Setiap orang pasti menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang ditekuninya saat kuliah. Bagaimana dengan prospek kerja sastra Inggris? Mungkin banyak di antara Anda yang bimbang untuk mengambil jurusan ini karena khawatir terhadap masa depan setelah lulus nanti.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang peluang kerja para lulusan sastra Inggris, tulisan berikut ini akan mengangkat beberapa jenis pekerjaan yang bisa ditekuni. Anda akan melihat bahwa ternyata kesempatan kerja bagi lulusan sastra Inggris sangat luas meliputi banyak bidang.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sastra Inggris?

Sebelum membahas peluang kerja bagi para lulusannya, tidak ada salahnya Anda mengetahui lebih banyak tentang jurusan sastra Inggris. Di jurusan ini, para mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah bahasa Inggris dari level paling dasar sampai level mahir serta kesusastraan Inggris.

Pada umumnya, jurusan sastra Inggris memiliki dua fokus utama, yaitu literature (sastra) dan linguistic (kebahasaan). Semua mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah umum yang sama dan mata kuliah pilihan yang dibedakan sesuai fokusnya.

Hal yang mungkin belum banyak diketahui adalah bahwa di jurusan sastra Inggris, Anda tidak hanya berkutat dengan mata kuliah seputar bahasa dan sastra. Anda juga akan dibekali wawasan tentang teknologi, bisnis, kesekretariatan, dan banyak lagi.

Kurikulum jurusan sastra Inggris sudah dirancang agar setiap lulusannya bisa berkarier di bidang apa saja yang diminatinya. Di era globalisasi sekarang ini, keahlian berbahasa Inggris makin banyak dibutuhkan di segala aspek kehidupan.

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

Dengan bekal keilmuan yang luas, bukan hanya seputar bahasa dan sastra, maka semestinya para calon mahasiswa tak perlu ragu untuk mengambil jurusan sastra Inggris. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa ditekuni seperti beberapa profesi berikut ini.

1.Ahli Bahasa

Ahli bahasa adalah profesi yang paling cocok untuk lulusan sastra Inggris yang mengambil konsentrasi linguistik. Anda yang senang menganalisis bahasa dan tertarik pada perkembangan bahasa Inggris bisa menekuni bidang pekerjaan ini.

Cakupan tugas seorang ahli bahasa sangat luas, mulai dari meneliti logika pembentukan kata, interaksi unsur bahasa, dan hubungan antara bahasa yang satu dengan lainnya. Anda juga bisa menganalisis bahasa yang digunakan di lingkup khusus, misalnya dalam proses persidangan.

2.Sastrawan

Menjadi sastrawan memang sebuah panggilan jiwa, tetapi dengan mendalaminya lewat pendidikan formal, Anda akan menjadi sastrawan yang profesional. Kuliah di sastra Inggris dengan fokus literatur akan memperkaya pengetahuan Anda tentang sastra Inggris.

Profesi inilah yang paling sesuai dengan jurusan sastra. Dengan bekal ilmu yang didapat dari bangku kuliah, Anda bisa menjadi prosais, novelis, kritikus, atau lainnya. Karena memang sesuai dengan minat, Anda akan bisa menjalani profesi ini dengan menyenangkan.

3.Dosen atau Guru
inggris1.jpg

Dosen atau guru sastra dan bahasa Inggris cukup banyak dibutuhkan di berbagai lembaga pendidikan. Prospek kerja sastra Inggris di bidang pendidikan juga sangat baik karena dibutuhkan di sekolah, perguruan tinggi, maupun lembaga pendidikan nonformal.

Untuk menjalani profesi ini, Anda harus meningkatkan kompetensi sebagai pengajar. Anda harus mengambi kuliah profesi selama satu tahun untuk menjadi guru sekolah (SD hingga SMA) atau menempuh studi S2 jika ingin menjadi dosen.

4.Bekerja di Lembaga Internasional

Kedutaan asing, lembaga sosial dan pendidikan internasional, atau lembaga PBB juga membutuhkan lulusan sastra Inggris untuk berbagai posisi. Anda yang memiliki jiwa dan kepekaan sosial yang tinggi bisa memanfaatkan peluang ini.

Kalau bicara tentang gaji, nominal yang akan Anda dapatkan dengan bekerja di lembaga internasional sudah pasti sangat menggoda. Akan tetapi, tanggung jawab yang Anda pikul juga sangat besar.

5.Diplomat

Prospek kerja sastra Inggris lainnya yang tak kalah menarik adalah dengan bekerja sebagai diplomat. Tentu saja Anda harus memiliki ketertarikan dan wawasan yang luas dalam bidang politik, agama, budaya, ekonomi, dan pemerintahan.

Persaingan untuk bekerja di departemen luar negeri cukup ketat, tetapi lulusan sastra Inggris memiliki kesempatan yang sangat besar untuk diterima. Salah satu penyebabnya adalah lulusan sastra Inggris memiliki keunggulan dalam hal penguasaan bahasa.

6.Karyawan Perusahaan Nasional dan Multinasional
inggris2.jpg

Untuk Anda yang lebih menyukai ritme kerja yang teratur, menjadi karyawan di perusahaan nasional atau multinasional sangat layak dijalani. Namun, karena perusahaan-perusahaan ini bergerak dalam banyak sektor, kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni saja tidak cukup.

Itulah sebabnya, di jurusan bahasa Inggris, Anda dibekali juga dengan ilmu manajemen bisnis, kemampuan melakukan presentasi, dan pengetahuan lainnya. Kesemuanya akan sangat berguna ketika Anda terjun di perusahaan-perusahaan besar.

7.Penerjemah

Penerjemah juga merupakan profesi yang sangat pas untuk para lulusan sastra Inggris. Anda bisa menjadi penerjemah lisan maupun tulisan. Prospek kerja sastra Inggris yang satu ini sudah pasti sangat menjanjikan karena dibutuhkan dalam semua bidang.

Untuk menjadi penerjemah yang profesional, tentu Anda harus terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Jangan hanya mengandalkan materi perkuliahan, tetapi tingkatkan kapasitas diri Anda dengan memperkaya pengetahuan tentang bidang lain.

8.Penulis

Saat kuliah di sastra Inggris, Anda juga mendapat mata kuliah yang berkaitan dengan cara menulis yang baik dan benar, baik tulisan fiksi maupun nonfiksi. Jika Anda memang tertarik pada dunia literasi, menjadi penulis adalah profesi yang sangat menarik.

Untuk menjadi penulis yang baik, Anda tidak hanya perlu memperhatikan kaidah penulisan yang benar. Anda juga perlu memikirkan kelayakan tulisan, sasaran pembaca, dan strategi pemasarannya karena saat ini, penulis pun dituntut untuk mau mempromosikan bukunya sendiri.

9.Copy Writer/Content Writer

Selain bekerja secara formal, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan bahasa Inggris dengan menjadi content writer atau copy writer. Syaratnya adalah Anda rajin mengikuti berita yang sedang hangat saat ini dan mengasah kemampuan menulis.

Menjadi content writer juga berarti harus bersedia untuk terus belajar tentang hal-hal baru, termasuk segala sesuatu yang sebenarnya kurang menarik menurut Anda. Seorang content writer memang dituntut untuk bisa membuat aneka jenis tulisan berdasarkan kebutuhan klien.

10.Pariwisata dan Perhotelan

Ingin suasana kerja yang menyenangkan? Bekerja di perhotelan dan pariwisata bisa menjadi alternatif yang baik untuk lulusan sastra Inggris. Seperti diketahui, Indonesia memiliki banyak tempat pariwisata dengan kunjungan wisatawan asing yang cukup tinggi.

Inilah saatnya Anda mengaplikasikan ilmu-ilmu seputar customer service, telephoning, dan sejenisnya yang Anda dapatkan ketika menempuh studi. Jangan lupa juga untuk banyak membaca informasi dan tulisan-tulisan tentang pariwisata Indonesia.

11.Tour Guide

Profesi lain yang juga menjadi incaran para lulusan sastra Inggris adalah tour guide atau pemandu wisata. Pekerjaan ini memang sangat menyenangkan, apalagi untuk Anda yang memiliki hobi traveling.

Selain bahasa Inggris, modal lain yang perlu Anda miliki adalah pengetahuan tentang pariwisata Indonesia, kemampuan bersosialisasi, dan kepribadian yang menarik. Hal-hal tersebut sangat penting agar tugas Anda sebagai pemandu wisata bisa dipenuhi dengan baik.

Ternyata cukup banyak profesi yang bisa ditekuni, bukan? Semuanya tergantung pada minat Anda. Hal ini membuktikan bahwa prospek kerja sastra Inggris sangat menjanjikan sehingga Anda tak perlu ragu untuk kuliah di jurusan ini.

Baca Juga: Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula.

Sumber:

.