Memilih tempat kuliah memang bukan urusan mudah. Setidaknya, Anda harus memiliki banyak referensi terlebih dahulu tentang kampus-kampus yang menjadi incaran. Jika kebetulan Anda ingin berkuliah di Universitas Sumatera Utara (USU), mengetahui jurusan di USU tentu menjadi hal yang sangat penting.

Kampus yang terletak di Medan ini banyak dijadikan sebagai tujuan studi favorit para calon mahasiswa, salah satu alasannya adalah karena PTN ini memiliki akreditasi A.

Akreditasi merupakan indikator yang wajib dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi.

Daftar Jurusan di USU

https://lh4.googleusercontent.com/UvPIMbM7bB3RfRVHUx_HgaIyHaWPnZuBBVQJYdfl_OzdNn8bjmB1Vh62LO545uIDVm9jasJifAftDPIbw6pBKzrCzx3IQvELSQ-PHCsWvwppKa8qg5WS7Qsi-kWTfjR1b8FW5X4

Selain akreditasi universitasnya, tiap jurusan pun memiliki akreditasi sendiri yang tentunya patut menjadi pertimbangan dalam memilih program studi.

Banyak jurusan di USU yang telah memiliki akreditasi A, sisanya berperingkat B, dan sedikit yang mendapatkan akreditasi C.

Berikut adalah daftar jurusan yang ada di USU, mungkin salah satu di antaranya sesuai dengan minat Anda.

Fakultas Hukum

Jurusan di USU yang berada di bawah naungan fakultas hukum dibagi menjadi beberapa jenjang, yaitu program sarjana (S1), program master (S2), dan program doktoral (S3).

Untuk program S1, ada jurusan ilmu hukum yang telah terakreditasi A. Adapun untuk program master, setidaknya ada lima jurusan yang bisa dipilih.

Jurusan tersebut adalah jurusan hukum ekonomi, ilmu hukum reguler, ilmu hukum paralel, hukum dan HAM, serta kenotariatan.

Sementara itu, pada program doktoral, terdapat jurusan ilmu hukum dengan akreditasi B.

Fakultas Ilmu Budaya

Anda yang menaruh minat pada bidang bahasa, pariwisata, ilmu sejarah, atau linguistik bisa menjatuhkan pilihan pada salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Budaya USU.

Universitas ini menyediakan jurusan untuk program diploma (D3), S1, S2, dan S3.

Untuk program D3, ada empat pilihan jurusan yang bisa diambil, yaitu perpustakaan, pariwisata, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang. Akreditasi jurusan di USU ini semuanya adalah B.

Bagi yang ingin mengambil S1, terdapat beberapa jurusan berakreditasi A, yaitu sastra inggris, sastra arab, etnomusikologi, dan ilmu perpustakaan.

Anda juga bisa memilih jurusan sastra iIndonesia, sastra Jepang, sastra Melayu, dan ilmu sejarah yang berakreditasi B.

Bagi yang ingin mempelajari bahasa Batak secara lebih mendalam, USU juga  memiliki jurusan sastra Batak yang berakreditasi B.

Pada program master, terdapat jurusan bahasa Inggris, ilmu linguisik, dan ilmu sejarah.

Sementara itu, jurusan ilmu linguistik tersedia bagi Anda yang ingin melanjutkan program doktoral di fakultas ini.

Fakultas Farmasi

Apakah Anda bercita-cita menjadi apoteker? Jika iya, jurusan di USU yang berada di bawah fakultas farmasi bisa dijadikan alternatif.

Di fakultas ini, USU juga menerima mahasiswa dari luar negeri, khusus untuk program studi farmasi dan apoteker.

Saat ini, untuk program D3, hanya ada satu jurusan yang tersedia, yaitu analis farmasi dan makanan.

Untuk jenjang S1 dan S2, terdapat satu jurusan juga, yaitu farmasi.

Jika ingin memantapkan pendidikan dengan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, jurusan ilmu farmasi untuk program S3 bisa Anda pilih.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

https://lh3.googleusercontent.com/dGuhlkhdtm6PwapL5QTjLh2BVUAwuaRQxtvq7cMdQJTyhtbuAZtQuYN3NbgwPDibscSOXrklTYxzogtONRWAp4zY71K899XJP9D_flDQshKBVZUGSF9hncwg8Zdgjlrb_AMaXDs

Beberapa jurusan favorit di USU berada di bawah fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP), salah satunya adalah program S1 ilmu komunikasi.

Menurut data dari SBMPTN USU, pada tahun 2019, jurusan ini diminati oleh 912 orang, sedangkan yang diterima di tahun 2020 hanya 42 orang.

Jurusan di USU lainnya untuk jenjang S1 dari FISIP yang mungkin sesuai dengan minat Anda di antaranya adalah

  • administrasi negara;
  • ilmu kesejahteraan Sosial;
  • ilmu politik;
  • sosiologi;
  • antropologi sosial; dan
  • ilmu administrasi niaga bisnis.

Bagi yang ingin menjalani program pendidikan dalam waktu singkat agar lebih cepat bekerja, program D3 adalah pilihan bijak.

Administrasi perpajakan adalah satu-satunya jurusan di bawah FISIP yang tersedia untuk jenjang D3.

Bagi yang ingin melanjutkan S2, ada jurusan di USU yang bisa dijadikan alternatif, yaitu ilmu komunikasi, sosiologi, ilmu politik, dan studi pembangunan.

Sementara itu, untuk tingkat doktoral (S3), terdapat jurusan studi pembangunan.

Fakultas Kedokteran

https://lh5.googleusercontent.com/Emn-Cwn7-Rqus0tcdRV4Vt6fF24smQy-Ak0-k047DObks7c-pZualkzELGRK4s3BXvZFoh_qYFg0W34Q5EWTzdEQtAecaPvZNEMxEwY-FC1j9Q-ikQrbTJfWRBE6Q8mkLfYDJsQ

usu.ac.id

Profesi dokter tampaknya masih tetap menjadi salah satu bidang pekerjaan yang diidam-idamkan.

Jika Anda pun memiliki keinginan tersebut, kuliah di Fakultas Kedokteran USU bisa membantu mewujudkannya.

Untuk program sarjana, ada jurusan pendidikan dokter. Tak hanya itu, USU juga menyediakan jurusan ilmu kedokteran untuk program master hingga doktoral.

Bahkan, tersedia juga program D4 dengan pilihan jurusan sebagai berikut.

  • Ilmu bedah;
  • Ilmu kesehatan anak;
  • Kedokteran respirasi.
  • Ilmu penyakit mata;
  • Ilmu penyakit THT;
  • Pulmonologi;
  • Ilmu penyakit saraf; dan
  • Ilmu penyakit jiwa;

Fakultas Pertanian

Untuk mengelola sumber daya alam Indonesia yang melimpah, dibutuhkan ilmu yang tepat sehingga dapat termanfaatkan dengan baik dan bisa dinikmati hingga generasi mendatang.

Jika tertarik untuk mempelajari pengelolaan hasil pertanian, Anda bisa mengambil salah satu jurusan di USU yang ada di bawah fakultas pertanian.

Jurusan-jurusan tersebut di antaranya adalah agribisnis, peternakan, keteknikan pertanian, manajemen sumber daya perairan, ilmu dan teknologi pangan, dan ilmu pertanian.

Prospek pekerjaan untuk lulusan fakultas pertanian juga terbilang menjanjikan.

Anda bisa berkarier di instansi pemerintah, menjadi penyuluh pertanian atau pengusaha, bahkan di dunia perbankan untuk lulusan agribisnis.

Fakultas Psikologi

Di fakultas psikologi, terdapat satu jurusan untuk program sarjana, yaitu jurusan psikologi yang telah terakreditasi B.

Untuk program master, ada dua jurusan yang tersedia, yaitu psikologi profesi dan psikologi sains.

Fakultas Teknik

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang jurusan teknik di USU?

Fakultas Teknik USU menyediakan beragam jurusan sesuai dengan bakat dan minat calon mahasiswanya, mulai dari program sarjana, master, hingga doktoral.

Beberapa jurusannya antara lain adalah teknik sipil, teknik industri, teknik mesin, teknik kimia, teknik elektro, arsitektur, dan teknik lingkungan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jika Anda bertanya-tanya apakah ada jurusan di USU untuk anak IPS, jangan khawatir karena di PTN ini ada fakultas ekonomi dan bisnis.

Pelajaran yang Anda dapatkan di bangku SMA, khususnya tentang ilmu ekonomi, akan lebih didalami lagi di sini.

Jurusan di USU yang ada di fakultas ini adalah akuntansi, manajemen, dan ekonomi pembangunan. Jurusan yang tersedia diperuntukkan untuk jenjang pendidikan S1, S2, dan S3.

Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam

Bagi anak IPA yang tertarik untuk mengembangkan ilmu di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, jurusan dari fakultas matematika dan pengetahuan alam bisa dijadikan alternatif.

Berbagai jurusan tersedia untuk dari program diploma hingga doktoral, yaitu ilmu kimia, biologi, matematika, fisika, teknik informatika, serta metrologi dan instrumentasi.

Fakultas Kehutanan

Fakultas Kehutanan USU belum lama berdiri karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu.

Di sini, hanya terdapat satu jurusan untuk program sarjana, yaitu ilmu kehutanan yang telah mendapatkan akreditasi B.

Itulah tadi beragam jurusan di USU yang bisa menjadi pilihan. Pilihlah jurusan kuliah yang paling menarik minat Anda dan memiliki prospek yang bagus di masa depan.

Sumber:

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)