Program studi Bimbingan Konseling kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari ilmu pendidikan, cara pembelajaran, pemahaman pendidikan, dan pemahaman terhadap peserta didik.

Ilmu pendidikan digunakan sebagai dasar dalam melakukan bimbingan kepada siswa dalam proses pendidikanya. Materi yang juga akan kamu dapat adalah Ilmu Psikologi, karena Bimbingan Konseling salah satu cabang dari ilmu psikologi.

Ilmu psikologi yang didapat meliputi pemahaman kepribadian, ilmu perilaku manusia, teori psikologi, dll. Kita sering mengenal peran BK di sekolah, yaitu memberikan bimbingan dan arahan secara psikologi kepada siswa

Yang Cocok dengan Jurusan Ini

  • Minat di dunia psikologi
  • Suka bersosial
  • Memiliki Kemampuan Problem Solving
  • Suka di Dunia Pendidikan

Prospek Kerja

  • Konselor di dunia pendidikan, PAUD, TK, SD,SMP, SMA, dan Universitas.
  • Konselor di Pusat Rehabilitasi, Lembaga Pemasyarakatan, Perkumpulan Keluarga berencana Indonesia (PKBI), Konsultan pengembangan SDM, Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4), Kementerian Agama, Konselor dan Konsultan Pendidikan di Lembaga-Lembaga Bimbingan Belajar (LBB).
  • Untuk lulusan S2 bisa membuka praktek sendiri sebagai konseling untuk masyarakat umum bagi yang telah mendapatkan ijin.

Sejarah Singkat Bimbingan Konseling Universitas Negeri Jakarta

Mengutip dari unj.ac.id Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0545/0.1983 diputuskan bahwa salah satu Fakultas di Insititut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) adalah Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan merupakan salah satu jurusan yang diresmikan dalam Surat Keputusan tersebut. Kini, setelah lebih dari tiga dekade, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan yang kemudian bertransformasi menjadi Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling telah menghasilkan ribuan sarjana yang ahli dalam bidang bimbingan dan konseling.

Sejak tahun 2018, melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 617/Sk/BAN-PT/Akred/S/II/2018 Program Studi (S-1) Bimbingan dan Konseling telah terakreditasi A.

Sudah punya pilihan untuk kuliah di program studi apa? jika masih bingung ada baiknya kamu baca artikel berikut Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah.