Mahasiswa perlu curriculum vitae gak sih? Perlu dong. Banyak kegiatan kemahasiswaan yang butuh CV. Artikel ini akan memberikan kamu contoh CV Mahasiswa, panduan membuatnya, dan template gratis yang bisa kamu gunakan.

Nah, buat kamu yang masih mahasiswa atau fresh graduate, CV adalah dokumen wajib yang harus di miliki. Berbagai kegiatan di dunia kuliah akan membutuhkan CV sebagai persyaratan pendaftarannya; mulai dari acara seminar internasional atau nasional, pertukaran pelajar, kepanitiaan, organisasi, hingga magang dan relawan.

Begitupula ketika kamu lulus dan hendak mendaftar kerja; CV adalah salah satu dokumen yang wajib dilampirkan dalam proses mendaftar pekerjaan.  Perhatikan beberapa hal berikut dalam menyusu CV kamu:

Harus ada di CV kamu

Data Diri. Pada kolom data diri, kamu harus mencantumkan identitas aslimu lengkap. Selengkap apa? sesuai kebutuhan saja kalau sampai data golongan darah sih terkadang gak terlalu penting.

Cantumkan juga kontak yang bisa dihubungi seperti nomor hp atau e-mail. Lebih bagus lagi kalau kamu punya website yang berisi portofolio hasil karyamu.

Riwayat Pendidikan.  Pada bagian cukup cantumkan SMA kamu,  dan di mana kamu berkuliah saat ini. Masukan juga pendidikan non-formal lain yang pernah kamu ikuti seperti kursus atau workshop yang pernah diikuti.

Pengalaman organisasi, kepanitiaan dan Relawan. Pengalaman organisasi dan aktivitas sebagai relawan penting untuk kamu miliki dan cantumkan ke dalam CV. Kenapa? poin ini menunjukkan bahwa kamu seorang yang memiliki keinginan kuat untuk berkembang, memiliki rasa empati dan mandiri mengasah skill kepemimpinan kamu.

Pengalaman magang/kerja. Ini elemen yang penting ketika kamu akan melamar kerja. Kalau kamu pernah
magang, freelance, atau bekerja paruh waktu, kamu bisa memasukkan hal-hal tersebut ke dalam CV.

Pengalaman tersebut akan sangat dilihat oleh perekrut kerja atau HRD sebuah perusahaan. Poin ini juga mengingatkan kamu bahwa magang atau kerja partime sebelum bekerja penuh adalah hal yang penting

Karya Ilmiah, Paper, dan Publikasi. Jika semasa kuliah kamu pernah membuat karya ilmiah atau memiliki publikasi di Jurnal bergengsi, oke banget, lho, kalau dicantumkan ke dalam CV-mu, apalagi jika ditujukan untuk keperluan akademis.

Keterampilan pendukung. Nggak lupa kamu juga harus mencantumkan keterampilan pendukung yang relevan dengan posisi yang kamu daftar. Misal, kamu mendaftar untuk magang di posisi graphic designer, kamu bisa mencantumkan kemampuan mengoperasikan Adobe Illustrator dan Photoshop ke dalam CV-mu.

Yang tidak boleh dalam Membuat CV

Banyak banget faktor yang menentukan CV kamu layak untuk dipertimbangkan. CV yang menarik gak selalu soal desain yang keren. Desain yang bagus adalah alat bantu kamu agar komunikasinya jelas dan setiap poin tersampaikan dengan baik.

Tim UNJKita.com udah merangkum beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan dalam membuat CV. Perhatikan baik-baik ya karena ini sangat penting.

Don’t: Informasi pribadi yang tidak perlu. Nama lengkap, domisili, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, dan akun sosial media yang relevan adalah hal yang wajib kamu cantumkan. Sisanya? gak perlu. Begitu juga kalau sosial media kamu isinnya banyak hal gak bermanfaat sebaiknya gak perlu dicantumkan.

Don’t: informasi nggak relevan. Sesuaikan informasi yang kamu berikan dengan pendaftaran yang sedang kamu lakukan. Jika pendaftaran beasiswa banyakin prestasi akademikmu, jika melamar kerja taruh informasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Don’t: Nggak detil. Hindari informasi yang setengah-setengah, Jika kamu berorganisasi apa nama organisasinya, jika kamu memiliki kemampuan bahasa inggris dari mana sertifikasinya? dan seterusnya.

Don’t: Kepanjangan. Cukup informasi yang inti saja. 2-4 Halaman itu sudah cukup.

Don’t: Memuat informasi palsu alias hoax. Kebohongan itu pasti akan terungkap juga, tinggal menunggu waktunya saja. Kalau ketahuan membuat informasi bohong siap-siap semua keadaan akan menjadi semakin sulit.

Don’t: Desain terlalu ramai. Yang penting informasi kamu dapat dipahami, bukan seramai-ramainya desain. Desain tetap perlu tapi pikirkan apakah informasi saya dapat di cerna dengan baik.

Contoh CV dengan desain yang baik

Don’t: Bahasa campur sari. Jangan pernah mencampur bahasa Indonesia dan Inggris di CV kamu. Pilih salah satu ya.

Don’t: Selfie. Pokoknya jangan. Ini bukan sosial media.hehehe

Contoh CV Mahasiswa

ini contoh standar beserta isinya ya. yang pasti perlu kamu kembangin lagi dengan desain yang bagus dan informasi lebih detil. Download contoh CV

9 Contoh CV Kreatif bisa kamu jadikan acuan dalam membuat desain CV yang keren dan informatif.

Download Template CV Keren Gratis!

Kami ada beberapa template gratis untuk kamu. Caranya gampang banget yaitu dengan bergabung ke channel Telegram UNJKita.com | @pemburukampus. Setelah itu langsung ke bagian pinned postingan 7 CV keren. Telegram unjkita.com

 

Yuk mulai praktek buat CV kamu. Jangan lupa perhatikan& praktekan beberapa tips diatas. Semoga CV kamu dapat memberikan dampak maksimal ketika melakukan suatu pendaftarran baik beasiswa, kerja, ataupun kegiatan internasional.

Selain persiapan CV kamu juga perlu mempelajari bagaimana tips wawancara yang efektif. Semoga artikel contoh cv mahasiswa kali ini bermanfaat.

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)