Sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penyelenggaran tes masuk perguruan tinggi, LTMPT belum mencantumkan informasi mengenai cara daftar UTBK untuk tahun ajaran 2021.

Sambil menanti pengumuman resminya, Anda bisa menyimak prosedur pendaftaran UTBK pada tahun sebelumnya.

Apa Itu UTBK?

1.500 Peserta UTBK Direlokasi, Sejumlah Persoalan Terkuak -  Pikiran-Rakyat.com

pikiranrakyat.com

Bagi para calon mahasiswa, ujian tulis berbasis komputer atau UTBK adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

Ujian ini diwajibkan baik bagi peserta yang akan mengikuti seleksi melalui SBMPTN maupun jalur mandiri.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMOT) telah menerapkan metode penerimaan mahasiswa ini sejak tahun 2019.

Lembaga yang berada di bawah koordinasi Kemenristek/BRIN ini juga menguraikan tentang cara daftar UTBK di laman resminya,ltmpt.ac.id.

Baca Juga: Penjelasan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)

Syarat Pendaftaran UTBK 2020

GAMBAR8.jpg

Persyaratan peserta UTBK meliputi tahun kelulusan dan usia, biaya, serta peluang keikutsertaan. Semua peserta UTBK hanya memiliki satu kali kesempatan mengikuti ujian.

Peserta yang diperbolehkan ikut adalah siswa SMA/MA/SMK kelas XII atau Paket C pada tahun 2020 dan memiliki usia maksimal 25 tahun.

Selain itu, siswa lulusan tahun 2018–2019, baik yang berasal dari SMA/MA/SMK maupun lulusan Paket C, juga diperbolehkan mengikuti UTBK asalkan berusia 25 tahun atau kurang.

Jenis Ujian UTBK 2020

Gunakan Masker dan Sarung Tangan, UTBK SBMPTN Terapkan Protokol Kesehatan

riaupos

Pada awalnya, terdapat dua tipe ujian dalam UTBK, yakni tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TPA). Namun, pada tahun 2020, TPA ditiadakan.

Ujian TPS mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa, seperti penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Adapun TPA menguji pengetahuan dan pemahaman tentang bidang ilmu yang telah dipelajari di sekolah. Tes ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni Saintek (MIPA) dan Soshum (IPS).

Biaya UTBK-SBMPTN 2020

GAMBAR7.jpeg

Peserta UTBK-SBMPTN 2020 diharuskan membayar biaya tes sebesar Rp150.000,00. Akan tetapi, siswa yang tidak mampu juga dapat mengikuti ujian tanpa dipungut biaya.

Siswa tersebut sebelumnya harus memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah dan dinyatakan Kemendikbud memenuhi syarat sebagai peserta tanpa biaya.

Untuk memfasilitasi pembayarannya, LTMPT bekerja sama dengan sejumlah bank BUMN, yaitu BTN, Bank Mandiri, dan BNI.

Cara Daftar UTBK-SBMPTN 2020

gambar9.jpeg

Seperti telah disinggung di atas, berdasarkan pembiayaannya, terdapat dua jenis cara daftar UTBK-SBMPTN tahun 2020, yaitu berbayar dan tanpa bayar.

Hal tersebut juga memengaruhi tahapan-tahapan yang ditempuh selama proses pendaftaran. Nah, berikut cara daftar UTBK untuk masing-masing tipe tersebut.

Cara Daftar UTBK 2020 Berbayar

Bagi Anda yang akan mengikuti UTBK berbayar, berikut cara daftar UTBK yang bisa Anda ikuti.

  1. Lakukan registrasi akun di laman LTMPT dengan memasukkan angka nomor induk siswa (NISN), nomor pokok sekolah (NPSN), serta tanggal lahir.
  2. Masuk (login) ke akun LTMPT menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah diatur pada saat registrasi, kemudian pilihlah menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
  3. Pada menu “Verifikasi”, lakukan proses validasi data siswa dengan melakukan verifikasi biodata dan mengunggah pas foto berwarna paling baru dengan ukuran sesuai ketentuan.
  4. Pilih jenis dan sesi ujian serta lokasi Pusat UTBK tempat Anda akan mengikuti tes dan mengisi kebutuhan khusus jika diperlukan dan isi nomor pendaftaran KIP Kuliah.
  5. Anda yang belum memiliki nomor pendaftaran KIP kuliah harus mendaftarkan diri, yang bisa dilakukan secara daring melalui tautan https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  6. Cetaklah slip pembayaran dan lakukan pembayaran melalui bank yang telah ditentukan, baik melalui ATM, mobile banking, maupun datang langsung ke kantor cabang terdekat.
  7. Batas waktu pembayaran maksimal 2 x 24 jam setelah pencetakan slip dan jika Anda gagal menyelesaikan pembayaran sesuai tenggat, proses pendaftaran harus diulang dari awal.
  8. Setelah pembayaran berhasil, kembalilah ke laman login, buka menu Pendaftaran UTBK, lalu isi kolom jenis jurusan SMA, dan masukkan maksimal dua pilihan program studi.

Anda dapat memilih dua program studi di PTN yang sama ataupun dua PTN berbeda, asalkan jenisnya sama (Politeknik atau Non-Politeknik saja, bukan kombinasi keduanya)

  • Cara daftar UTBK berikutnya adalah mengunggah portofolio jika jurusan yang dipilih mewajibkan hal tersebut.

Portofolio ini berisi dokumentasi kumpulan karya atau penampilan Anda dalam bidang seni dan olahraga semasa sekolah.

  • Simpan semua data yang telah dimasukkan setelah memastikan semua terisi dengan tepat, lalu cari tombol kartu peserta UTBK untuk mencetaknya dalam bentuk fisik.

Kartu tersebut wajib dibawa pada saat Anda mengikuti pelaksanaan UTBK.

Cara Daftar UTBK 2020 Tanpa Bayar

Hanya ada sedikit perbedaan antara cara daftar UTBK berbayar dengan yang tidak berbayar.

Perbedaan pertama ada di langkah kedua, yaitu ketika Anda diminta login ke akun LTMPT. Setelah login, Anda harus memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe-B, bukan Tipe-A.

Selain itu, pendaftar Tipe-B bisa melewati langkah ke-6 dan ke-7, lalu melanjutkan proses mulai langkah ke-8 dan seterusnya seperti yang tertera dalam cara daftar UTBK tipe berbayar di atas.

Pelaksanaan UTBK dilakukan di lokasi yang disebut dengan Pusat UTBK.

Pusat UTBK adalah perguruan tinggi yang ditunjuk oleh LTMPT, yaitu sebanyak 74 kampus yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun pengumuman UTBK-SBMPTN 2020 telah dirilis sejak tanggal 14 Agustus 2020 lalu.

Anda dapat mengaksesnya di laman resmi http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan memasukkan nomor peserta ujian dan tanggal lahir.

Tips Sukses Menghadapi UTBK

Gambar6.jpeg

Anda telah mengetahui cara daftar UTBK, baik berbayar maupun tidak. Kini, saatnya Anda mulai bersiap menghadapi ujian tersebut agar mendapatkan hasil maksimal.

Berikut tips sukses mengerjakan soal UTBK yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mencari Tahu Model Tes

Selama dua tahun penyelenggaraannya, UTBK dijalankan dengan cara yang berbeda.

Karena itu, penting untuk mengetahui model ujian yang akan dilaksanakan pada tahun Anda menjadi peserta UTBK, baik jumlah, jenis, dan komposisi soal maupun durasi pengerjaannya.

Pada tahun 2020, ujian TPS terbagi dalam empat sub-tes, yaitu penalaran dan pengetahuan umum, pemahaman bacaan, serta pengetahuan kuantitatif.

Sekitar 20% soal ujian menggunakan bahasa Inggris dengan durasi pengerjaan maksimal selama 105 menit.

Memperbanyak Belajar dan Latihan

Perbanyaklah membaca materi pelajaran secara umum. Agar belajar menjadi lebih efektif, berikan porsi lebih pada subjek-subjek penting yang sesuai dengan program studi pilihan.

Selain itu, sering-seringlah berlatih mengerjakan soal UTBK. Gunakan soal dari yang paling lawas sampai yang terbaru untuk berlatih agar Anda familiar dan punya banyak referensi.

Setiap kali selesai berlatih, jangan lupa untuk melakukan evaluasi dan mengulangi latihan dengan mengerjakan soal-soal kembali.

Baca Juga: 7 Tips Persiapan Menghadapi Ujian

Memastikan Kondisi Tubuh Fit ketika Ujian

Pada dasarnya, Anda harus menjaga kesehatan badan setiap waktu. Namun, karena UTBK merupakan momen krusial, pastikan tubuh berada dalam kondisi prima pada hari ujian.

Upayakan tidur tepat waktu pada malam sebelum hari-H dan hindari begadang.

Esoknya, bangunlah lebih pagi agar Anda memiliki waktu untuk melakukan pemanasan, sarapan, serta melakukan persiapan lainnya. Itu akan membuat Anda lebih tenang di tempat ujian.

Kesuksesan Anda untuk berhasil tembus ke perguruan tinggi impian diawali dengan mengetahui pengertian, syarat, dan cara daftar UTBK. Selanjutnya, praktikkan tiga tips sukses di atas.

 

Referensi: