Jenjang perkuliahan tentunya memengaruhi karier seseorang di masa depan. Jika Anda sedang bersiap memasuki dunia kampus, menentukan bidang kuliah merupakan hal yang krusial. Kali ini, kami akan memaparkan beragam prospek kerja psikologi.

Sebelum membahas peluang kerja lulusan psikologi, Anda sebaiknya perlu mengetahui tentang jurusan tersebut secara mendalam. Yuk, simak penjelasan kami selengkapnya!

Apa itu Psikologi?

https://www.yu.edu/sites/default/files/psychology-881350654.jpg

Jurusan psikologi adalah program studi (prodi) yang mempelajari mengenai pikiran, perilaku, dan mental manusia. Dengan memilih disiplin ilmu ini, Anda akan bisa meneliti motif atas tindakan tersebut.

Ilmu psikologi diaplikasikan untuk memecahkan sejumlah permasalahan dalam kehidupan manusia yang kompleks. Di beberapa universitas, jurusan ini masuk klaster soshum. Namun, perguruan tinggi lainnya menggolongkan psikologi sebagai bagian dari rumpun saintek.

Syarat Masuk Jurusan Psikologi yang Perlu Anda Ketahui

https://www.georgetown.edu/wp-content/uploads/2019/09/20190828_FirstDay_NingLeng-_McCourt-45110optimized-2000×1500-c-default.jpg

Sebelum beralih ke prospek kerja psikologi, ada beberapa ketentuan yang mesti Anda penuhi. Apa saja ketentuannya?

  • Tertarik dengan prodi psikologi. Pastikan Anda mempunyai keingintahuan yang tinggi tentang jurusan tersebut agar serius menjalani perkuliahan.
  • Senang mengobservasi dan menganalisis. Kedua kemampuan ini sangat dibutuhkan ketika Anda melakukan penelitian nantinya.
  • Memiliki keterampilan interpersonal dan mengatasi masalah. Tanpa kemampuan-kemampuan tersebut, mahasiswa psikologi akan mengalami kesulitan saat terjun langsung dalam kehidupan masyarakat.

15 Prospek Kerja Psikologi yang Begitu Menjanjikan

Tidak bisa dimungkiri, psikologi merupakan salah satu prodi yang diminati di Indonesia. Pilihan karier untuk lulusan jurusan tersebut pun beragam.

Prospek kerja psikologi memang sangatlah luas. Kemampuan untuk menganalisis kepribadian dan tingkah laku manusia dibutuhkan di dunia industri.

Bahkan banyak perusahaan dan lembaga pemerintahan menawarkan gaji yang kompetitif. Inilah beberapa prospek kerja psikologi untuk Anda pertimbangkan.

Psikolog Forensik

Tertarik dengan hukum dan penyelidikan kriminal? Jika iya, Anda bisa menapaki karier sebagai seorang psikolog forensik.

Anda akan diminta bekerja sama dengan pihak kepolisian dan penegak hukum untuk menginvestigasi kasus kejahatan. Selain itu, psikolog forensik harus menganalisis pola pikir pelaku kriminal.

Tugas psikolog forensik lainnya adalah menilai pelaku kriminal untuk mengetahui risiko terjadinya pengulangan pelanggaran. Anda juga harus mengembangkan profil si penjahat.

Dosen

Berbicara mengenai prospek kerja psikologi, pastinya Anda tidak asing dengan profesi dosen. Pekerjaan ini sangat cocok untuk seseorang yang senang mengajar.

Dosen psikologi setidaknya harus mendapatkan gelar magister. Namun, beberapa kampus mewajibkan syarat pendidikan doktor.

Psikolog Teknik

Seorang psikolog teknik bertugas merancang lingkungan kerja, produk, dan teknologi agar dapat meningkatkan kemampuan manusia. Desain yang dibuat tentunya harus bisa digunakan secara aman.

Anda akan mengaplikasikan prinsip psikologis untuk mengatasi masalah konkret. Intinya, psikolog teknik bekerja menciptakan sistem yang lebih andal dan ramah pengguna. Tujuannya yaitu memperbaiki kehidupan manusia dan meminimalisasi risiko kecelakaan.

Terapis Okupasi

Salah satu dari sekian banyaknya prospek kerja psikologi adalah menjadi terapis okupasi. Anda berperan dalam membantu dan merawat pasien yang mengalami cacat, sakit, atau cedera.

Terapis okupasi memulihkan dan meningkatkan kemampuan pasien untuk menjalankan tugas maupun bekerja sehari-hari. Nantinya, Anda juga akan mengajarkan cara memakai peralatan tertentu, misalnya penyangga kaki atau kursi roda.

Di samping membantu pasien lebih mandiri, terapis okupasi bisa melakukan intervensi dini pada balita dan bayi. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah keterlambatan perkembangan.

Manajer Sumber Daya Manusia

Prospek kerja psikologi terbuka lebar untuk Anda yang memiliki pengalaman lebih. Pekerjaan ini sendiri dibutuhkan di perusahaan swasta dan institusi pemerintahan.

Seorang manajer sumber daya manusia akan mewawancarai, merekrut, dan mengatasi masalah yang berhubungan dengan keluhan pekerjaan. Di samping itu, Anda dan atasan akan berdiskusi terkait rencana strategis yang berhubungan dengan SDM.

Psikolog Sekolah

Suka dunia pendidikan? Jika iya, jangan ragu berkarier sebagai psikolog sekolah. Anda akan bertugas mendukung kemampuan siswa dan guru di dalam kegiatan pendidikan.

Psikolog sekolah dituntut bisa bekerja sama dengan orang tua, guru, dan pengurus sekolah demi menciptakan ruang belajar yang kondusif. Tujuannya adalah agar siswa dapat sukses dari segi akademis, emosional, dan sosial.

Psikolog Penerbangan

Meskipun kurang populer, prospek kerja psikologi yang satu ini menggiurkan lho. Peran Anda adalah memberikan konseling pada pilot maskapai maupun staf penerbangan.

Psikolog penerbangan membantu memastikan ketenangan kru maskapai. Anda pun harus sigap menolong para korban apabila terjadi bencana dan ancaman teror.

Psikolog Militer

Ingin bekerja untuk bidang pertahanan negara? Anda sebaiknya memilih berkarier sebagai seorang psikolog militer.

Tugas utama psikolog militer yaitu memberikan layanan konseling kepada kru pesawat tempur. Selain itu, Anda akan diminta menangani trauma pasca pertempuran.

Peneliti Pasar

Sedang mencari prospek kerja psikologi? Anda perlu mempertimbangkan profesi peneliti pasar. Pekerjaan ini dibutuhkan oleh perusahaan, organisasi nirlaba, dan pemerintahan.

Klien akan menugaskan peneliti pasar untuk menghimpun dan menganalisis data. Dari hasil penelitian tersebut, Anda membuat laporan supaya memudahkan pengambilan keputusan.

Psikolog Klinis

https://www.psychology.org/app/uploads/2020/08/GettyImages-1207514166.jpg

Psikolog klinis dapat memberikan jasa konseling pada klien secara langsung. Seseorang yang mengambil profesi ini umumnya ahli dalam membuat pengukuran psikologis.

Anda akan mengidentifikasi masalah mental klien. Tidak hanya itu, psikolog klinis perlu merancang rencana perawatan yang jelas dan terukur.

Psikolog Konsumen

Anda akan diminta memahami pola dan perilaku belanja market. Psikolog konsumen juga turut membantu dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif.

Tidak hanya itu, Anda ditugaskan mempelajari alasan mengapa konsumen memilih jasa atau barang tersebut. Profesi ini dituntut mampu melihat korelasi antara perilaku belanja dengan latar belakang pembeli.

Konselor Kesehatan Mental

Prospek kerja psikologi tidaklah sempit. Anda bisa bekerja sebagai seorang konselor yang bertugas memberikan layanan konseling, dukungan, dan rehabilitasi dalam suatu komunitas.

Konselor dapat ditempatkan di instansi pendidikan, lembaga hukum, maupun rumah sakit. Anda juga akan menghadapi orang-orang dengan aneka permasalahan mental.

Psikolog Organisasi Industri

Seorang psikolog organisasi industri fokus bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja. Anda juga harus mengatasi masalah terkait kesejahteraan mental maupun fisik para karyawan.

Psikolog organisasi industri umumnya memberikan pelatihan kepemimpinan. Pada dasarnya, tujuan pekerjaan ini adalah mempelajari tingkah laku pekerja.

Neuropsikolog

Profesi yang satu ini berbeda dengan psikolog-psikolog sebelumnya. Anda akan memahami kaitan antara perilaku manusia dan gangguan pada sistem saraf maupun otak.

Seorang neuropsikolog berperan merawat orang yang kesulitan berkonsentrasi dan mengalami demensia. Tugas penting lainnya adalah membantu pasien pengidap penyakit tertentu seperti Parkinson.

Psikolog Olahraga

Psikolog olahraga berperan mendorong kinerja atlet, pelatih dan wasit. Tidak sampai di situ saja, Anda akan menelaah pengaruh psikologi pada performa mereka.

Tujuan bidang pekerjaan ini adalah mempersiapkan mental segenap profesional olahraga saat pelatihan dan pertandingan. Anda juga harus memotivasi atlet agar mampu mengatasi konsekuensi dari cedera.

Banyak orang menganggap profesi ini khusus untuk kalangan profesional. Padahal, Anda pun bertugas meningkatkan partisipasi masyarakat dalam olahraga.

Nah, itulah beberapa prospek kerja psikologi. Semoga pembahasan dari kami mampu menjawab kebingungan Anda. Sekarang, saatnya Anda mempersiapkan karier demi masa depan yang gemilang.

Sumber:

elevenia.co.id