Home Beasiswa Seribu Jurus Jitu Mendapatkan Sponsor untuk Prestasi Ala Dewan

Seribu Jurus Jitu Mendapatkan Sponsor untuk Prestasi Ala Dewan

341
SHARE

Menjadi generasi penerus bangsa, mengukir prestasi merupakan salah satu tugasnya. Mengharumkan nama baik Indonesia di kancah dunia dengan menjadi mahasiswa mendunia. Banyak sekali acara-acara internasional yang tentunya bisa menjadi peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan mengasah kemampuannya untuk terus berkarya dan berprestasi. Tentunya, banyak mahasiswa atau pelajar Indonesia yang berpotensi, tetapi mengalami kesulitan untuk dapat meraihnya, salah satunya dari segi finansial.

Melihat potensi tersebut, tim UNJKita mengadakan RUBRIK (Ruang Terbuka UNJKita) via Whatsapp yang membahas terkait cara jitu mendapatkan sponsor.

Sobat UNJKita penasaran?

Nah, berikut adalah cara jitu mendapatkan sponsor ala Anisa Dewanti Putri (Alumni Fakultas Teknik UNJ 2011) selaku narasumber dalam rubrik yang dilakukan pada jumat (26/01/18):

1. International Event

Menjadi mahasiswa mendunia tentunya harus mencari tahu lebih dalam dan memahami apapun yang berkaitan dengan acara-acara internasional. Misalnya saja dengan mengunjungi berbagai website seperti https://conferencealert.com/ atau juga https://www.youthop.com/. Acara tersebut memiliki beberapa kategori seperti konferensi, forum, pertukaran pelajar, dan sebagainya.

2. Perencanaan

Pada pra-event, tentunya kita harus paham terlebih dahulu tentang event apa yang akan diikutsertakan yang pastinya dengan melakukan analisis 5W+1H selain itu ada tambahan untuk mengetahui keterangan dan subjek acaranya. Dengan begitu, kita bisa lebih tahu tema sehingga bisa membuat daftar instansi-instansi apa saja yang berpotensial untuk memberikan sponsor.

3. Target Sponsor

Target sponsor bisa terbagi menjadi tiga kategori yaitu universitas, pemerintah dan perusahaan. Dalam universitas, bisa dimulai dari lingkup terkecil semisal program studi lalu fakultas kemudian dilanjutkan kepada pihak universitas. Di UNJ misalnya, sponsor bisa diajukan ke pihak wakil rektor III bidang kemahasiswaan. Instansi pemerintah juga berpotensi memberikan sponsor, instansi pun terbagi menjadi instansi lokal dan pusat. Instansi lokal misalnya kepala daerah, instansi pusat bisa ke kementrian.

Pengajuan sponsor tentunya harus tepat sesuai tema yang akan diikutsertakan dalam kegiatan. Misalnya acara kepemudaan bisa diajukan ke Menpora atau Disorda. Begitu juga dengan perusahaan, harus linier dengan tema atau bisa mengajukan ke perusahaan penerbangan yang memiliki rute untuk acara yang akan kita ikuti.

4. Sponsorship

Dalam mengajukan sponsor tentunya kita perlu membuat proposal. Nah, buatlah dua proposal diantaranya proposal formal dan proposal interaktif. Proposal formal bisa diajukan kepada instansi atau pihak pemerintahan dengan format dari dikti. Proposal interaktif bisa diajukan kepada pihak perusahaan. Proposal interaktif dapat dibuat dalam bentuk poster atau apa pun yang lebih kreatif. Dan jangan lupa untuk membuat dalam bentuk elektronik proposal misalnya dengan menggunakan prezi agar dapat interaktif ketika menyampaikan presentasi kepada perusahaan yang dituju.

Selain proposal, perlu juga membuat surat pengantar proposal. Surat pengantar proposal juga tidak kalah pentingnya, untuk memudahkan kita follow up kepada pihak-pihak dimana kita mengajukan sponsor agar tahu nomor surat masuk dan sebagainya.

5. Event

Hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah dokumentasi. Dalam acara tersebut, kita perlu mendokumentasi setiap momen untuk laporan. Mengumpulkan berkas dan juga mengikuti kegiatan dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Post Event

Ketika kita telah mengikuti rangkaian kegiatan, yang menjadi kewajiban setelahnya adalah mengurusi Laporan Pertanggunjawaban (LPJ) dan juga Surat Pertanggungjawaban (SPJ). LPJ harus dibuat dengan sejelas-jelasnya dengan memasukan dokumentasi acara, berkas-berkas seperti visa, stempel keluar masuk imigrasi, bukti tiket dan sebagainya. Hasil yang kita dapat juga bisa dituangkan dalam bentuk esai, atau misalnya permintaan dikti dengan menuangkan hasil acara yang diikutsertakan dalam bentuk tulisan yang dikirim ke media, atau juga menampilkan karya pada pameran dari hasil karya.

Nah, sudah tahukan apa saja jurus-jurus jitunya?

Sekarang saatnya buat dan ajukanlah sponsormu. Jangan takut untuk menyebar sponsor ke berbagai pihak. Teruslah berusaha dan jangan lupa tetap diiringi doa ya, Sobat!

Baca Juga Tips Mendapatkan Sponsor

  1. Tips Agar Proposal Sponsorship Kita Diterima
  2. Jurus Jitu Dapatkan Sponsor dari Institusi untuk Konferensi
  3. Seribu Jurus Jitu Mendapatkan Sponsor untuk Prestasi

Komentar Kamu?

SHARE
Mahasiswa program studi pendidikan kesejahteraan keluarga, fakultas tenik, angkatan 2014. Menyukai dunia literasi dan sastra. Karena berbagi tidak melulu tentang harta, tetapi juga dalam bentuk tulisan yang menginformasi dan menginspirasi.