Kemenristek/BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) RI baru-baru ini merilis daftar universitas terbaik di Indonesia tahun 2020.

Kampus manakah yang menduduki peringkat pertama? Apakah kampus Anda termasuk dalam daftar tersebut?

Sebelum mengetahui daftar universitas terbaik tersebut, Anda perlu tahu bahwa Kemenristek merilis data klasterisasi perguruan tinggi setiap tahunnya.

Klasterisasi perguruan tinggi merupakan proses pengelompokan kampus-kampus di Indonesia menurut tingkat perkembangannya.

Tujuan klasterisasi adalah untuk membangun landasan perbaikan dalam meningkatkan performa dan kesehatan organisasi, terutama di lingkungan perguruan tinggi.

Artinya, klasterisasi universitas terbaik di Indonesia bukan semata-mata untuk menentukan peringkat, melainkan untuk memacu peningkatan kualitas perguruan tinggi.

Aspek Penilaian Universitas Terbaik 2020 di Indonesia versi Dikti

shelf rack library free photo Pada tahun 2020, PD Dikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) mencatat ada 2.136 universitas aktif di Indonesia, baik kampus negeri maupun swasta.

Seluruh kampus tersebut kemudian akan dikelompokkan berdasarkan penilaian atas aspek-aspek tertentu.

Terdapat empat aspek yang dirumuskan Kemdikbud dalam menilai universitas terbaik di Indonesia, yaitu input, proses, output, dan outcome, dengan penjabaran sebagai berikut.

Input

Aspek input menilai mutu sumber daya manusia universitas dan mahasiswa. Bobot penilaian aspek ini adalah sebesar 20% dan memiliki lima indikator, yaitu:

  • persentase dosen S3;
  • persentase dosen dengan jabatan lektor kepala dan guru besar;
  • rasio mahasiswa dan dosen;
  • jumlah mahasiswa asing; serta
  • jumlah dosen yang bekerja di industri selama minimal enam bulan.

Proses

Proses memiliki bobot penilaian sebesar 25% dan aspek ini menilai proses pengelolaan organisasi perguruan tinggi.

Salah satu indikatornya adalah akreditasi BAN PT, baik untuk institusi kampus secara keseluruhan maupun setiap program studi (prodi) yang ada dalam naungannya.

Indikator lainnya di antaranya adalah:

  • proses pembelajaran daring;
  • kerja sama perguruan tinggi;
  • kelengkapan laporan ke PD Dikti;
  • kerja sama prodi dengan DUDI (dunia usaha dan dunia industri), LSM, atau QS Top 100 WCU (world class university) by subject; serta
  • pelaksanaan program merdeka belajar.

Output

Faktor berikutnya, yaitu output, adalah raihan prestasi dan kinerja perguruan tinggi dalam jangka pendek.

Dengan bobot penilaian sebesar 25%, aspek output menilai jumlah karya ilmiah dosen, kinerja penelitian dan kemahasiswaan, serta jumlah prodi yang terakreditasi.

Outcome

Outcome memiliki bobot penilaian paling besar, yaitu 30%. Berbeda dengan output, outcome adalah raihan prestasi dan kinerja perguruan tinggi dalam jangka panjang.

Indikator penilaiannya meliputi:

  • kinerja inovasi;
  • kinerja pengabdian masyarakat;
  • jumlah sitasi dan paten tiap-tiap dosen; serta
  • persentase alumni yang memperoleh pekerjaan dalam waktu enam bulan setelah kelulusan.

Hasil penilaian terhadap keempat aspek di atas adalah berupa pengelompokan perguruan tinggi menjadi lima klaster.

Komposisinya terdiri dari 1.590 universitas di klaster 5, 400 di klaster 4, 97 di klaster 3, dan 34 di klaster 2. Sementara itu, klaster 1 terdiri dari 15 universitas.

Universitas Terbaik di Indonesia

Berkas:Ipb.jpg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Kampus mana yang berada di urutan pertama universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 versi Dikti?

Nilai tertinggi dalam klasterisasi Kemendikbud diraih oleh Instistut Pertanian Bogor (IPB) atau IPB University, yang sebelumnya disebut Bogor Agricultural University.

Peringkat berikutnya secara berturut-turut ditempati oleh Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Institut Teknologi Bandung.

Berikut nama-nama universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 yang menduduki peringkat 1 hingga 15 versi Kemdikbud.

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  4. Universitas Airlangga (Unair)
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  7. Universitas Hasanuddin (Unhas)
  8. Universitas Brawijaya (UB)
  9. Universitas Diponegoro (Undip)
  10. Universitas Padjajaran (Unpad)
  11. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  12. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  13. Universitas Andalas (Unand)
  14. Universitas Sumatera Utara (USU)
  15. Universitas Negeri Malang (UM)

Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia Berdasarkan Aspek Penilaian

IMG_9364 Kelimabelas universitas terbaik di atas mendapatkan skor tertinggi dalam penilaian secara global.

Namun, jika dilihat berdasarkan masing-masing aspek penilaian dan indikatornya, daftar peringkat universitas terbaik di Indonesia memiliki komposisi yang cukup berbeda.

Perguruan tinggi dengan skor terbaik untuk aspek input adalah Universitas Hasanuddin Makassar, disusul Universitas Pendidikan Indonesia, UGM Yogyakarta, dan ITS Surabaya.

Pada aspek proses, IPB kembali berada pada posisi pertama, diikuti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya.

Berdasarkan aspek penilaian output, komposisi lima besar universitas terbaik di Indonesia juga cukup berbeda.

Peringkat pertama ditempati IPB, UI menduduki peringkat kedua, lalu UGM, ITS, dan Unair Surabaya secara berturut-turut berada pada posisi berikutnya.

Lagi-lagi, IPB memperoleh skor paling tinggi untuk aspek outcome. Tak heran jika kampus yang baru resmi berganti nama itu menjadi universitas terbaik di Indonesia.

Sementara itu, peraih nilai terbaik di bawahnya antara lain ITB, UI, UGM, dan Unair.

Sejauh ini, skor tertinggi dalam klasterisasi didominasi oleh universitas negeri.

Baru ada dua nama universitas swasta yang berhasil menduduki posisi 10 besar berdasarkan aspek penilaian.

Kedua universitas swasta tersebut adalah Universitas Bina Nusantara untuk aspek proses dan Universitas Telkom untuk aspek outcome.

Perguruan Tinggi di Indonesia di Kancah Asia

university student graduation nanjing university of technology free photo Perguruan tinggi Indonesia ternyata juga mampu bersaing di kancah internasional. Terbukti, ada beberapa perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam daftar 200 universitas terbaik se-Asia.

UniRank adalah lembaga penyusunan peringkat perguruan tinggi internasional yang merilis daftar tersebut.

Metode penilaian UniRank tidak melibatkan kualitas akademis, tetapi berdasarkan popularitas penggunaan situs web tiap-tiap universitas.

Lembaga yang berbasis di Australia ini memanfaatkan layanan web analytics, seperti MOZ, Alexa, SimilarWeb, dan Majestic.

Setiap web analytics memiliki algoritma tersendiri dalam menganalisis data metrik dari setiap website resmi kampus.

Meskipun begitu, hanya universitas yang terdata di IREG Observatory yang bisa masuk daftar penilaian UniRank.

Adapun IREG merupakan lembaga nirlaba internasional yang khusus bergerak di bidang penilaian kualitas akademik universitas.

Sebanyak 18 perguruan tinggi berhasil masuk dalam Top 200 Universities in Asia yang dirilis UniRank.

Indonesia menduduki posisi kedua sebagai negara dengan kampus terbaik paling banyak se-Asia, sedangkan posisi pertama diduduki Cina yang menyumbang 91 universitas.

Ada tiga perguruan tinggi Indonesia yang dinilai sebagai kampus terbaik dan menduduki 50 besar dalam daftar UniRank.

Universitas tersebut adalah UGM yang berada pada urutan ke-18, Universitas Indonesia pada posisi ke-24, dan Universitas Pendidikan Indonesia pada peringkat ke-29.

Akan tetapi, penilaian tersebut tidak benar-benar valid menggambarkan kualitas sebuah universitas karena metode penilaian UniRank tidak didasarkan pada aspek akademis.

Bagi Anda yang sedang merencanakan kuliah pada tahun ajaran depan, boleh saja memilih kampus berdasarkan uraian peringkat di atas.

Namun, akan lebih baik lagi jika pilihan kampus tidak hanya didasarkan pada statusnya sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Pertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan perguruan tinggi yang akan dipilih.

Pertama, ketahuilah potensi diri, serta minat dan ketertarikan Anda terhadap satu jenis bidang pendidikan.

Kedua, lihat peluang kerja yang tersedia untuk jurusan yang dipilih dan ketiga, Anda juga harus mempertimbangkan biaya kuliah.

Renungkan baik-baik ketiga hal tersebut. Konsultasikan kepada orang tua atau kerabat Anda yang sudah memiliki pengalaman dengan dunia pendidikan tinggi.

Perguruan tinggi mana pun yang dipilih, percayalah bahwa kampus pilihan Anda adalah universitas terbaik di Indonesia, asalkan seluruh proses dijalani dengan maksimal.

Sumber:

https://www.lldikti4.or.id/2020/05/klasterisasi-perguruan-tinggi-tahun-2020/
https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/18-perguruan-tinggi-indonesia-masuk-dalam-top-200-pemeringkatan-pt-se-asia/
https://ireg-observatory.org/en/about-us/
https://tenia.dosen.ittelkom-pwt.ac.id/2017/06/30/analisis-tentang-ranking-ranking-perguruan-tinggi/
https://www.4icu.org/about/

 

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)