Home Mahasiswa Belajar

5 Program Studi Soshum Paling Diminati di UNJ

8396
BAGIKAN

Sudah kepoin postingan yang satu ini “Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Universitas Negeri Jakarta 2016”? Jika belum, check deh! Program Studi mana saja sih yang paling diminati di Univeristas Negeri Jakarta? Untuk kamu yang akan mendaftar SBMPTN sangat perlu mengetahui seluk beluk program studi yang telah kamu incar, nih!

Pada kesempatan kali ini, tim unjkita.com telah merangkum lima program studi soshum (sosial humaniora) yang paling diminati di UNJ berdasarkan data yang telah diterbitkan sbmptn.ac.id tentang daya tampung, peminat setiap prodi pada tahun 2015, dan persentase peluang masuknya. Selain itu, ada juga lho testimoni dari mahasiswa UNJ tentang prodinya masing-masing. Penasaran?

Manajemen

Program Studi Manajemen yang berada dalam naungan Fakultas Ekonomi di UNJ adalah Prodi yang paling diminati dalam rumpun Soshum (Sosial Humaniora) serta juga menjadi prodi yang paling diminati dari seluruh UNJ di SBMPTN tahun 2015 yakni sebanyak 4.145 peminat calon mahasiswa. Dengan daya tampung hanya sebanyak 24 kursi, menjadikan peluang masuk dalam prodi ini hanya sekitar 0,58%. Sungguh luar biasa bukan?

Lantas apa sih yang membuat banyak mahasiswa dari Soshum bahkan tak heran juga dari lintas minat (Saintek) yang menyebrang ke prodi ini.  Perlu diketahui bahwa peluang kerja dari prodi ini begitu beragam. Dalam prodi Manajemen terbagi beberapa peminatan yang harus diambil di semester 5 yakni peminatan : Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen SDM. Terbayang kan peluang kerja yang bisa diambil mulai dari Marketing, Bidang SDM (Sumber Daya Manusia) dan ahli dalam menata keuangan. Peluang kerja kantoran calon bergaji besar serta bidang yang luas ini menjadi magnet tersendiri bagi prodi Manajemen.

Program Studi Manajemen telah diakreditasi oleh BAN PT tahun 2009, dengan perolehan nilai akreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT No.372/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014, tanggal 20 September 2014. Soal prestasi? Jangan ragukan prodi yang satu ini. Manajemen FE UNJ pernah memperoleh prestasi bergengsi yakni : “Best School of Communications and Manajement ” untuk yang kedua kalinya dari MIX- Marketing comunications pada tahun 2015 lalu. Dari penghargaan ini Program Studi Manajemen UNJ meraih ”Best of the best Indonesian School of Management B Accreditation”.  Para mahasiswa nya pun tak jarang meraih penghargaan dalam berbagai perlombaan akademik dan non akademik nasional dan internasional.

Bersiap menjadi Calon Manajer atau CEO Perusahaan? Disini tempatmu…

Akuntansi

Buat kamu yang suka tantangan, detail, analitis, dan suka menghitung angka. Disini tempatnya… Akuntansi itu adalah sebuah program studi yang sangat erat berhubungan dengan angka dan hitung menghitung. hampir setiap hari kalian akan dihadapkan dengan pelajaran hitung menghitung. Sebagian orang, apabila sudah mendengar yang namanya hitungan pasti banyak deh yang tidak suka. namun hitung-hitungan Akuntansi tidak sesulit perhitungan dibidang sains seperti Fisika, Kimia dan Matematika kok. Sehari-harinya kita dihadapkan pada perhitungan jurnal, neraca, buku besar, rekonsiliasi bank, hutang piutang, konsolidasi, dan lain-lain yang semuanya berurusan dengan Uang dan Uang. Seru banget kan…?

Di Semester 7 prodi Akuntansi terbagi menjadi beberapa program konsentrasi (peminatan) yang terdiri dari Auditing, Perpajakan, Akuntansi Pemerintahan dan Akuntansi Manajemen. Dari sini kita bisa melihat prospek kerja dari prodi ini yakni Auditor di Kantor Akuntan Publik, Konsultan Pajak, serta Akuntan Manajemen di Perusahaan. Kamu juga bisa menjadi Akuntan di kantor Pemerintahan.

Seluruh elemen dalam kehidupan bermasyarakat pasti berhubungan dengan uang dan uang. Maka tak heran dimana ada peredaran uang dan aktivitas ekonomi maka disitulah dibutuhkan seorang akuntan untuk melakukan pencatatan serta pemeriksaan. Mulai dari Yayasan, Kantor Pemerintahan, Perusahaan, Lembaga Sosial dan Nirlaba hingga usaha kecil dan menengah pasti berhubungan dengan akuntansi. Oleh karena itu tak heran Prodi ini mendapati peringkat ke-2 sebagai prodi terfavorit dalam SBMPTN 2015 dengan total peminat sebesar 3.053 calon mahasiswa dengan peluang masuk hanya 0,79%. Dan tak sedikit pula banyak mahasiswa lintas minat (Saintek) yang menyebrang juga ke Prodi Akuntansi ini.

Program Studi Akuntansi merupakan program Non Kependidikan kelima yang dibina oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Program Studi S1 Akuntansi telah diakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.055/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2015, tanggal 21 Februari 2015.

Psikologi

Hampir di seluruh perguruan tinggi pasti ada program studi ini. Tidak terkecuali dengan kampus kita UNJ Tercinta. Namun yang membedakan prodi psikologi di UNJ dengan kampus lainnya adalah adanya peminatan Psikologi Pendidikan. Ya buat kamu yang ingin menjadi psikolog di dunia pendidikan (sekolah) untuk menjadi seorang pengajar disini tempatnya. Tidak hanya peminatan Psikologi Pendidikan saja yang ada loh.

Disini juga ada beberapa peminatan lain yakni Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, serta Psikologi Industri dan Organisasi. Oleh karena itu kamu memiliki beberapa prospek kerja seperti : Asisten Psikolog, Staf atau manajer di bidang sumber daya manusia, Staf konsultan di bidang Psikologi, Konselor, Perancang dan fasilitatior pengembangan komunitas, Asisten peneliti, Fasilitator dan motivator dalam program pelatihan, Administrator tes psikologi, bahkan kamu juga bisa menjadi Pelaku Usaha Mandiri. Menjadi Prodi Psikologi UNJ menempati urutan ke-3 di rumpun Soshum dalam prodi terfavorit yakni ada 2.667 peminat di SBMPTN 2015 dengan peluang masuk sebesar 2,02 %.

Prodi psikologi UNJ merupakan salah satu program studi dibawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan dan mendapat akreditasi B pada SK No: 003/SK/BAN-PT/AkXV/S/I/2013. Prodi yang gedungnya terpisah di Kampus D Halimun, mulai tahun ini akan resmi terpisah dari FIP dan berdiri menjadi sebuah Fakultas Psikologi UNJ.

Ya bagi kamu para calon psikolog handal yang ingin berkarir di dunia pendidikan atau industri, disini tempatnya…

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau biasa kita singkat dengan PGSD merupakan salah satu prodi yang cukup diminati di kampus UNJ. Menempati posisi ke-4 dalam rumpun Soshum di prodi terfavorit dengan total 2.257 pendaftar di SBMPTN 2015 serta peluang masuk sebesar 1,60%. Prodi ini mencetak para pendidik sekolah dasar di profesinya.

Kamu suka dengan dunia anak? Nyaman dengan anak-anak dan ingin berbagi ilmu dengan anak-anak? Prodi ini sangat cocok denganmu. Profesi guru SD sendiri dikenal sebagai profesi yang berprospek bagus untuk kedepannya. Bagaimana tidak, menjadi guru SD saat ini sudah disediakan banyak tunjangan oleh pemerintah seperti tunjangan keluarga dan tunjangan pensiun. Tapi juga jangan terlena dan serta merta melupakan tugasmu untuk mengabdi dan berkarya demi masa depan pendidikan anak bangsa ya…

Prodi yang gedungnya berada di Kampus E Setia Budi ini tidak hanya diarahkan untuk menjadi tenaga pendidik sekolah dasar. Tapi juga sebagai Praktisi Pendidikan di SD yang berperan sebagai pembimbing,  pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara sekolah dasar. Juga serta Peneliti Pemula yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.

Sastra Inggris

Program Studi yang tak kalah bergengsinya di rumpun Soshum yakni Prodi Sastra Inggris. Prodi yang mendapat Akreditasi A pada SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Tahun  2010 menempati posisi ke-5 dengan 1.330 peminat pada SBMPTN 2015 dengan peluang masuk sebesar 1,13%. Jangan heran karena Prodi yang berada dibawah naungan Fakultas Bahasa dan Seni ini memang memiliki segudang prospek kerja

Melalui kompetensi yang dihasilkan, yaitu kemampuan berbahasa Inggris, wawasan sastra dan budaya serta kemampuan analisis yang terasah, berbagai jenis pekerjaan dapat dimenangkan oleh sarjana Sastra Inggris. Beragam jenis industi yang memerlukan lulusan Sastra Inggris adalah pendidikan, media, penerbitan, bisnis dan perkantoran, pariwisata, perbankan, periklanan, juga berbagai posisi di kementerian maupun departemen pemerintahan.

Di era Globalisasi apalagi saat ini kita sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA 2016) kebutuhan pembelajaran bahasa inggris untuk berbagai alasan seperti tuntutan pekerjaan, bisnis, sekolah atau liburan. Oleh karena itu segala bidang terkait.  Kini, dengan berkembangnya industri kreatif dan konten yang luar biasa, kontribusi bahasa Inggris serta wawasan sosial budaya yang mengglobal juga memberikan peluang baik bagi lulusan dari prodi ini.

Itulah lima program studi soshum yang paling diminati di UNJ. Ada yang semakin tertantang untuk menjadi bagian dari mahasiswa UNJ? Saatnya dari sekarang perbanyak belajar dan berdoa, agar Tuhan memberikan program studi yang terbaik untuk kamu.

Baca Juga : 5 Program Studi Saintek Yang Paling Diminati di UNJ

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.