Saat ini Anda mungkin sedang mempersiapkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selain perguruan tinggi negeri, Anda juga bisa melirik beberapa universitas swasta. Itulah mengapa kami akan membahas universitas swasta terbaik di Indonesia.

Indonesia mempunyai segudang kampus swasta yang berkualitas. Dari begitu banyaknya perguruan tinggi swasta, tidak sedikit yang masuk ke dalam kategori universitas terbaik di tanah air versi Webometrics. Untuk info lengkapnya, simak pembahasan kami berikut.

Kategori Khusus Berbagai Profil Kampus di Indonesia

Sekilas Mengenai Webometrics Ranking of World Universities

Anda tentunya ingin tahu universitas swasta terbaik di Indonesia. Namun, rasanya tidak lengkap jika tidak mengenal apa itu Webometrics.

Webometrics adalah lembaga pemeringkat universitas di seluruh dunia yang berdiri atas prakarsa Cybermetrics Lab. Kelompok riset ini sendiri merupakan anggota dari organisasi penelitian publik di Spanyol bernama Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC).

Pemeringkatan perguruan tinggi di dunia sudah dilakukan Webometrics sejak 2004. Tujuannya adalah mendukung semangat akses terbuka terhadap pengetahuan atau publikasi ilmiah yang dihasilkan universitas.

Setiap tahun Webometrics mengeluarkan daftar kampus terbaik di dunia. Badan ini menilai sekitar dari 31.000 perguruan tinggi yang tersebar di 200 negara.

Indikator Pemeringkatan Universitas oleh Webometrics

Sebagai institusi pemeringkat universitas, Webometrics pastinya memiliki beberapa metodologi dan indikator tersendiri. Berikut beberapa diantaranya:

  • Openness/transparency: jumlah sitasi dari 210 penulis top. Webometrics menggunakan data Google Scholar Profiles.
  • Visibility/Impact: banyaknya jaringan eksternal yang tersambung ke laman resmi universitas (dinormalisasi dan lalu nilai maksimum dipilih). Webometrics memakai data dari Majestic dan Ahrefs.
  • Excellence: jumlah publikasi ilmiah universitas diantara 10% teratas yang terbanyak dikutip selama tahun 2015-2019. Untuk indikator ini, Webometrics merujuk pada Scimago Institution Ranking.

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Menurut Webometrics 2021

Pada tahun 2021, Webometrics mengeluarkan deretan perguruan tinggi yang paling baik di tanah air. Totalnya ada 2.627 universitas swasta ataupun negeri yang tembus sistem pemeringkatan tersebut.

Apabila berkuliah di universitas swasta menjadi opsi yang Anda minati, maka cek dulu 10 universitas swasta terbaik di Indonesia di 2021 dari Webometrics di bawah ini.

Bina Nusantara (Binus) University

Binus menempati urutan ketiga sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia 2020 menurut Webometrics. Namun, tahun 2021 PTS ini berhasil menggeser dua kampus sebelumnya.

Secara nasional, Binus memperoleh posisi ke-7, sedangkan di tingkat internasional universitas ini menduduki urutan ke-1.902. Peringkat yang diperoleh untuk impact, openness, dan excellence berturut-turut adalah 1.926, 2.464, dan 2.631.

Sejak 1999, Binus menargetkan paling tidak 90% mahasiswa lulus tepat waktu. Tidak hanya itu, PTS ini juga berkomitmen tinggi untuk mencetak lulusan yang berkualitas.

Telkom University (Tel-U) – Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2020

Berbicara tentang universitas swasta terbaik di Indonesia, Telkom University mendapat posisi ke-2. Kampus ini juga meraih peringkat ke-12 untuk level nasional.

Di level dunia, Tel-U menyabet posisi ke-2.196. Rincian peringkat yang diperoleh Universitas Telkom yaitu 662 (impact), 5.954 (openness), dan 2.649 (excellence).

Tel-U dibangun oleh Yayasan Pendidikan Telkom. PTS yang berlokasi di Bandung ini juga menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia 2020 versi Kemenristekdikti.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berada di posisi ketiga untuk tahun 2021 versi Webometrics. Jika disandingkan dengan universitas negeri nasional, PTS ini menduduki peringkat ke-15.

Secara global UMY meraih urutan ke-2.342. Universitas swasta ini menempati peringkat ke-1.889 (impact), 1.879 (openness), dan 3.795 (excellence).

UMY berdiri sejak 1 Maret 1981. PTS ini bertujuan menjadi institusi pendidikan yang mencetak lulusan unggul dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi serta memegang nilai-nilai keislaman.

Universitas Gunadarma (UG)

Selanjutnya di urutan ke-4 sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia 2021 menurut Webometrics adalah UG. Untuk peringkat nasional, kampus ini bercokol di posisi ke-23.

Universitas Gunadarma menempati peringkat ke-2.979 di level dunia. Berdasarkan pemeringkatan Webometrics, UG berada di urutan ke-1.201 (impact), 2.126 (openness), dan 5.114 (excellence).

UG bermula dari Program Pendidikan Ilmu Komputer di tahun 1981. Selepas tiga tahun berselang, kampus ini berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma.

Tambahan lagi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Gunadarma kemudian dibangun pada 1990. Institusi ini lalu bergabung dengan STMIK Gunadarma menjadi UG di tahun 1996.

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD)

Jika merujuk pemeringkatan Webometrics, UAD berada di urutan ke-5 dalam lis universitas swasta terbaik di Indonesia. Sedangkan untuk peringkat nasional, kampus ini menyabet posisi ke-27.

Untuk tingkat global, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menduduki urutan ke-3.148. Peringkat tersebut diperoleh UAD dari indikator impact, openness, dan excellence.

Yang khas, Universitas Ahmad Dahlan bertujuan mendidik mahasiswa berkelas internasional, tetapi menjiwai nilai-nilai keislaman. PTS ini pun membuka program diploma, sarjana, pascasarjana, dan profesi.

Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro berhasil menempati posisi ke-6. Apabila disejajarkan dengan PTN nasional, Udinus menduduki urutan ke-28.

Di jenjang internasional, Udinus meraih posisi ke-3.176. Universitas yang berpusat di Semarang ini berada di peringkat ke-1.346 (impact), 5.954 (openness), dan 3.758 (excellence).

Universitas Narotama Surabaya (Unnar)

Bergeser ke peringkat tujuh adalah Universitas Narotama Surabaya. Webometrics menempatkannya sebagai PTS terbaik di Indonesia urutan ke-4 pada Juli 2020 lalu.

Secara nasional Unnar berada di urutan ke-29, persis di bawah Udinus. PTS ini juga menjadi universitas swasta terbaik di Jawa Timur.

Unnar menyabet peringkat ke-3.189 di level global. Universitas ini berada di urutan ke-1.628, 3.281, dan 4.909 untuk impact, openness, serta excellence.

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Untuk PTS urutan ke-8 di Indonesia versi Webometrics adalah Universitas Kristen Satya Wacana. Ini menjadikkannya kampus swasta terbaik kedua di Jawa Tengah setelah Udinus.

Jika dibandingkan dengan PTN di Indonesia, UKSW meraih peringkat ke-30. Sementara itu, di tingkat dunia PTS ini berada di posisi ke-3.313.

UKSW menduduki peringkat ke-4.151, 1.838, dan 4.555 untuk kategori impact, openness, dan excellence. Kampus swasta ini juga memiliki 14 fakultas.

Universitas Islam Indonesia (UII)

UII bercokol di posisi kesembilan sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia. Secara nasional, kampus ini memperoleh peringkat ke-33.

Di tingkat global, UII berhasil meraih urutan ke-3.508. Versi Webometrics, rincian peringkat yang didapat PTS tertua di Indonesia ini adalah 2.676 (impact), 5.954 (openness), 3.611 (excellence).

Universitas Mercu Buana (UMB)

Terakhir sebagai 10 universitas swasta terbaik di Indonesia menurut Webometrics adalah UMB. Untuk tingkat nasional, kampus yang mendapat akreditasi A BAN-PT ini menyabet posisi ke-37.

Berdasarkan data Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah III, UMB masuk lis 50 universitas swasta terbaik di Jakarta. Pada level global, PTS ini mendapat posisi ke-3.639 dengan rincian peringkat ke-1.711 (impact), 5.954 (openness), dan 4.275 (excellence).

Perguruan tinggi swasta tidak bisa dipandang remeh. Tak sedikit lulusannya yang sukses dan memperoleh pekerjaan bergengsi.

Jika Anda lebih memilih PTS daripada PTN, maka kesepuluh universitas swasta terbaik di Indonesia tersebut layak dipertimbangkan.

Sumber:

https://binus.ac.id/2020/09/inilah-50-universitas-swasta-terbaik-dki-jakarta-2020-versi-dikti-kemendikbud/

https://lifestyle.kontan.co.id/news/inilah-50-universitas-swasta-terbaik-dki-jakarta-2020-versi-dikti-kemendikbud?page=all

https://www.webometrics.info/en/Methodology

https://telkomuniversity.ac.id/telkom-university-kembali-menjadi-pts-terbaik-no-1-di-indonesia-tahun-2020/

https://www.umy.ac.id/

https://uad.ac.id/id/

https://www.uksw.edu/pages/program-akademik-uksw