Setiap manusia di dunia ini pasti mempunyai sebuah masalah dan pastinya tidak ada manusia yang hidup di dunia ini tidak punya masalah. Masalah yang dihadapi oleh setiap manusia di dunia ini juga bukan hanya masalah pribadi saja, tapi juga masalah kelompok. Bicara soal masalah pribadi dengan masalah kelompok itu sebenarnya polanya sama saja. Masalah itu bisa terjadi pasti karena adanya ketidaksesuaian atau ketidakseimbangan antara ekspektasi dengan realitas atau adanya sebuah kondisi yang tidak bisa terpenuhi. Dalam hal apapun itu.

Dalam opini singkat ini saya ingin membahas sedikit, khususnya mengenai permasalahan sosial di suatu negara. Sebenarnya apa sih yang membuat masalah di suatu negara itu bisa terjadi? Lalu solusi apakah yang bisa menjadi jawaban atas permasalahan sosial yang timbul di suatu negara?
Mungkin ini pertanyaan-pertanyaan yang umum yang pernah kita dengar mengenai permasalahan sosial yang timbul di suatu negara, tetapi pastinya pertanyaan pertanyaan ini menjadi hal yang penting yang perlu kita bahas.

Bicara soal permasalahan sosial itu sebenarnya bicara soal pola pikir kita mengenai apa yang terjadi di suatu negara. Permasalahan sosial di suatu negara itu bisa terjadi karena kurangnya potensi sumberdaya manusia, yang seharusnya kita bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memberikan solusi suatu permasalahan, dan juga bisa terjadi karena keterbatasan sumber daya alam. Perlu di ketahui bahwa sumber daya alam itu memberikan pengaruh besar terhadap permasalahan sosial, dimana ketika sumber daya manusia tidak bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Solusi bagi Permasalahan Sosial

Setiap permasalahan pasti mempunyai jalan keluarnya. Bicara soal permasalahan sosial yang ada juga sebenarnya bicara soal bagaimana kita melihat permasalahan sosial itu. Kita melihatnya dari kacamata yang negatif atau kacamata yang positif. Untuk itu kalau kita melihat permasalahan itu dengan kacamata yang pesimis, maka permasalahan itu tidak mungkin bisa teratasi, yang ada malah semakin parah masalahnya. Sebaliknya, kalau kita melihat permasalahan dengan kacamata yang positif, maka kita bisa membuat statement, bahwa permasalahan sosial yang timbul di suatu negara itu sebenarnya adalah sebuah peluang. Mengapa sebuah peluang? Karena begini, suatu negara itu bisa menjadi negara yang maju, pastinya negara yang maju itu pernah mengalami yang namanya permasalahan sosial. Untuk mencapai suatu kategori negara yang maju, pastinya negara yang maju itu tidak langsung masuk kategori negara maju, pastinya harus dimulai dari bawah. Dari manakah itu? Dari permasalahan sosial yang timbul di suatu negara maju pada saat itu. Nahh, lalu apa sih solusinya bagi permasalahan sosial yang terjadi di suatu negara tersebut?. Iyaa, ada satu kata penting yang menjadi kunci dari solusi permasalahan Sosial yang terjadi di suatu negara, yaitu INOVASI.

Pentingnya Inovasi bagi Permasalahan Sosial

Inovasi menjadi hal yang penting bagi solusi permasalahan sosial karena kita harus tahu bahwa dunia ini selalu berubah, kapanpun dan dimanapun. Salah satu faktor yang menjadi penyebab permasalahan sosial adalah karena kita tidak ingin berubah untuk menjadi lebih baik, kita hanya ingin berada di zona nyaman saja, sehingga hal ini berpengaruh terhadap permasalahan sosial yang timbul. Dimana ketika dunia ini berubah, dan kita tidak berubah mengikuti perkembangan zaman, maka kita akan ketinggalan dan pastinya akan banyak permasalahan dan ketimpangan dosial yang terjadi. Untuk itu inovasi menjadi sangat penting ketika kita ingin memberikan solusi bagi permasalahan sosial yang timbul di suatu negara.

Ketimpangan Sosial serta Solusinya bagi Kemajuan Indonesia

Saya akan menceritakan sedikit tentang ketimpangan sosial yang terjadi di inidonesia. Salah satu ketimpangan atau permasalahan sosial yang terjadi di indonesia adalah pada saat itu indonesia pernah mengalami krisis beras dimana ketika mengalami krisis beras, pasti harga beras pada saat itu melonjak tinggi. Sehingga ini menjadi permasalahan sosial bagi indonesia. Maka pada saat itu ketika krisis beras terjadi, muncullah pemikiran untuk menggantikan beras dengan tepung gandum. Nahh, lalu dari situ muncul ide untuk memproduksi mie instan dalam jumlah besar. Lalu pada saait itu penjualannya berkembang cukup pesat dan dapat kita rasakan sampai saat ini. Apa itu? Iyaa, Indomie. Indomie itulah yang menjadi sebuah inovasi ketika krisis beras terjadi, dimana itu menjadi peluang untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang timbul pada saat itu.

Jadi kesimpulannya adalah, permasalahan sosial yang timbul di suatu negara itu terjadi karena adanya ketidak sesuaian atau ketidak seimbangan suatu hal yang bisa menyebabkan permasalahan dan kurangnya potensi Sumber Daya Manusia untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada dengan semaksimal mungkin, serta kurangnya inovasi dalam memberikan solusi terhadap suatu permasalahan yang timbul.

Oleh: Raul Duverson Naibaho

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)