Geografi merupakan salah satu cabang ilmu yang banyak dipelajari di dunia karena, geografi merupakan ilmu yang mempelajari segala aktifitas manusia dan alam serta interaksinya melalui perspektif ruang hingga terbentuk pola ruang tertentu. Para sarjana, praktisi, atau penulis di bidang geografi disebut geograf atau geografer. Dalam ilmu geografi, kamu akan dibekali dengan kemampuan untuk memahami perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah termasuk penguasaan teknologi sistem informasi geografis.

Di Universitas Negeri Jakarta telah terdapat Program Studi Pendidikan Geografi yang lulusannya akan memiliki gelar S.Pd dan dipersiapkan sebagai pengajar SMP dan SMA yang ahli dalam bidang kegeografian. Pada tahun ini, Universitas Negeri Jakarta telah mengajukan proposalnya ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk membuka program studi baru antaralain S1 Geografi dan S2 Pendidikan Geografi.

“Untuk Geografi Murni proposalnya sudah disetujui, kemungkinan tahun 2021 sudah bisa menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan PENMABA. Kalau S2 Pendidikan Geografi masih dalam proses penilaian kurikulum, sarana prasarana, dan sebagainya” ujar Bapak Dr. Aris Munandar, S.Pd, M.Si selaku Koordinator Prodi Pendidikan Geografi saat diwawancarai oleh Tim Redaksi UNJKita.

Mata Kuliah

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui saat kuliah di jurusan geografi baik di geografi murni maupun di Pendidikan geografi adalah Geomorfologi, Oceanografi, Hidrologi, Meteorologi/Klimatologi Geografi Budaya, Geografi Pariwisata, Geografi Regional, Kartografi, Sistem Informasi Geografi, dan masih banyak lagi pelajaran menarik yang akan kamu dapatkan. Selain mempelajari geografi secara teori, kamu juga akan melakukan Praktik Kuliah Lapangan dimana kamu akan mempraktikan ilmu geografi yang telah kamu dapatkan dikelas secara langsung di lapangan.

Tentunya terdapat perbedaan mata kuliah antara S1 Geografi dengan S1 Pendidikan Geografi yaitu, tidak adanya Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) seperti, mata kuliah Landasan Kependidikan, Perkembangan Peserta Didik, Teori Belajar dan Pembelajaran di S1 Geografi, serta terdapat mata kuliah yang dipelajari lebih mendalam lagi di geografi murni seperti adanya mata kuliah SIG 1 dan SIG 2, sementara di S1 Pendidikan Geografi hanya terdapat satu mata kuliah SIG yang mempelajari tentang penggunaan SIG dalam geografi dan dalam pembelajaran geografi tanpa mempelajari keteknikannya secara mendalam.

Peluang Karir

Setelah lulus, mahasiswa S1 Geografi akan menyandang gelar S. Geo. Sebagai lulusan geografi murni, kamu akan dipersiapkan menjadi geografer yang memiliki pemahaman penerapan perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah, termasuk dalam hal penguasaan teknologi sistem informasi geografis.
Prospek kerja untuk lulusan S1 Geografi sangat banyak. Hampir semua bidang membutuhkan ahli geografi seperti di Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Informasi Geospasial, Badan Pusat Statistik, dan perusahaan lainnya yang berhubungan dengan tataruang, pemetaan, dan sebagainya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Jurusan & Program Studi di Universitas Negeri Jakarta

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)