Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang paling bergengsi di tanah air. Total 58 jurusan UI siap menampung mahasiswa baru dengan kuota maksimal mencapai 3.000 orang setiap tahunya melalui jalur SBMPTN.

Dari sekian banyak jurusan atau program studi di UI, beberapa dinilai menjanjikan peluang kerja yang lebih besar. Berikut ini adalah lima belas di antaranya.

Kedokteran

dokter operasi

Program studi kedokteran merupakan jurusan UI paling banyak diminati. Fakultas Kedokteran UI merupakan yang tertua. Berawal sejak masa berdirinya STOVIA dan bertahan hingga kini terakreditasi Peringkat A.

Kurikulum perkuliahan terbagi menjadi tiga tahap, mulai dari pengenalan secara umum (general education), teori dan keilmuan (medical science), dan praktik (clinical practice). Lulusan Kedokteran UI tentu saja berpeluang besar memiliki karir di sektor kesehatan.

Farmasi

Seperti diketahui, Ilmu Farmasi mempelajari tentang obat-obatan dengan segala seluk beluknya.

Farmasi juga mempelajari mengenai ilmu pembuatan obat-obatan, baik dari bahan alami maupun buatan. Bukan hanya itu, jurusan ini pun meneliti keamanan serta efektivitas obat-obatan tersebut ketika digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit.

Studi Gizi

Bidang studi gizi berperan penting dalam rangka meningkatkan indeks kualitas hidup manusia. Lulusannya diharapkan mampu melakukan pengelolaan terhadap program perbaikan gizi bagi masyarakat.

Ilmu yang dipelajari mahasiswa jurusan Studi Gizi pun tak melulu soal kesehatan, tetapi ada kaitannya pula dengan Biologi, Kimia, Ekonomi, Pertanian, hingga Sosial Budaya.

Kesehatan Masyarakat

Prodi Kesehatan Masyarakat berada di bawah naungan fakultas dengan nama yang sama. Jurusan UI yang satu ini cocok bagi mereka yang ingin berkecimpung di dunia kesehatan dalam lingkup administratif.

Misalnya dalam bidang penyuluhan, perencanan, penentuan, dan pengembangan kebijakan, serta pengelolaan program kesehatan, baik di dinas pemerintah maupun instansi swasta.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Inilah Jurusan UI yang tergolong anyar. Jurusan ini baru dibuka pada tahun 2015.

Jurusan K3 masih di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, tetapi khusus mempelajari tentang risiko dan kemungkinan bahaya di lokasi kerja.

Lulusan K3 salah satunya dapat bekerja sebagai konsultan keselamatan kerja bidang konstruksi. Konon gaji bulanannya rata-rata mencapai delapan digit.

Arsitektur

rapat arsitek

Beralih ke rumpun jurusan UI Saintek. Daftar pertama diisi program studi Arsitektur yang dinaungi Fakultas Teknik. Program studi arsitektur ini berhubungan dengan dunia konstruksi dan properti bangunan.

Peluang kerjanya begitu besar mengingat pembangunan infrastruktur masih akan terus berkelanjutan.

Lulusan S1 arsitektur juga memiliki kualifikasi pra-profesional. Guna memperoleh kualifikasi profesi, alumni disyaratkan untu mengikuti prosedur sesuai standar Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Teknik Sipil

Masih berkaitan dengan dunia konstruksi di fakultas yang sama. Apabila arsitek mendesain gambaran sebuah bangunan, perancang, eksekutor, sekaligus pemeliharanya berasal dari Teknik Sipil.

Bidang pekerjaan lulusan Teknik Sipil meliputi konstruksi perumahan, transportasi publik, serta sanitasi. Yang menarik, Teknik Sipil UI telah mengantongi akreditasi A dari ASEAN University Network.

Teknik Elektro

Cakupan ilmu dalam jurusan UI Teknik Elektro meliputi tenaga listrik, kendali, elektronika, serta telekomunikasi. Seperti halnya Teknik Sipil, Prodi Teknik Elektro juga mengantongi dua jenis akreditasi baik lingkup nasional maupun internasional.

Pekerjaan untuk lulusan teknik elektro antara lain karier dalam dunia kelistrikan dan elektronika, telekomunikasi, hingga robotika.

Ilmu Komputer

Prodi Ilmu Komputer UI awalnya merupakan bagian peminatan dari Teknik Elektro. Meski tergolong baru, popularitas program studi ini terus meningkat.

Tidak dapat dimungkiri, Ilmu Komputer sangat berguna dalam menghadapi perubahan zaman.

Beragam posisi seperti analis sistem, manajer IT, pengembang situs web, dan insinyur pemograman telah menunggu para lulusan Ilmu Komputer.

Apalagi di tengah era kekinian, ketika semua bidang industri berlomba-lomba mengalihkan fokusnya ke ranah digital.

Teknik Lingkungan

Salah satu jurusan UI yang paling potensial bagi pencari kerja berikutnya adalah Teknik Lingkungan. Dunia industri membutuhkan peran besar dari mahasiswa lulusan Teknik Lingkungan.

Pasalnya, hampir semua perusahaan dan institusi perlu merencanakan sistem drainase, penyediaan air bersih, dan pengelolaan limbah sebaik mungkin.

Dengan demikian, aktivitas industri tidak berdampak buruk bagi lingkungan, termasuk keberlangsungan hidup masyarakat sekitar.

Teknik Industri

Mahasiswa jurusan Teknik Industri akan ditantang kemampuannya untuk menyusun sistem paling efektif dalam meningkatkan produktivitas industri. Terdengar kompleks? Tepat sekali.

Pasalnya, Teknik Industri memang harus mempelajari segala seluk-beluk dunia industri. Di dalamnya termasuk mengenai sumber daya, peralatan, barang produksi, hingga pemasarannya.

Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi di UI berada dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Perkuliahannya memang ditujukan untuk mencetak tenaga profesional di bidang jurnalisme, komunikasi media, hubungan masyarakat, dan periklanan.

Memanfaatkan berbagai teori dan keilmuan, serta berbagai jenis teknologi pendukung, jurusan UI rumpun Soshum ini belakangan juga makin diminati seiring dengan perkembangan industri digital.

Sastra Inggris

Mata kuliah dalam Program Studi Sastra Inggris UI tidak cuma tentang aspek bahasa, tetapi lebih menyeluruh, yakni mencakup kesusastraan serta kebudayaan masyarakat setempat.

Prospek karir bagi mahasiswa lulusan Sastra Inggris pun cukup luas. Di antaranya meliputi sektor kedinasan seperti Pariwisata, Kedutaan, atau Imigrasi.

Dunia kreatif juga membutuhkan peran serta lulusan Sastra Inggris. Baik sebagai penulis, wartawan, penyunting, maupun penerjemah.

Psikologi

Dunia industri memang belum memanfaatkan mahasiswa lulusan Psikologi secara maksimal.

Salah satu buktinya adalah ketersediaan lowongan kerja bagi lulusan Psikologi yang tergolong standar. Misalnya untuk mengisi posisi HRD (Human Resources Development), perekrut karyawan, atau RND (Research and Development).

Namun, peluang kerja masih terbuka lebar bagi lulusan Psikologi UI. Anda dapat menggeluti bidang penelitian, jurnalisme, periklanan, sosial, pendidikan dan lain sebagainya.

Ilmu Hukum

Biasanya sarjana hukum akan ditempatkan sebagai staf legal, personalia, atau auditor. Di samping itu, Anda pasti telah mengetahui bahwa sarjana hukum dapat berprofesi sebagai pengacara, jaksa, hakim, atau notaris.

Itulah daftar jurusan UI dengan prospek karier yang cemerlang. Namun, perlu diingat bahwa semua jurusan memiliki potensinya masing-masing. Yang terpenting sesuaikan dahulu dengan minat Anda.

Daftar Program Studi & Akreditasi UI

Akreditasi D-III UI

No Strata Program Studi Akreditasi
1 D-III Administrasi Asuransi Dan Aktuaria A
2 D-III Administrasi Perpajakan A
3 D-III Pariwisata A
4 D-III Administrasi Perkantoran Dan Sekretari B
5 D-III Administrasi Keuangan Dan Perbankan A
6 D-III Manajemen Informasi Dan Dokumen A
7 D-III Akuntansi A
8 D-III Hubungan Masyarakat A
9 D-III Perumahsakitan A
10 D-III Fisioterapi B
11 D-III Okupasi Terapi B

Akreditasi Profesi UI

12 Profesi Pendidikan Profesi Akuntansi A
13 Profesi Psikologi Profesi A
14 Profesi Apoteker A
15 Profesi Ners A
16 Profesi Dokter Gigi A
17 Profesi Dokter A

Akreditasi Program Studi S1 UI

18 S1 Akuntansi A
19 S1 Teknik Perkapalan A
20 S1 Teknik Mesin A
21 S1 Teknik Sipil A
22 S1 Sistem Informasi A
23 S1 Teknik Elektro A
24 S1 Teknik Industri A
25 S1 Ilmu Administrasi Negara A
26 S1 Ilmu Administrasi Niaga A
27 S1 Ilmu Administrasi Fiskal A
28 S1 Bisnis Islam B
29 S1 Teknik Kimia A
30 S1 Manajemen A
31 S1 Arsitektur A
32 S1 Kimia A
33 S1 Teknik Komputer A
34 S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial A
35 S1 Ilmu Komputer A
36 S1 Ilmu Komunikasi A
37 S1 Teknik Lingkungan A
38 S1 Kesehatan Lingkungan B
39 S1 Farmasi A
40 S1 Gizi A
41 S1 Sosiologi A
42 S1 Ilmu Hukum A
43 S1 Statistika B
44 S1 Matematika A
45 S1 Ekonomi Islam C
46 S1 Ilmu Filsafat A
47 S1 Antropologi Sosial A
48 S1 Geografi A
49 S1 Geofisika B
50 S1 Kriminologi A
51 S1 Sastra Jepang A
52 S1 Bahasa Dan Kebudayaan Korea A
53 S1 Ilmu Sejarah A
54 S1 Ilmu Perpustakaan A
55 S1 Sastra Inggris A
56 S1 Geologi B
57 S1 Sastra Belanda A
58 S1 Sastra Cina A
59 S1 Arkeologi A
60 S1 Teknologi Bioproses A
61 S1 Sastra Indonesia A
62 S1 Sastra Rusia A
63 S1 Arsitektur Interior A
64 S1 Sastra Jerman A
65 S1 Sastra Arab A
66 S1 Teknik Metalurgi Dan Material A
67 S1 Fisika A
68 S1 Sastra Perancis A
69 S1 Sastra Jawa A
70 S1 Biologi A
71 S1 Psikologi A
72 S1 Ilmu Politik A
73 S1 Ilmu Hubungan Internasional A
74 S1 Ilmu Aktuaria B
75 S1 Ilmu Ekonomi A
76 S1 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja B
77 S1 Kesehatan Masyarakat A
78 S1 Keperawatan A
79 S1 Kedokteran Gigi A
80 S1 Kedokteran A

Akreditasi Program Studi S2 UI

81 S2 Ilmu Hubungan Internasional A
82 S2 Kajian Terorisme Dalam Keamanan Internasional A
83 S2 Psikologi A
84 S2 Ilmu Akuntansi A
85 S2 Kajian Wilayah Jepang A
86 S2 Biologi A
87 S2 Ilmu Kajian Lingkungan A
88 S2 Kenotariatan A
89 S2 Ilmu Komunikasi A
90 S2 Ilmu Kedokteran Gigi Dasar B
91 S2 Psikologi Terapan B
92 S2 Teknologi Informasi A
93 S2 Kajian Kependudukan & Ketenagaan Kerja A
94 S2 Magister Manajemen A
95 S2 Kajian Pengembangan Perkotaan A
96 S2 Ilmu Komputer A
97 S2 Ilmu Manajemen A
98 S2 Teknik Sipil A
99 S2 Farmasi A
100 S2 Teknik Kimia A
101 S2 Ilmu Ekonomi A
102 S2 Sosiologi A
103 S2 Ilmu Kelautan B
104 S2 Ilmu Politik A
105 S2 Matematika B
106 S2 Pendidikan Kedokteran A
107 S2 Asia Tenggara Magister B
108 S2 Kriminologi B
109 S2 Kajian Wilayah Timur Tengah Islam A
110 S2 Teknik Industri A
111 S2 Ilmu Kimia A
112 S2 Ilmu Perpustakaan A
113 S2 Teknik Mesin A
114 S2 Ilmu Hukum A
115 S2 Magister Akuntansi A
116 S2 Perencanaan Dan Kebijakan Publik A
117 S2 Geografi A
118 S2 Arsitektur A
119 S2 Ilmu Material A
120 S2 Ilmu Linguistik A
121 S2 Ilmu Administrasi A
122 S2 Ilmu Filsafat A
123 S2 Ilmu Susastra A
124 S2 Teknik Elektro A
125 S2 Teknologi Biomedis B
126 S2 Kajian Wilayah Amerika A
127 S2 Arkeologi A
128 S2 Ilmu Antropologi A
129 S2 Kajian Ilmu Kepolisian A
130 S2 Teknik Metalurgi Dan Material A
131 S2 Ilmu Fisika A
132 S2 Ilmu Gizi A
133 S2 Kedokteran Kerja\u00a0 A
134 S2 Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas A
135 S2 Herbal A
136 S2 Ilmu Biomedik A
137 S2 Kajian Administrasi Rumah Sakit A
138 S2 Epidemiologi A
139 S2 Ilmu Keperawatan A
140 S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat A
141 S2 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja A

Akreditasi Program Studi S3 UI

142 S3 Ilmu Komunikasi A
143 S3 Psikologi A
144 S3 Antropologi A
145 S3 Sosiologi A
146 S3 Ilmu Filsafat B
147 S3 Kriminologi A
148 S3 Ilmu Hukum A
149 S3 Ilmu Kimia A
150 S3 Ilmu Lingkungan A
151 S3 Ilmu Akuntansi A
152 S3 Ilmu Politik A
153 S3 Teknik Kimia A
154 S3 Ilmu Farmasi B
155 S3 Epidemiologi A
156 S3 Ilmu Komputer A
157 S3 Teknik Metalurgi Dan Material A
158 S3 Teknik Industri B
159 S3 Ilmu Susastra A
160 S3 Ilmu Teknik Mesin A
161 S3 Ilmu Biomedik A
162 S3 Ilmu Gizi A
163 S3 Biologi B
164 S3 Arsitektur A
165 S3 Teknik Sipil A
166 S3 Ilmu Kesejahteraan Sosial A
167 S3 Ilmu Bahan-bahan A
168 S3 Ilmu Linguistik A
169 S3 Ilmu Manajemen A
170 S3 Arkeologi A
171 S3 Teknik Elektro A
172 S3 Ilmu Administrasi A
173 S3 Ilmu Sejarah A
174 S3 Ilmu Ekonomi A
175 S3 Ilmu Kedokteran A
176 S3 Ilmu Keperawatan A
177 S3 Ilmu Kedokteran Gigi A
178 S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat A

Akreditasi Program Spesialis UI

179 Spesialis Ilmu Konservasi Gigi A
180 Spesialis Periodonsia A
181 Spesialis Prostodonsia A
182 Spesialis Obstetri Dan Ginekologi A
183 Spesialis Ilmu Penyakit Dalam A
184 Spesialis Patologi Anatomik A
185 Spesialis Radiologi A
186 Spesialis Ilmu Bedah A
187 Spesialis Ilmu Penyakit Jantung A
188 Spesialis Anestesiologi A
189 Spesialis Psikiatri A
190 Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular A
191 Spesialis Ilmu Kesehatan Anak A
192 Spesialis Ilmu Penyakit Mata A
193 Spesialis Ilmu Bedah Orthopaedi A
194 Spesialis Ilmu Kesehatan Kulit Dan Kelamin A
195 Spesialis Ilmu Penyakit Telinga, Hidung Dan Tenggorok A
196 Spesialis Ortodonsia A
197 Spesialis Keperawatan Maternitas A
198 Spesialis Rehabilitasi Medik A
199 Spesialis Patologi Klinik A
200 Spesialis Mikrobiologi Klinik A
201 Spesialis Ilmu Penyakit Syaraf A
202 Spesialis Onkologi Radiasi B
203 Spesialis Kedokteran Okupasi B
204 Spesialis Keperawatan Anak A
205 Spesialis Keperawatan Komunitas A
206 Spesialis Parasitologi Klinik A
207 Spesialis Ilmu Bedah Plastik A
208 Spesialis Ilmu Kedokteran Forensik A
209 Spesialis Ilmu Kedokteran Olahraga B
210 Spesialis Farmakologi Klinik A
211 Spesialis Ilmu Gizi Klinik A
212 Spesialis Ilmu Penyakit Mulut A
213 Spesialis Ilmu Bedah Mulut A
214 Spesialis Keperawatan Jiwa\u00a0 A
215 Spesialis Urologi A
216 Spesialis Ilmu Kesehatan Gigi Anak A
217 Spesialis Keperawatan Medikal Bedah A
218 Spesialis Akupunktur Medik A
219 Spesialis Ilmu Bedah Saraf A
220 Spesialis Kedokteran Penerbangan B
221 Spesialis Ilmu Penyakit Paru A

Sumber:
www.ui.ac.id/