Home Inspirasi Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Tepat Waktu

Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Tepat Waktu

201
tugas akhir

Perjalanan panjang menjalani kuliah, pada akhirnya akan berujung pada proses menyelesaikan tugas akhir. Banyak mahasiswa yang terkendala kelulusannya atau mungkin harus menambah beberapa semester karena tugas akhirnya yang belum juga diselesaikan. Wajar saja kalau tugas akhir (TA) ini menjadi dilema atau masalah tersendiri bagi mahasiswa. Selain karena prosesnya yang cukup ketat, melibatkan dosen, dan pengujian ilmiah, pengerjaanya menjadi penentu layak-kah kita lulus sebagai mahasiswa dari jurusan yang telah kita lalui ini.

Tapi, tidak perlu khawatir. Setiap masalah pasti ada solusinya. Setiap ujian pasti ada ujungnya, ada kelulusannya. Termasuk tugas akhir, kalian pasti bisa melaluinya termasuk selesai dengan tepat waktu. Simak tips berikut, untuk bisa menyelesaikan tugas akhir kalian tepat waktu, tanpa menunda-nunda waktu.

1.   Buat Rencana Pengerjaan Tugas Akhir

Sebelum memulai pengerjaan tugas akhir, cobalah untuk membuat rencana pengerjaan terlebih dahulu. Rencana pengerjaan ini memudahkan kita untuk nantinya mengatur jadwal, pengatur bagian-bagian atau bab yang dikerjakan, hingga tenggat waktu untuk kita selesai tugas akhir. Tanpa rencana, biasanya pengerjaan tugas akhir akan lebih sering ditunda-tunda atau disepelekan. Padahal, pengerjaan tugas akhir tentu tidak bisa selesai hanya dengan 1 malam saja.

Rencana pengerjaan tugas akhir juga menjadi kemudahan tersendiri karena dalam mengerjakannya kita memiliki acuan. Hal ini juga penting bagi kalian yang sering kali menunda-nunda pengerjaan atau tugas, hingga deadline akan segera berakhir. Padahal tugas akhir yang berkualitas tentu tidak didapatkan dari proses yang mendadak.

2.   Kerjakan Sesuai Rencana, Walau Sedikit-Sedikit Tapi Konsisten

Mengerjakan tugas akhir itu lelah. Bagi sebagian mahasiswa mungkin kelelahan itu menjadi masalah tersendiri. Ingat, bahwa pengerjaan TA biasanya dilakukan dalam satu semester sendiri, yaitu kurang lebih 6 bulan. 6 bulan sebetulnya waktu yang cukup jika kita mengerjakannya secara konsisten. Cobalah untuk memulai mengerjakannya, walaupun sedikit, tapi lakukan secara konsisten. Pasti perlahan-lahan juga akan selesai kemudian.

Jangan berpikir, “Ah, ini sedikit. Nanti saja sekalian”. Jika pikiran tersebut muncul terus menerus, maka akan banyak pekerjaan kecil yang terlewatkan. Sedangkan, pekerjaan-pekerjaan kecil yang terlewatkan sebetulnya adalah pekerjaan yang besar nantinya. Pastinya kalian tidak ingin membuat TA terbengkalai hanya karena meremehkan setiap bagiannya, bukan?

3.   Jangan Tunda Pengerjaan, Prioritaskan Sesuai Jadwal

Rencana sudah dibuat, jangan lupa untuk selalu selesaikan sesuai rencana dan jadwal. Jika di bulan pertama BAB-1 harus selesai, maka selesaikan jangan sampai ditunda. Usahakan selesai, walau harus begadang, harus bekerja keras dan menunda keperluan-keperluan yang bukan prioritas. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tentunya TA menjadi prioritas kalian. Maka itu, tunda sebagian aktivitas yang tidak berhubungan dengan TA yang menyita waktu dan energi. Mungkin akan terasa lelah, tapi bukankah buahnya akan membahagiakan? Selesainya bisa tepat waktu.

4.   Review Pengerjaan Per Bab

Jika sudah memproses tugas akhir sesuai rencana, jangan lupa untuk melakukan review pengerjaan kalian setiap bab. Biasanya akan lebih sulit jika kita melakukan evaluasi atau mereview saat semuanya selesai. Cobalah evaluasi dan review pengerjaan kalian per Bab agar mudah dan tidak terlalu banyak revisi saat di akhir.

5.   Jangan Lupa Bimbingan dan Diskusi dengan Dosen Pembimbing

Kalau merasa sulit mengerjakan, jangan lupa bahwa kalian memiliki dosen pembimbing. Dosen pembimbing ini tentunya bisa membantu kalian untuk memberi solusi atas kesulitas pengerjaan tugas akhir kalian dan tentunya memberikan arahan agar TA kalian bisa selesai dengan berkualitas.

Untuk memperdalam hal ini kamu perlu juga membaca Cara Meluluhkan Hati Dosen Pembimbing

6.   Kerjakan di Waktu dan Tempat yang Kondusif

Tugas akhir yang tidak selesai-selesai biasanya karena kita mengerjakan di tempat atau waktu yang banyak gangguan. Misalnya saja, mengerjakan di kantin kampus yang dimana tempat bertemu dan berkumpul teman-teman. Rencana awal memang mengerjakan tugas, namun ujungnya bisa malah berdiskusi atau ngobrol hal-hal di luar TA kita. Tentu sayang sekali waktunya jika kita terjebak pada situasi tersebut.

Untuk itu, carilah waktu dan tempat yang dimana kita tidak akan banyak terganggu dan akan lebih fokus pada pengerjaan TA. Yang pasti pilih tempat nyaman, bisa di rumah sendiri, di kamar, atau di tempat umum yang jarang gangguan secara langsung pada kita.

7.   Walau Serius, Tetap Santai dan Jangan Lupa Refreshing

Walaupun serius mengerjakan tugas akhir, tapi jangan sampai stress ya. Tetap santai dan nikmati saja setiap prosesnya. Kapan lagi kita bisa merasakan mengerjakan TA ini kalau bukan sekarang? Apalagi kalau ini pengalaman pertama, tentunya akan menjadi bekal kelak nanti saat studi selanjutnya. Jadi, kerjakan serius, tetap santai, dan jangan lupa refreshing sejenak saat mengerjakannya ya.

Selamat mengerjakan TA, semoga kalian semua lulus tepat waktu tanpa lama-lama di kampus.

Komentar Kamu?