Anda ingin berkuliah dan memilih jurusan di ITS Surbaya Jawa Timur? Jika benar, Anda patut mempertimbangkan peluang kerja dari setiap program studi yang akan dipilih.

Ini penting, sebab prospek karir cemerlang dapat menjamin kesuksesan masa depan Anda. Informasi Universitas Lainya dapat kamu akses di kategori  Kampus > Jurusan.

Sekilas tentang Institut Teknologi Surabaya

tugu pahlawan surabaya jawa timur free photo

Institut Teknologi Sepuluh November adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berpusat di Kota Surabaya serta menduduki peringkat empat terbaik se-Indonesia versi Kemendikti, dan urutan ke-11 versi QS Asian University Rankings.

Pendirian ITS Surabaya diprakarsai oleh Ir. Soendjasmono pada tahun 1954. Sejak awal kampus ini lebih fokus ke pendidikan teknik.

Dalam perjalanannya, ITS memperluas cakupan hingga ke ranah ilmu murni di bidang sains dan teknologi. Kini, ITS menyediakan banyak pilihan program studi untuk berbagai jenjang.

Mulai dari Diploma, Sarjana, Magister, Doktoral, Kuliah Terapan, sampai Kuliah Online guna menyesuaikan diri dengan tantangan zaman.

Daftar Jurusan di ITS dan Peluang Kerjanya

blueprints house plans architecture free photo Nah, artikel kali ini secara khusus akan menguraikan jurusan di ITS jenjang sarjana. Program sarjana difasilitasi oleh enam fakultas dengan 32 jurusan.

Anda dapat menyimak daftar fakultas dan jurusan di ITS Surabaya yang dimaksud pada uraian di bawah ini.

Fakultas Sains dan Analitika Data

Fakultas pertama merupakan gabungan dari Fakultas Sains/Ilmu Alam dengan Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data.

FSAD yang terakreditasi A, membawahi enam prodi S1, yaitu Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Statistika, dan Aktuaria.

Prospek kerja lulusan Fakultas Sains dan Analitika Data cukup bervariasi. Lulusan Biologi, Fisika, dan Kimia dapat tetap berkarir di ranah keilmuan, baik sebagai staf pengajar maupun peneliti, juga sebagai konsultan dalam bidang tersebut.

Jurusan di ITS lainnya, seperti Matematika dan Aktuaria memiliki prospek besar di bidang keuangan, perbankan, dan lembaga statistika.

Lulusan Statistika dapat bekerja di startup digital, sebagai pengolah data, auditor, atau analis sistem.

Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem

Salah satu fakultas tertua di Institut Teknologi Sepuluh November, berdampingan dengan Fakultas Teknik.

Awalnya bernama Fakultas Teknologi Industri sebelum mengalami perubahan pada tahun 2020.

Jurusan di ITS yang tersedia di Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem, antara lain Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Fisika, serta Teknik Material dan Metalurgi.

Peluang kerja bagi mahasiswa fakultas ini terbuka luas. Lulusannya dapat bekerja di berbagai macam sektor, seperti lembaga pendidikan dan penelitian, industri manufaktur, pertambangan, energi, otomotif, sampai pengolahan bahan makanan.

Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian

Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Teknik Geofisika, dan Perencanaan Wilayah Kota merupakan enam jurusan di ITS yang dinaungi oleh Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian.

FTSPK telah terakreditasi peringkat A, demikian pula dengan setiap departemen program studi S1 yang dibawahinya.

Ini berarti perkuliahan di FTSPK ITS telah terjamin mutunya, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang juga berkualitas.

Beberapa bidang yang cocok bagi para alumni FTSPK, antara lain proyek arsitektur dan konstruksi, rekayasa transportasi, sistem air minum, pengolahan limbah, pengelolaan lingkungan, eksplorasi dan pertambangan, pertanahan, hingga perencanaan tata kota.

construction site build free photo

Fakultas Teknologi Kelautan

Cikal bakal Fakultas Teknik Kelautan berawal dari pembentukan Fakultas Teknik Perkapalan pada tahun 1960.

Itu adalah tahun di mana Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) Surabaya berganti nama menjadi Institut Teknologi Sepuluh November.

FTK ITS membawahi empat jurusan secara spesifik dalam ranah kemaritiman. Jurusan di ITS yang dimaksud, antara lain Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Teknik Transportasi Laut.

Mahasiswa lulusan Fakultas Teknik Kelautan memiliki banyak opsi karir. Terutama di bidang desain, konstruksi, dan produksi kapal.

Terdapat pula pilihan karir di bidang sistem transportasi laut, seperti manajemen pelabuhan, logistik, dan pelayaran, serta pembangunan di lepas pantai.

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas

Sebutannya sering disingkat menjadi FT-EIC, merupakan hasil merger antara Fakultas Elektro dengan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Fakultas ini didirikan demi menjawab tantangan zaman, khususnya menghadapi revolusi industri digital 4.0.

Saat ini, Fakultas Teknologi EIC ITS menyediakan enam pilihan program studi sarjana Strata-1.

Jurusan di ITS di bawah naungannya, yaitu Teknik Elektro, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Biomedik, serta Teknologi Informasi.

Banyak perusahaan teknologi dan komunikasi digital membutuhkan sarjana Teknik Informatika dan Komputer, serta Sistem dan Teknologi Informasi.

Jadi, peluang karir untuk lulusan keempat jurusan di ITS tersebut relatif besar. Hampir sama dengan lulusan Teknik Elektro.

Sistem kelistrikan dan elektronika ada di hampir seluruh bidang industri. Sementara Teknik Biomedis akan dibutuhkan instansi kesehatan untuk dapat menyelenggarakan sistem layanan yang paling efisien.

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital

Fakultas yang disebut pula dengan CreaBiz ini juga tergolong baru. Jurusan di ITS yang tersedia di fakultas ini, antara lain Manajemen Teknologi, Manajemen Bisnis, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Studi Pembangunan.

Mahasiswa CreaBiz memiliki cakupan prospek karir yang luas. Sebagai contoh untuk jurusan desain, lulusannya dapat bekerja di berbagai bidang kreatif yang ada, seperti arsitektur, periklanan, startup, hingga perusahaan manufaktur.

Berbicara tentang mahasiswa jurusan manajemen bisnis dan teknologi, mereka dapat merintis usaha sendiri, meski peluang kerja di jajaran manajemen perusahaan juga masih terbuka lebar.

Untuk jurusan Studi Pembangunan, lulusannya diharapkan dapat berkontribusi serta berperan aktif dalam berbagai program pembangunan.

Ini berarti mahasiswa Studi Pembangunan dapat bekerja di lembaga pemerintah atau swasta.

Setelah melihat daftar di atas, kini Anda mengetahui bahwa terdapat 26 prodi rumpun saintek dan enam jurusan di ITS soshum.

Lalu, sudahkah Anda menentukan pilihan ingin masuk jurusan apa?

Jurusan Favorit di ITS

library books reading free photo Jika belum, maka berikut ini kami juga akan menyajikan informasi tentang jurusan favorit di ITS.

Semua jurusan yang paling banyak diminati tersebut berada di rumpun saintek, berikut lima di antaranya.

  • Teknik Informatika

Inilah jurusan di ITS yang paling difavoritkan calon mahasiswa. Seperti diketahui, jurusan Teknik Informatika menggeluti dunia komputer dan pemrograman.

Jumlah peminatnya lebih dari seribu orang yang memperebutkan jatah kursi sebanyak 91 saja.

  • Teknik Elektro
    Di sini, mahasiswa akan belajar tentang aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnet.

Pada tahun 2020 lalu, jumlah peminat jurusan Teknik Elektro sebanyak 660 orang dengan daya tampung hanya 88 kursi.

Jurusan favorit di ITS berikutnya yaitu SI (Sistem Informasi).

  • Sistem Informasi

Bukan suatu kejutan jika 54 kursi di prodi ini diperebutkan oleh 656 calon mahasiswa.

Program studi yang paling banyak menyumbang prestasi di ITS salah satunya adalah Sistem Informasi.

Nama besarnya membuat para lulusan dari jurusan ini mudah memperoleh pekerjaan.

  • Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil hanya memiliki daya tampung sebanyak 61 kursi dengan jumlah peminat mencapai 644 orang.

Prodi ini menawarkan banyak pilihan fokus keahlian, mulai dari manajemen konstruksi, sumber daya air, sampai rekayasa transportasi.

  • Teknik Mesin

Jurusan favorit di ITS yang kelima adalah Teknik Mesin. Cakupan pembelajarannya, meliputi konversi energi, desain, produksi mesin, dan metalurgi.

Prodi Teknik Mesin tahun lalu diincar oleh 641 pendaftar, sementara kapasitasnya cuma 61 kursi.

Menimbang daya tampung ITS pada tahun 2021 sebesar 1.194 kursi, maka Anda perlu mempersiapkan diri untuk setidaknya dapat merebut satu kursi.

Jadi, sebaiknya pilihlah jurusan di ITS yang sesuai dengan minat, potensi, dan prospek kerja yang diinginkan.

Referensi:
www.its.ac.id