Home Inspirasi Mengenal Bisnis Percetakan dengan Sistem E-Commerce

Mengenal Bisnis Percetakan dengan Sistem E-Commerce

66

Kebutuhan cetak tetap dibutuhkan untuk berbagai bisnis, meskipun bisnis yang dijalankan merupakan bisnis online. Maka dari itu, bisnis percetakan merupakan salah satu bisnis yang tetap eksis di era digital saat ini. Berkembangnya teknologi dan internet tetap membuat kebutuhan cetak untuk promosi dibutuhkan, baik untuk konsumen individu ataupun perusahaan. Kita tahu tidak semua hal layak digantikan dengan online. Seperti kartu nama untuk perusahaan, katalog atau kartu ucapan yang terasa lebih spesial apabila diterima dalam bentuk cetakan dibandingkan online.

Bisnis percetakan harus beradaptasi menghadapi perkembangan teknologi dimana belanja online saat ini sudah menjadi bagian besar transaksi yang dilakukan masyarakat. Adanya inovasi teknologi saat ini menghasilkan bisnis percetakan online yang dapat memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis, mari kita kenali lebih lanjut tentang percetakan online. Kali saja dari kalian ada yang berminat membuka usaha cetak online setelah lulus kuliah.

Sistem percetakan online untuk pelanggan
Sistem yang sama seperti yang digunakan e-commerce akan mempermudah akses para pelanggan dalam memilih dan menemukan kebutuhan cetaknya. Semua dapat disesuaikan budget dan tanggal penerimaan yang mereka inginkan. Tidak perlu lagi melakukan proses cetak yang lama dengan mendatangi percetakan satu per satu untuk mendapatkan harga dan kualitas yang sesuai. Pilihan harga akan otomatis disesuaikan berdasarkan material dan tanggal penerimaan yang dipilih oleh pelanggan.

Membantu para UKM bisnis percetakan mendapatkan pelanggan
Bisnis percetakan biasanya lebih fokus pada proses mencetak. Percetakan online akan membantu percetakan konvensional untuk memperluas pasar mereka dan mendapatkan lebih banyak pesanan. Para bisnis percetakan konvensional hanya perlu bekerjasama dengan plaform percetakan online dan dapat menerima pesanan dari pelanggan yang membeli dari website percetakan online.

Mau Lolos Masuk UNJ klik disini

Transparansi proses cetak kepada pelanggan
Dengan memilih dan memesan produk cetak secara online akan mempersingkat waktu pemesanan. Para pelanggan tidak perlu lagi mendatangi percetakan dan memberikan file yang mereka ingin cetak. Tanggal penerimaan juga dapat diinformasikan kepada pelanggan lansung dari website atau email. Para pelanggan juga akan menerima notifikasi email tentang status pesanan mereka, sehingga proses cetak akan lebih transparan dan mudah dilacak. Sehingga semua proses yang dilakukan pada bisnis cetak online terlacak dan transparan.

sumber foto: Gogoprint

Efisiensi biaya
Pada umumnya, pasti kalian tahu bisnis percetakan biasanya memakan waktu yang lama dan mengharuskan pelanggan untuk memesan dalam jumlah banyak. Namun dengan adanya sistem yang digunakan oleh percetakan online seperti Gogoprint, sistem yang digunakan semuanya sudah secara otomatis menggabungkan banyak pesanan dari beberapa pelanggan yang mempunyai bahan material yang sama. Sistem yang digunakan disebut dengan sistem “Gang Job”. Jadi, pesanan para pelanggan yang masuk di website dapat dicetak dengan satu mesin dan satu supplier yang sama. Sehingga untuk para pelanggan individual dapat tetap menerima pesanan mereka walau tidak dalam jumlah yang banyak. Biaya cetak bagi para supplier pun akan menjadi lebih murah karena pesanan yang dikerjakan tetap dalam kuantitas yang banyak.

Begitulah kira-kira sistem kerja dari percetakan online. Kalau kalian tadinya berpikir bisnis percetakan itu tidak keren atau kekinian, sekarang bagaimana? Teknologi dan sistem semuanya membawa keuntungan untuk segala sektor bisnis.

Komentar Kamu?