Memilih jurusan kuliah yang tepat sangat berpengaruh terhadap masa depan. Untuk itu, perlu banyak pertimbangan sebelum Anda mengambil keputusan.

Salah satu jurusan yang mungkin belum banyak diminati adalah jurusan agribisnis sehingga mungkin saat ini, Anda masih ragu apakah jurusan ini cocok untuk dipilih atau tidak.

Agar tidak ragu-ragu lagi, sebaiknya Anda mencari informasi sebanyak mungkin tentang jurusan tersebut, termasuk yang akan dipaparkan dalam artikel ini.

Nah, jika Anda ingin mengetahui serba-serbi jurusan agribisnis dan peluang kerjanya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dengerin Podcast: Mengenal Jurusan Teknologi Industri

Pengertian Agribisnis

membajak sawa

Sebelum membahas jurusan agribisnis secara lebih mendalam, sebaiknya Anda memahami pengertian dari agribisnis.

Agribisnis merupakan bisnis dengan dasar usaha pertanian yang bertujuan untuk mendukung pertanian, mulai dari sektor hulu sampai hilir.

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, agribisnis merupakan usaha penyediaan pangan.

Dari segi akademik, agribisnis mempelajari strategi untuk mendapatkan keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, panen, pengolahan, hingga pemasaran.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Agribisnis?

diskusi di perpustakaan

Salah satu yang menjadi pertanyaan ketika hendak memilih jurusan adalah hal apa saja yang dipelajari di dalamnya.

Di jurusan ini, ada banyak mata kuliah jurusan agribisnis yang akan Anda peroleh, yang tentunya akan sangat bermanfaat ketika terjun di dunia kerja nantinya.

Tak hanya tentang pertanian atau peternakan, ruang lingkup program studi agribisnis rupanya lebih luas dari itu.

Agribisnis merupakan usaha komersial sehingga menuntut Anda untuk tidak hanya dapat menghasilkan produk pertanian, tetapi juga harus mendapatkan keuntungan darinya.

Sebagai contoh, jika Anda ingin melakukan budidaya cabai, yang dipelajari tidak hanya cara membudidayakannya.

Anda juga akan diajak untuk memahami peluang bisnis dari budidaya yang telah dilakukan, misalnya dengan menjual hasil pertanian tersebut kepada yang membutuhkan.

Selain itu, Anda juga dapat menggali peluang lain dengan meningkatkan nilai ekonomi cabai.

Contohnya adalah dengan cara mengolahnya menjadi produk lain sehingga bisa dijual lagi dengan harga yang lebih menguntungkan.

Alasan Memilih Jurusan Agribisnis

memanen tanaman

(Photo by Anne Svet)

Salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan ketika memilih jurusan kuliah adalah kelebihan dari jurusan tersebut.

Di jurusan agribisnis, Anda dapat menemukan beberapa keunggulan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Lulusan Agribisnis Banyak Dibutuhkan di Kementerian Pertanian

Sudah bukan rahasia lagi jika bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) merupakan keinginan banyak orang di Indonesia karena dianggap mapan dan dapat menjamin kesejahteraan hari tua.

Jika Anda merupakan sarjana agribisnis dan ingin bekerja sebagai PNS, ada banyak peluang yang bisa diambil.

Sarjana pertanian sangat dibutuhkan di salah satu instansi pemerintahan, yaitu kementerian pertanian untuk mengisi banyak posisi.

Di antara posisi tersebut adalah pengawas mutu hasil pertanian, pengendali organisme pengganggu tanaman, pengawas benih tanaman, dan masih banyak lagi.

Menjadi Wirausaha

Jika ingin memiliki usaha sendiri dan tak suka bekerja kantoran, Anda tidak salah memilih jurusan karena sarjana agribisnis juga bisa menjadi seorang pengusaha.

Terlebih lagi, Indonesia merupakan negara agraris yang kaya akan komoditas pertanian sehingga bisa dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Salah satu keunggulan jurusan agribisnis adalah Anda tidak hanya belajar tentang pengelolaan sumber daya alam.

Di jurusan ini, Anda juga memperoleh ilmu mengenai bisnis atau manajemen yang bisa dijadikan bekal untuk menjalankan usaha sendiri.

Menjalankan Bisnis Start-up

Seiring dengan perkembangan teknologi, bekerja di dunia start-up tampaknya banyak dijadikan pilihan oleh kaum milenial.

Di bidang agribisnis, Anda bisa memfokuskan usaha pada komoditas sayuran atau buah segar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Salah satu contohnya adalah dengan membuat aplikasi belanja yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhannya.

Mereka bisa berbelanja bahan pangan tanpa harus repot-repot pergi langsung ke pasar atau supermarket.

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

https://lh4.googleusercontent.com/LYocJ16_7CZvXNREcEIZCisI3ByL1Ehmrayu1i1TYnoiR3U9l4Oq0v_POjMcQIkJ30XOnKjpLzGXwEnPKwMDohGHOrfuPBVfN2pE_k5DL_iNMUqEWE5W2G27ie22rtKhvgEtbzE

Indonesia dikenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah.

Meskipun begitu, pengelolaan yang baik sangat diperlukan agar sumber daya tersebut bisa bernilai ekonomi tinggi dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk itulah diperlukan program studi agribisnis.

Beberapa universitas yang ada jurusan agribisnis di Indonesia adalah

Jika Anda masih ragu apakah jurusan agribisnis adalah pilihan yang tepat atau tidak, mungkin dengan mempertimbangkan prospek kerja di masa depan bisa membuat Anda yakin.

Setelah lulus, ada banyak lowongan kerja jurusan agribisnis yang bisa Anda temukan.

Tak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan karena ada banyak sekali jenis profesi yang membutuhkan lulusan di bidang ini.

Berikut adalah beberapa contoh prospek kerja jurusan agribisnis, salah satunya mungkin sesuai dengan minat Anda.

Tenaga Pengajar

Jika Anda memiliki minat di bidang pendidikan sekaligus ingin masuk jurusan agribisnis, Anda bisa memilih profesi sebagai tenaga pengajar.

Anda bisa menjadi guru di SMK pertanian atau menjadi dosen program studi agribisnis di universitas.

Marketing

Bersekolah di jurusan agribisnis juga memungkinkan Anda untuk bekerja di dunia pemasaran atau marketing.

Anda akan mendapatkan bekal untuk menguasai spesifikasi produk pertanian dan ilmu untuk memasarkannya selama berada di bangku kuliah.

Lulusan agribisnis juga memiliki kemampuan mengurus bisnis dan mengelola keuangan karena mahasiswa jurusan ini juga mendapatkan mata kuliah pemasaran dan akuntansi.

Ilmu marketing memiliki penting agar Anda mampu mengatur keuangan untuk kemajuan bisnis hasil pertanian yang dijalankan.

Peneliti

Bidang agribisnis terbilang cukup kompleks. Memutuskan untuk menjadi peneliti bisa menjadi peluang kerja yang menarik.

Anda dapat membantu banyak sektor dengan hasil riset yang dilakukan, terutama dari segi perekonomian.

Banyak pengusaha yang membutuhkan data pendukung untuk kemajuan bisnisnya dan hasil riset Anda akan banyak membantu mereka.

Data penelitian Anda juga bisa dibutuhkan oleh lembaga penelitian dan riset di Indonesia, misalnya LIPI atau BPS.

Penyuluh Pertanian

Jika ingin membantu menyejahterakan petani Indonesia, Anda bisa memilih profesi sebagai penyuluh pertanian lapangan untuk membantu para petani.

Ilmu agribisnis sangat penting untuk profesi ini karena sebagai penyuluh, Anda akan mampu memahami permasalahan pertanian dan hal terkait lainnya.

Anda juga dapat memberikan edukasi kepada para petani agar hasil pertaniannya lebih menguntungkan.

Selain harus menguasai ilmu agribisnis, seorang penyuluh pertanian juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena akan berhubungan dengan banyak orang.

Analis Kredit di Bank

Lulusan jurusan agribisnis juga bisa berprofesi di bank dengan menjadi analis atau konsultan kredit di bidang pertanian.

Tak jarang, para petani mengajukan kredit sebagai modal untuk bercocok tanam.

Di sinilah, petugas analis kredit dibutuhkan karena dianggap bisa menilai apakah petani yang akan mengajukan pinjaman mampu atau tidak dalam membayar cicilan sampai lunas atau tidak.

Dengan bekerja di bidang ini, ilmu pertanian sekaligus manajemen yang sudah didapatkan bisa diterapkan.

Setelah memahami seluk beluk jurusan agribisnis, semoga Anda tidak ragu lagi untuk memilih program studi ini untuk melanjutkan pendidikan.

Sumber:

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)