Dari sekian banyak universitas di Bandung seperti Institut Teknologi Bandung, UPI Bandung, dan Universitas Padjadjaran, lima di antaranya memiliki spesialisasi di bidang teknik dan teknologi.

Artikel ini akan membahas kampus-kampus tersebut. Namun, sebelum itu, Anda perlu menyimak uraian berikut ini.

Kalangan akademisi kampus pasti sudah familier dengan istilah teknik dan teknologi. Hampir semua kampus memiliki fakultas teknik dengan berbagai jurusannya.

Ada banyak pula jurusan di bidang teknologi, seperti teknologi pangan, teknologi industri, dan teknologi informasi.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya istilah teknik dan teknologi memiliki pengertian berbeda, terutama jika digunakan dalam dunia pendidikan?

Jika Anda belum terlalu memahami perbedaan di antara keduanya, ulasan di bawah ini perlu dibaca.

Perbedaan Antara Teknik dan Teknologi

classroom technology education technology free photo Teknik umumnya diartikan sebagai metode, keahlian, pengetahuan, cara, sistem, atau mekanisme tertentu yang dilakukan untuk mengubah fungsi sesuatu atau memecahkan sebuah masalah.

Adapun teknologi sejak awal menjadi istilah yang menggambarkan kemampuan manusia untuk mengubah sumber daya tidak berguna menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Untuk lebih jelasnya, simak analogi berikut ini. Anggap saja Anda sedang belajar mengendarai sepeda.

Lalu, Anda mencermati bahwa bersepeda ternyata tidaklah sesederhana yang terlihat. Ada begitu banyak proses yang harus dilalui sebelum Anda bisa mengayuh sepeda.

Cara dan kemampuan Anda mengayuh pedal dan mengendalikan setir disebut teknik. Sedangkan teknologi adalah bagaimana sepeda tersebut bisa terwujud dan sampai ke tangan Anda.

Perakitan sepeda membutuhkan teknik khusus, tetapi penemuan roda menjadi lompatan teknologi terbesar sepanjang sejarah.

Teknologi perakitan memungkinkan karyawan pabrik sepeda bekerja lebih mudah. Teknik perakitan yang benar juga dapat menghasilkan produk sepeda bermutu tinggi.

Jadi, jika disimpulkan secara sederhana, teknik bisa diartikan sebagai cara berproses, sementara teknologi merupakan hasil dari proses tersebut.

Pembuatan teknologi membutuhkan teknik-teknik tertentu dan cara berproses tersebut juga mengalami pengembangan terus-menerus.

Sebagai contoh, sebuah universitas di Bandung memiliki dua jurusan, yaitu teknik informatika dan teknologi informasi. Apa bedanya?

Mahasiswa teknik informatika akan banyak belajar tentang ilmu matematika dan turunannya, serta mempraktikkannya dalam menyusun suatu program.

Sementara itu, mahasiswa teknologi informasi cenderung mengarah ke ranah teori tentang teknik, manajemen, serta bisnis terkait jurusannya.

Universitas Negeri di Bandung Akreditasi A Spesialisasi Ilmu Teknik dan Teknologi

Setelah mengetahui perbedaan antara teknik dan teknologi, sekarang saatnya Anda menyimak pembahasan tentang universitas di Bandung dengan spesialisasi pada dua bidang tersebut.

Berikut daftar perguruan tinggi di Bandung yang dimaksud.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Berkas:Plaza Widya Nusantara.jpg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasInstitut Teknologi Bandung memiliki total 11 fakultas dan 7 sekolah yang menaungi 68 program studi (jurusan).

Kampus yang berpusat di Jl. Ganesha 10–12 Bandung dan memiliki kampus di Jl. Winaya Mukti 1 Jatinangor ini telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2017.

Sebanyak 20 program studi kampus teknik tertua di Indonsesia juga terakreditasi secara internasional.

Bahkan, ada 9 prodi yang mendapatkan akreditasi dari ABET, lembaga akreditasi internasional khusus untuk bidang ilmu pengetahuan alam, komputer, teknik, dan teknologi rekayasa.

Sembilan jurusan tersebut adalah teknik industri, teknik informatika, teknik elektro, teknik sipil. teknik perminyakan, teknik kelautan, teknik fisika, teknik lingkungan, teknik kimia.

Jumlah ini merupakan yang terbanyak yang dimiliki universitas di Bandung, bahkan di Indonesia.

Akreditasi sangat penting bagi calon mahasiswa dalam memilih lembaga perkuliahan.

Pengakuan tersebut menggambarkan bahwa Institut Teknologi Bandung dan program studinya memiliki kualitas yang teruji, serta status legalitas hukum yang jelas.

Telkom University (Tel-U)

Free stock photo of ambience, building, university Universitas di Bandung dengan spesialisasi teknik dan teknologi berikutnya adalah Telkom University.

Berpusat di Jalan Telekomunikasi, Terusan Buah Batu, Bandung, kampus yang berdiri pada tahun 1990 ini juga telah terakreditasi A.

Seperti namanya, Telkom University berada di bawah naungan salah satu perusahaan BUMN terbesar Indonesia.

Pada mulanya, yayasan milik Telkom mendirikan empat lembaga pendidikan tinggi, yakni Politeknik Telkom, STMB Telkom, STISI Telkom, dan IT Telkom.

Namun, pada tahun 2013, empat institusi tersebut dilebur menjadi satu lembaga pendidikan tinggi dengan nama Telkom University.

Hingga sekarang, Telkom University menaungi 7 fakultas dengan 37 program studi yang hampir 50 persen di antaranya telah terakreditasi.

Ada lima jurusan terfavorit di universitas ini, yaitu teknik informatika, teknik telekomunikasi, teknik elektro, manajemen bisnis telekomunikasi informatika, dan teknik industri.

Rasio kemudahan kerja bagi para alumni Telkom University tergolong cukup besar.

Data menunjukkan sebanyak 60 persen lulusan Tel-U bisa langsung mendapatkan pekerjaan dalam jangka waktu kurang dari tiga bulan setelah diwisuda.

Universitas Komputer (Unikom)

Perpustakaan UNIKOM Universitas Komputer merupakan hasil penggabungan dua instisusi pendidikan, yaitu STMIK IGI dan STIE IGI.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) International Golden Institute berdiri pada tahun 1994 dan berkonsentrasi dalam bidang terapan ilmu komputer.

Sementara itu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) International Golden Institute yang berfokus pada perkuliahan ilmu ekonomi disahkan pendiriannya empat tahun kemudian.

Dua institusi tersebut bergabung pada tahun 2000 dan berada dalam naungan lembaga baru yang bernama Universitas Komputer (Unikom).

Jangan salah mengira bahwa universitas di Bandung yang satu ini hanya memiliki fakultas dan jurusan ilmu komputer.

Meski demikian, universitas swasta dengan akreditasi A ini memang memiliki spesialisasi di bidang teknik dan teknologi komputer.

Hal itu terbukti lewat prestasi sebagai juara kontes robot internasional di Trinity College (AS) secara berturut-turut selama periode 2009–2012.

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom memiliki 11 jurusan, baik jenjang D3 maupun S1.

Teknik Komputer dan Sistem Informasi adalah dua prodi terfavorit di kampus yang berpusat di Jl. Dipati Ukur No. 112–116 Bandung.

Institut Teknologi Nasional (Itenas)

Uncategorized – Itenas Itenas termasuk perguruan tinggi klaster 3 menurut versi data Kedikbud dan merupakan universitas terbaik nasional urutan ke-62.

Beralamat di Jalan P.H.H. Mustofa No. 23 Bandung, universitas di Bandung yang satu ini berdiri pada 14 Desember 1972 sebagai sebuah akademi (Akademi Teknologi Nasional/Atenas).

Perubahan nama lembaga pendidikan ini menjadi Institut Teknologi Nasional (Itenas) baru diresmikan pada tahun 1984. Itenas memiliki fokus pada bidang sains, teknologi, dan seni.

Institut ini memiliki tiga fakultas, yaitu fakultas teknologi industri (FTI), fakultas teknik sipil dan perencanaan (FTSP), serta fakultas arsitektur dan desain (FAD).

Setiap fakultas memiliki jurusan favorit yang banyak diincar para calon mahasiswa. Teknik mesin, teknik industri, dan teknik informatika menjadi jurusan terfavorit di Fakultas TI.

Sementara itu, dua program studi terfavorit lainnya adalah teknik lingkungan (FTSP) dan desain komunikasi visual (FAD).

Politeknik Negeri Bandung (Polban)

C:\Users\HP\Documents\perpus.jpg

Kampus terakhir yang masuk dalam daftar universitas di Bandung dengan spesialisasi bidang teknik dan teknologi adalah Polban.

Politeknik Negeri Bandung dulunya bernama Politeknik ITB dan berada di bawah naungan universitas teknik terbesar Indonesia.

Saat ini, Polban atau sering juga disebut Poltekban memiliki total 41 program studi, baik untuk jenjang D4, D3, D2, maupun magister terapan dengan 7 jurusan dalam bidang teknik.

Tujuh jurusan yang dimaksud adalah teknik sipil, teknik nesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik komputer dan informasi, teknik konversi energi, serta teknik refrigerasi dan tata udara.

Polban berada pada posisi kedua sebagai kampus politeknik terbaik di Indonesia menurut klasterisai Kemenristek/BRIN dan Kemendikbud tahun 2020.

Universitas Alternatif

Universitas Pendidikan Indonesia

Walau kampus pendidikan UPI Bandung juga memiliki beberapa jurusan untuk kamu yang ingin masuk teknik, seperti:

  • Teknik Sipil (B)
  • Arsitektur (A)
  • Teknik Elektro (B)

Universitas Padjadjaran

Begitu juga dengan UNPAD walau tidak memiliki fakultas khusus untuk teknik, UNPAD memiliki beberapa jurusan teknik yang tersebar di berbagai jurusan seperti:

  • Teknik Informatika
  • Teknik Elektro
  • Teknik Pertanian dan Biosistem
  • Teknik Geologi

Semoga artikel tentang universitas di Bandung ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk kuliah pada tahun ajaran mendatang.

 

Sumber:
www.renesia.com
nasional.tempo.co
www.itenas.ac.id
polban.ac.id