Home Suara Anda Sebuah Renungan Siswa SMA

Sebuah Renungan Siswa SMA

110

Kita tahu bahwa pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup kita, karena dengan adanya pendidikan kita dapat belajar utk berpikir dewasa, disiplin, dan mempunyai tatakrama yang baik, dengan adanya pendidikan juga kita dapat mempelajari ilmu-ilmu yang penting dan pastinya berguna bagi kehidupan kita. Lalu bagaimana dengan sistem pendidikan di Indonesia. Sudahkah sempurna pendidikan di Indonesia???

Sebenarnya ada yang salah dengan sistem pendidikan di Indonesia, dan hal itu sangat berpengaruh bagi kehidupan kita dan masa depan anak bangsa. Contohnya yaitu dengan menyamaratakan setiap murid untuk bisa bagus dalam setiap bidang pelajaran, padahal Tuhan menciptakan manusia dengan kecerdasan yang berbeda-beda dan bagaimana mungkin kita bisa menguasai semua bidang pelajaran, coba pikir baik-baik. Layaknya mengumpulkan gajah, ikan, harimau, burung, monyet untuk diajarkan bagaimana cara memanjat pohon yang baik dan benar. Apakah guru fisika mu bisa sosiologi, guru pkn mu bisa matematika? Hal seperti itu sebenarnya dapat merusak dan membunuh karakter kecerdasan murid, Tak heran banyak anak-anak sekolah yang bingung mau kuliah jurusan apa, mau jadi apa. Selain itu tentang UN,banyak orang yang memperdebatkan UN. Katanya UN itu baik lah, bagus lah, benarlah. Tapi sebenarnya kita tidak tau bahwa dengan adanya UN ada yang mati bunuh diri karna UN, ada yang stress, yang pintar lulus dan yang bodoh tidak. Miris ya. Yah tapi coba saya mau memberikan tantangan kepada mentri pendidikan sama yang buat soal UN, apakah mereka bisa mengerjakan soal UN dengan benar?

Jam Sekolah dan Hidup Kita

Belum lagi jam sekolah berlebih, padahal hidup ini tuh bukan cuma sekolah, masa kami seharian berada di sekolah, tentu bosan, kami juga perlu berkumpul dengan keluarga, melakukan kegiatan positif, dan tentunya mengembangkan bakat. Bagi saya yang terpenting itu realita kehidupan, di sekolah kita diajarkan tentang pelajaran-pelajaran yang banyak teorinya, tapi tidak terpakai dalam kehidupan nyata. Ya memang tidak ada ruginya kalau kita belajar, tetapi apakah semua pelajaran di sekolah itu terpakai bagi kehidupan kita?

Untuk itu pendidikan di Indonesia harus segera di ubah, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap karakter kecerdasan setiap murid. Tahukan anda bahwa sistem pendidikan yang di terapkan oleh bapak pendidikan indonesia Ki Hadjar Dewantara aja tidak seperti sistem sekarang, berbeda jauh tau sistemnya. Pendidikan di Indonesia harus bisa belajar dari pendidikan di Finlandia, karena kita tahu Finlandia mempunyai kualitas yang sangat baik dan itu berbeda jauh dengan pendidikan di Indonesia. Sekolah di Finlandia itu jam belajarnya cuma sebentar, fokus di suatu bidang yang di geluti oleh setiap murid, lebih banyak praktek dari pada teori, langsung terjun kelapangan, dan guru disana harus mempunyai kualitas mengajar yang baik.

Sekian dari saya terima kasih
Raul Duverson Naibaho
Siswa SMAN Kabupaten Bekasi.

Komentar Kamu?