Sebentar lagi proses penerimaan mahasiswa baru akan segera bergulir. Jika berminat untuk berkuliah di Universitas Brawijaya, artikel berikut akan memaparkan daftar jurusan di UB berikut status akreditasinya masing-masing.

Jurusan di UB Jenjang Sarjana (S1) dan Status Akreditasi Terbarunya

woman carrying white and green textbook

Penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 diselenggarakan oleh 15 fakultas di UB. Kampus yang berpusat di Malang ini juga baru saja membuka dua program studi baru, yaitu Aktuaria dan Kehutanan, dengan kuota sebanyak 60 – 80 mahasiswa.

  1. Fakultas Hukum
    FH UB hanya menyediakan satu program studi untuk jenjang S1, yaitu Ilmu Hukum. Sedangkan tiga prodi lainnya diperuntukkan bagi jenjang magister dan doktoral. Meski demikian, jurusan Ilmu Hukum UB telah memiliki sertifikat akreditasi peringkat A.
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Para peminat bidang ekonomi dapat memilih salah satu dari tiga jurusan di FEB untuk program sarjana S1, antara lain Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen. Ketiga-tiganya sudah mengantongi status akreditasi A dari BAN-PT.
  3. Fakultas Ilmu Administrasi
    Fakultas ini menaungi enam program studi, yaitu Ilmu Administrasi Bisnis/Niaga (akreditasi A), Perpajakan (A), Pariwisata (B), Ilmu Administrasi Negara/Publik, Ilmu Perpustakaan (A), dan Administrasi Pendidikan (B).
  4. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
    Pilihan jurusan yang tersedia di FPIK UB, antara lain Agrobisnis Perikanan (A), Budidaya Perairan (A), Ilmu Kelautan (A), Manajemen Sumberdaya Perairan (A), Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (A), dan Teknologi Hasil Perikanan (A).

Fakultas Perikanan UB juga menyelenggarakan Program Kuliah di Luar Kampus Utama (PSDKU) untuk dua jurusan lain, yaitu Akuakultur dan Sosial Ekonomi Perikanan. Bertempat di UB kampus 3 di Jl. Pringgodani, Mojoroto, Kediri.

  1. Fakultas Pertanian
    Jurusan di Universitas Brawijaya yang terdapat di fakultas ini adalah Agribisnis dan Agroekoteknologi.

Keduanya telah terakreditasi A dan memiliki program PSDKU di kampus UB Kediri. Khusus untuk jurusan Kehutanan yang baru dibentuk, status akreditasinya masih dalam tahap pengajuan.

  1. Fakultas Teknologi Pertanian
    Terdapat enam program studi di Fakultas Teknologi Pertanian, di antaranya Teknik Pertanian (A), Ilmu dan Teknologi Pangan (A), Teknologi Industri Pertanian (A), Teknik Lingkungan (A), Bioteknologi (A), dan Teknologi Bioproses (C).
  2. Fakultas Peternakan
    Satu-satunya jurusan di UB Fakultas Peternakan adalah program studi Peternakan dan telah mengantongi akreditasi peringkat A.

Seperti halnya Fakultas Pertanian, FAPET juga menyelenggarakan program PSDKU jurusan Peternakan di kampus UB Kediri.

  1. Fakultas Ilmu Komputer
    FILKOM UB memfokuskan kegiatan pendidikan untuk jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer (B), Sistem Informasi (A), Teknologi Informasi (B), dan Pendidikan Teknologi Informasi (C). Beberapa di antaranya merupakan jurusan di UB yang sepi peminat.

person writing on brown wooden table near white ceramic mug

  1. Fakultas Teknik
    Program studi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Pengairan, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Arsitektur berada di bawah naungan Fakultas Teknik UB.

Total terdapat delapan jurusan di fakultas tersebut. Semua program studi di FT UB telah memiliki status akreditasi A, kecuali satu, yaitu Teknik Kimia yang masih berperingkat B.

  1. Fakultas MIPA
    Fakultas MIPA menaungi tujuh program studi, yakni Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Statistika, Teknik Geofisika, Instrumentasi, dan yang terbaru, Aktuaria. Tiga prodi yang disebutkan terakhir belum terakreditasi A seperti yang lainnya.
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Program studi dengan status akreditasi A di fakultas ini adalah Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan.

Sementara itu, jurusan Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Sosiologi, dan Psikologi baru memiliki peringkat B.

  1. Fakultas Ilmu Budaya
    Total terdapat sembilan jurusan di FIB, meliputi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang, Bahasa dan Sastra Prancis, Sastra Inggris, Sastra Cina, Sastra Jepang, Antropologi, dan Seni Rupa Murni.

Sebagian besar jurusan di FIB UB masih mengantongi akreditasi peringkat B. Sejauh ini, baru dua prodi yang telah memperoleh akreditasi A, yaitu Sastra Inggris dan Sastra Jepang.

jurusan di UB

  1. Fakultas Kedokteran
    Salah satu fakultas paling favorit di Universitas Brawijaya adalah Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran menyelenggarakan perkuliahan untuk lima program studi, antara lain Kedokteran (A), Ilmu Keperawatan (A), Ilmu Gizi (A), Farmasi (B), dan Kebidanan (A).
  2. Fakultas Kedokteran Hewan
    Hanya terdapat satu program studi jenjang S1 di FKH UB, yaitu Pendidikan Kedokteran Hewan yang memiliki peringkat akreditasi B.

Kegiatan perkuliahannya sendiri berpusat di UB kampus 2 Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

  1. Fakultas Kedokteran Gigi
    Demikian pula dengan Fakultas Kedokteran Gigi yang hanyaa menyelenggarakan program studi Kedokteran Gigi untuk S1. Jurusan di UB tersebut baru saja mengantongi sertifikat akreditasi A pada tahun 2020 lalu.

Info Universitas Brawijaya Program Studi Diploma

woman writing on book

Universitas Brawijaya juga menyelenggarakan kegiatan kuliah untuk program Diploma. Program Pendidikan Vokasi berkonsentrasi pada penguasaan mahasiswa terhadap keterampilan dalam keahlian dan ilmu terapan tertentu.

Berikut adalah daftar disiplin ilmu di UB jenjang D3 dan D4.

  1. Program Studi D3

Ada enam program studi D3 yang tersedia di Universitas Brawijaya, di antaranya Perpajakan, Usaha Perjalanan Wisata, Kesekretariatan, Keuangan dan Perbankan, Manajemen Informatika, dan Teknik Komputer.

Mengenai status akreditasi, jurusan di UB D3 Perpajakan dan Kesekretariatan telah mengantongi sertifikat A.

Sementara Usaha Perjalanan Wisata beserta Keuangan dan Perbankan terakreditasi B. Sedangkan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer baru terakreditasi peringkat C.

  1. Program Studi D4

Program studi untuk Diploma 4 atau sarjana terapan, meliputi jurusan Manajemen Perhotelan dan jurusan Desain Grafis.

Masing-masing jurusan di UB program D4 tersebut telah mendapatkan penilaian berupa sertifikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Antara Diploma atau Sarjana, Sebaiknya Pilih yang Mana?

man with backpack beside a books

Kalau Anda sempat membaca UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, di dalamnya memuat tentang perbedaan antara program pendidikan akademik (sarjana) dan pendidikan vokasi (diploma).

Berdasarkan Undang-undang, pendidikan akademik difokuskan pada kemampuan penguasaan dan pengembangan cabang iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi).

Sedangkan pendidikan vokasi lebih kepada mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja sesuai dengan keahlian dalam bidang ilmu terapan tertentu.

Melihat perbedaan tersebut, lalu manakah jurusan di UB yang lebih layak dipilih? Apakah program diploma atau sarjana?

Tidak ada rumus pasti, karena itu bergantung pada prioritas masing-masing. Tapi sebagai pertimbangan, silakan menyimak poin-poin berikut.

  • Jumlah peminat program sarjana jauh lebih banyak daripada diploma. Ini berarti peluang Anda untuk diterima di kampus favorit juga cukup tipis, karena persaingan yang relatif ketat.
  • Kegiatan perkuliahan program diploma cenderung menitikberatkan pada praktik untuk meningkatkan keahlian. Sementara program sarjana kebanyakan bersifat teori, dengan porsi kuliah praktik yang lebih sedikit.
  • Masa studi program diploma lebih singkat daripada sarjana, tergantung apakah Anda memilih jenjang D1, D2, D3, atau D4. Program sarjana hanya dapat diselesaikan minimal dalam waktu 3,5 tahun.
  • Program Diploma merupakan jalan pintas untuk memperoleh keterampilan tertentu yang berguna di dunia kerja. Sedangkan program sarjana bisa menjadi langkah awal untuk mendalami suatu bidang ilmu dan mengembangkannya ke tingkat yang lebih tinggi.
  • Peluang kerja diploma dan sarjana hampir sama. Belakangan telah banyak perusahaan yang lebih mengutamakan keahlian dan pengalaman, dibandingkan ijazah atau status kelulusan.

Memilih jurusan di UB atau kampus mana saja sebaiknya dilakukan melalui pertimbangan yang matang.

Pastikan Anda mengetahui bakat, minat, serta kemampuan finansial keluarga demi memastikan agar pendidikan Anda tidak berhenti di tengah jalan.

Demikian info Universitas Brawijaya yang bisa kami rangkum dan semoga bermanfaat.

Referensi:
ub.ac.id/id/