Apakah Anda sebentar lagi akan lulus SMA dan ingin kuliah di jurusan informasi teknologi, tetapi masih belum yakin?

Sebagai bahan pertimbangan, Anda perlu mempelajari seluk-beluk jurusan ini agar tidak salah pilih nantinya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi jurusan lainya silahkan ke menu Profil Program Studi.

Jurusan ini cocok bagi Anda yang memiliki minat besar pada dunia komputer.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang jurusan informasi teknologi (IT) dan bedanya dengan sistem informasi, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Informasi Teknologi

https://lh3.googleusercontent.com/_PzSlTMiw2tvEm-MH64X-DCnJxfomQYtoD--hdt0Gtf5tXzB8jCJ8-635OqOktNWAyHrkvNzewC71MjZWsJrSCjLNaxpFuaEKVZZf04dl9CIaSSlCgpk0VTk1ffiCo6d5ByrezQ

Teknologi informasi merupakan jurusan yang khusus mempelajari mengenai komponen penyusun software, hardware, dan brainware.

Ilmu tersebut berguna untuk mendukung pengolahan data dan informasi secara efektif dan berkualitas.

Perbedaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

pexels-photo-270360.jpeg

Mungkin tak sedikit orang yang terkecoh dan menganggap jurusan informasi teknologi sama dengan jurusan sistem informasi, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Disiplin ilmu pada jurusan informasi teknologi membahas tentang pengolahan data pada komputer melalui proses logika.

Sementara itu, pada jurusan sistem informasi, Anda akan mendapatkan gabungan dari ilmu bisnis atau manajemen dan ilmu komputer.

Bisa dikatakan, jurusan sistem informasi cocok bagi yang memiliki minat di dunia komputer sekaligus menyukai kegiatan yang lebih bersifat sosial.

Hal-Hal yang Dipelajari di Jurusan Informasi Teknologi

https://lh5.googleusercontent.com/kTnokiaYHY5JtjIFvyBZwihRR3R2Ak4FfupbVga4je6ngy29-Ori1GD0U6zOndpJIkcA9oMTyGC7Ls_nbDH7z93Pt8N3S3fvLROXmqQIT8xOGLdcThVEW9LibvEqj0LJCu5bCZY

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa orang yang kuliah di jurusan informasi teknologi hanya mampu membuat website.

Pada kenyataannya, bidang teknologi informasi sangatlah luas dan banyak sekali yang bisa Anda pelajari di jurusan ini.

Beberapa mata kuliah jurusan teknologi informasi yang akan Anda pelajari adalah pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software).

Mahasiswa IT pada dasarnya akan dituntun untuk menerjemahkan suatu ide yang dituangkan ke dalam bentuk digital dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Selain pemrograman, program studi jurusan ilmu komputer juga akan membekali mahasiswanya untuk mempunyai keterampilan dalam menyusun algoritma.

Selama kuliah, Anda akan diajari tentang bahasa pemrograman, yaitu C++, Java, HTML, CSS, Ruby, PHP, Phyton, dan lainnya.

Dalam menerapkan ilmu pemrograman dan algoritma, Anda dituntut untuk bekerja secara logika.

Tak mengherankan jika salah satu mata kuliah jurusan informasi teknologi yang wajib diambil mahasiswa adalah matematika.

Bidang Minat Jurusan Informasi Teknologi

https://lh3.googleusercontent.com/d59F_X_lLaIZwVGX-sm_GebXO70VqwiKG-bb91YJT1nK0sbAkQsmtrr0a_M8tOO6B75mI6VSQ_JRppE4cp7DCvwIM_cwGo31tGOpyeTSa2qnqKevj6bVzIo1Xt_Am6VAT4lMQdg

Setelah memiliki kemampuan dasar dalam pemrograman, universitas jurusan informasi teknologi biasanya akan memberi pilihan spesialisasi kepada para mahasiswa berdasarkan minatnya.

Berikut ini bidang minat di jurusan informasi teknologi yang akan memudahkan Anda untuk menguasai bidang ilmu yang lebih spesifik.

Teknologi Perangkat Lunak

Dalam spesialisasi teknologi perangkat lunak, Anda akan diajak untuk fokus menjadi programmer perangkat lunak.

Anda bisa menjadi programmer andal di bidang pembuatan web, beragam software yang digunakan di perusahaan, aplikasi mobile, hingga game.

Arsitektur dan Infrastruktur Teknologi Informasi

Rancangan arsitektur TI diperlukan bagi perusahaan yang ingin membangun infrastruktur TI.

Lebih mudahnya, arsitektur TI merupakan blueprint yang akan menentukan tipe hardware, jenis server, lokasi server, network apa yang akan digunakan, dan sebagainya.

Mata kuliah kriptografi menjadi salah satu ilmu penting yang akan Anda dapatkan jika mengambil bidang minat.

Dalam mata kuliah ini, Anda akan dibekali dengan cara menjamin keamanan sistem agar tidak mudah dibobol oleh pihak yang tak bertanggung jawab (hacker/cracker).

Kecerdasan Komputasional

Minat lain yang bisa dipertajam di jurusan informasi teknologi adalah kecerdasan komputasional.

Di sini, mahasiswa akan belajar melakukan komputasi dengan cerdas untuk beragam aplikasi (artificial intelligence).

Salah satu mata kuliah yang didapatkan dalam bidang minat ini adalah bioinformatika.

Ilmu tersebut merupakan perpaduan dari biologi, matematika, dan komputer yang biasanya berguna untuk menganalisis DNA secara digital.

Pengolahan Informasi Multimedia

Setidaknya, terdapat dua pengolahan data yang akan dipelajari pada bidang minat ini.

Pertama ada pengolahan informasi di mana Anda akan belajar membuat sistem yang mampu menyimpan dan mengolah banyak data. Contohnya adalah database karyawan perusahaan.

Kedua, pengolahan citra dan grafis. Bidang minat ini cocok bagi Anda yang memiliki ketertarikan untuk mengembangkan aplikasi grafis, seperti Photoshop dan Corel Draw.

Anda juga bisa belajar tentang cara membuat aplikasi seperti Google Maps dengan menganalisis citra peta geografi dan mengubahnya menjadi informasi berguna yang diinginkan oleh pengguna.

Sebenarnya, tak hanya empat bidang minat ini saja yang tersedia.

Bidang minat jurusan informasi teknologi untuk setiap kampus berbeda-beda, tergantung pada kebijakan dari universitas masing-masing.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Informasi

programmer

Supaya makin yakin untuk memilih, Anda perlu mengetahui apakah prospek kerja jurusan ini menjanjikan atau tidak. Kira-kira, apa saja profesi yang bisa digeluti?

Network Engineer

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, biasanya dibutuhkan network engineer yang memiliki tanggung jawab atas penyimpanan data, mengatasi masalah jaringan, dan keamanan.

Adapun lingkup kerjanya meliputi pengaturan, peningkatan sistem komunikasi, administrasi pemeliharaan, jaringan area lokal, dan jaringan area luas.

Semua keahlian tersebut akan Anda dapatkan jika kuliah di jurusan informasi teknologi.

Konsultan IT

Seseorang yang berkompeten dalam bidang teknologi informasi bisa bekerja sebagai konsultan IT.

Ia biasanya diminta untuk memberi masukan, menyediakan keahlian teknis, dan menerapkan sistem teknologi informasi kepada klien.

Konsultan IT juga memiliki tanggung jawab untuk merancang sistem, terlibat dalam pengembangan kode, mendukung penjualan, dan mengelola proyek.

Seorang konsultan IT dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang bagus.

Pekerjaan konsultan IT berkaitan erat dengan presentasi, kerja sama antar tim, dan manajemen proyek yang mengharuskannya terlibat dengan orang banyak.

Web Developer

Bisa dikatakan, profesi ini cukup populer di kalangan lulusan IT. Tugas utama seoarang web developer adalah mengembangkan aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman.

Seorang web developer merupakan penghubung dari sumber daya yang digunakan untuk website, meliputi pemanggilan database, dan membuat halaman website.

Bahkan, web developer juga wajib mengatur bagaimana pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai elemen yang ada di dalamnya.

System Analyst

Prospek kerja jurusan teknologi informasi selanjutnya adalah menjadi system analyst.

System analyst memiliki tanggung jawab dalam menganalisa sistem yang nantinya akan digunakan oleh suatu perusahaan.

Seorang system analyst dituntut untuk sangat teliti dalam merangkai sistem. Ia juga harus mau berinovasi mengembangkan sesuatu yang baru dalam hal pembaruan sistem dari yang sudah ada.

Web Designer

Salah satu alasan Anda mengunjungi suatu web mungkin adalah karena tampilan visual website yang menarik. Nah, tampilan tersebut lahir dari tangan seorang web designer.

Web designer bertugas untuk membuat rancangan layout website, bisa dirancang dengan coret-coretan di atas kertas atau dengan tools, seperti Balsamiq atau Mockingbird.

Tak jarang, ada pula yang langsung membuatnya di Photoshop atau browser.

Kemudian, rancangan layout tersebut diubah ke bentuk visual, bisa menggunakan Firework, Photoshop, atau GIMP. Jika sudah selesai, layout akan dikonversi ke HTML dan CSS.

Oleh karena itu, web designer dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang bahasa markup dan ketelitian tingkat tinggi.

Demikian ulasan mengenai seluk-beluk jurusan teknologi informasi  yang penting diketahui.

Baca Juga: Informasi Berbagai macam jurusan kuliah.

Semoga informasi di atas dapat memberikan gambaran tentang kuliah jurusan IT itu seperti apa dan Anda bisa mendapatkan bahan pertimbangan agar tidak salah memilih jurusan.

Sumber: