Home Mahasiswa Belajar

8 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

2073
BAGIKAN

Kurang lebih dua minggu sudah mahasiswa baru (maba) UNJ menjalani perkuliahannya di semester perdana tahun ini. Tak sedikit maba yang masih “meraba” wajah dunia perkuliahan. Beberapa fakultas dan jurusan telah memfasilitasinya dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang berprestasi. Tujuannya agar mereka bisa bertanya sepuasnya seputar kehidupan mahasiswa baik di kelas maupun di luar kelas.

Acap kali para maba dibuat terpukau dengan rentetan prestasi pembicara yang terdapat dalam curriculum vitae (CV). Ditambah lagi jika pembicara yang bersangkutan juga aktif dalam organisasi. Semakin menambah kekaguman yang bertubi-tubi. Sehingga timbullah sebuah pertanyaan besar, “ Gimana caranya tuh kakak bisa keren di akademik sama organisasi? ” Keep calm, sob! Tim UNJKita.com punya tips nih agar kamu bisa berprestasi seperti mereka sepanjang waktu. Check this out!

Tulis target yang ingin dicapai dengan jelas

stack-of-books-1001655_640 Mulai dari sekarang tulislah target yang mau kamu capai selama kuliah. Buatlah target jangka pendek dan jangka panjangnya. Target jangka pendek kurun waktunya dalam satu atau dua bulan ke depan.

Misalnya, target jangka pendek satu bulan ke depan sudah selesai baca satu modul mata kuliah. Sementara target jangka panjang kurun waktunya dalam 1-4 tahun kemudian. Misalnya, target jangka panjang kamu mau lulus 3,5 tahun. Mulai dari sekarang kamu sudah menyusun rencana untuk bisa mewujudkannya. (baca juga 15 tips lulus 3,5 tahun ala Dimas )

Buat skala prioritas

Dari kesemua targetan yang ingin kamu capai, urutkan mana saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Utamakan targetan yang lebih penting dan perlu dikerjakan dalam waktu dekat.

Kuatkan niat dan keyakinan

Hal ini juga gak kalah penting. Inna ‘amalu bi niat. Segala sesuatunya tergantung pada niat kita. Luruskan niat bahwa target yang ingin dicapai adalah hal yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Jangan lupa untuk terus meyakinkan diri kalau “ Saya bisa melakukannya! “. Nothing is impossible, guys!

Manajemen waktu : pray hard, learn hard, play hard

WaktuSudah baik dalam perencanaan tapi manajemen waktunya amburadul, sama saja kamu membuat kegagalan. Perlu ada manajemen waktu yang baik antara beribadah (pray), belajar (learn), dan bermain (play). Kesemuanya harus dijalankan secara seimbang. Mulai dari malam sebelum tidur atau pagi hari sesudah bangun tidur, buat time schedule kegiatan kamu di hari itu. Atur waktu secara bijaksana. Untuk waktu bermain, setidaknya satu minggu sekali perlu dilakukan untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Aktif di kelas dan organisasi

Aksi BEM UNJ 21 MeiBerprestasi bisa kamu mulai dari ruang lingkup terkecil, yakni kelas. Ambil bagian menjadi struktur kelas atau penanggung jawab (PJ) mata kuliah. Menjadi PJ memberikan kesempatan untuk bisa lebih dekat dan dikenal oleh dosen. Beranikan pula dirimu untuk aktif diskusi selama perkuliahan.
Begitu pula dengan ikut aktif dalam organisasi. Terutama dalam organisasi yang sejalan dengan passion. Berorganisasi melatih banyak kemampuan yang ada pada dirimu. Contohnya, kepemimpinan, public speaking, humas, konseptor, menjalin hubungan kerja, dan lain-lain. Dijamin gak bakal nyesel deh!

Ikut perlombaan

Selama kuliah kamu akan sering menerima jarkoman tentang perlombaan yang diselenggarakan oleh berbagai macam pihak, baik dari dalam maupun luar UNJ. Sebagai maba gak ada salahnya untuk mencoba ikut salah satu perlombaan yang sesuai dengan bidang keahlian kamu.

Gak perlu pesimis, coba aja dulu. Soal menang atau kalah urusan belakangan. Yang terpenting adalah kamu sudah berani mencoba dan menambah daftar pengalamanmu selama kuliah.

Menguasai bahasa asing

Bahasa asing (re: Bahasa Inggris) masih menjadi momok tersendiri bagi sebagian kalangan mahasiswa. Padahal saat ini sudah eranya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang membuat negara tanpa batas. Bahasa asing sebagai modal utama dalam berkomunikasi sehingga tidak mudah terseleksi dalam persaingan global. Belum ada kata terlambat untuk belajar. Yuk, mulai kuasai sejak kini! (baca juga : 9 situs belajar bahasa inggris gratis)

Bergaul

Dulu kamu termasuk orang pendiam yang dikenal seantero sekolah? Saat kuliah predikat itu sudah tidak berlaku lagi. Mendapat title ‘mahasiswa’ artinya kamu harus menjadi pribadi yang lebih baik dari sekedar siswa. Cobalah untuk membuka diri dan bergaul dengan teman-teman yang ada di sekelilingmu. Tentunya bergaul dengan orang-orang yang membawa hal-hal positif untuk dirimu. Jangan pernah sungkan pula untuk bergaul dengan cleaning service, satpam, dan penjaga kantin yang ada di kampus. Mereka juga turut berjasa dalam menjaga kenyamanan dan ketertiban kampus.

Nah, sobat sudah tau kan tipsnya? Langsung saja beraksi tanpa nanti. Berkreasi dan berprestasilah tanpa batas hingga jejak langkahmu membekas indah selepas kau pergi. Ditunggu prestasinya, sob 🙂

Salam prestasi!

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Pendidik anak usia sekolah dasar yang terhipnotis dengan dunia tulis-menulis dan public speaking~