Berlokasi di Ciseeng, Bogor, sekolah ini terikat hubungan dinas dengan Lembaga Sandi Negara.

Politeknik Statistika (STIS)

STIS

Politeknik Statistika STIS ditetapkan secara resmi 28 Maret 2018. Dulunya bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) dan merupakan bagian dari Badan Pusat Statistik.

Kampusnya terletak di Jakarta Timur, memiliki tiga jurusan untuk program diploma, yaitu D3 dan D4 Statistika, serta D4 Komputasi Statistik.

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Terakhir dalam daftar ini adalah STMKG yang berada di bawah naungan BMKG. Pilihan jurusannya, yakni Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi, masing-masing untuk jenjang D4.

Jadi, mana sekolah kedinasan di Indonesia yang paling sesuai dengan minat Anda?

Sumber:
https://catar.kemenkumham.go.id/
situs web resmi masing-masing sekolah dinas

 

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)