Prospek Kerja Ilmu Komunikasi itu sangat banyak sob. Selain menjadi jurnalis dan public relations, seorang Sarjana Komunikasi bisa masuk berbagai bidang, mulai dari periklanan, penjualan, dan perfilman.

Kamu dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan, agensi, media, maupun, instansi pemerintah. Jadi sangat luas banget ya.

Jenjang kariernya pun cukup beragam. Gaji awal yang ditawarkan juga sangat kompetitif tergantung industri apa yang kamu geluti.

tim Unjkita.com telah merangkum 27 prospek kerja bagi kamu yang mau kuliah atau lulusan ilmu komunikasi. Berikut daftarnya:

1. Blogger

Karir seorang blogger bahkan sudah bisa kamu mulai ketika masih menjadi mahasiswa. Blogger adalah seorang konten kreator dengan medium website ataupun blog.

Kamu akan mendapatkan pemasukan dengan membuat review produk, slot iklan, google adsense, dan masih banyak lagi. Blogger pemula biasanya per satu review produk bisa mendapatkan penghasilan Rp100k-Rp200k.

2. Presenter

Presenter adalah orang yang mengambil peran utama atau pemandu dalam sebuah program televisi. Buat kamu yang pede dan nyaman berada di depan kamera pekerjaan ini sangatlah cocok.

O iya presenter haruslah orang yang berpenampilan rapih dan menarik.

3. Wartawan

Ilmu komunikasi biasanya sangat identik dengan wartawan. Menurut wikipedia, Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita.

Saat ini ada berbagai macam pilihan media pemberitaan seperti media cetak, media online, televisi, dan radio. Tergantung mana media yang jadi peminatan kamu.

Karir wartawan kedepanya bisa berkembang menjadi seorang penulis buku, ataupun pembuat film.

4. Fotografer

Karir fotografer sangatlah luas di era sosial media yang banyak menggunakan konten visual fotografi menjadi sangatlah penting.

Karirnya pun juga bisa berkembang menjadi sebuah usaha. Jasa fotografer pernikahan misalnya, paket komplit dari prewedding sampai hari resepsi.

5. Editor

Sebagai editor kamu bisa bekerja di media massa ataupun di sebuah penerbitan. Kamu akan menyiapkan dan memeriksa isi buku-buku yang akan terbit.

6. Public Relation

Hampir semua perusahaan dan lembaga membutuhkan seorang Publick Relation atau PR.

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk membangun hubungan kepada elemen-elemen publik speertia media massa, masyarakat, tokoh penting, hingga pemerintahan. Tergantung dimana kamu bekerja dan bidang industri apa.

7. Periklanan

Dunia periklanan juga salah satu industri yang menarik untuk menjadi pilihan prospek kerja ilmu komunikasi.

Kamu bisa bekerja sebagai content creator sebuah iklan ataupun seorang project manager yang berhubungan dengan mitra pengiklan.

8. Youtuber

Kalau ini gak usah di kasuh tau ya. Sumber pengdapatanya bisa dari google adsense, review produk, dll.

Contoh sukses? banyak banget… cari aja yang subsrcibernya 1jt keatas.

9. Redaktur

Redaktur adalah teman kerjanya wartawan. Kalau wartawan lebih cenderung untuk terjun kelapangan mencari pemberitaan. Redaktur bertugas mengedit informasi yang telah dikumpulkan wartawan untuk menjadi sebuah tulisan yang siap dikonsumsi oleh publik.

10 – 12. Dunia Perfilman / TV

Kameramen, Sutradara & Creative Director adalah 3 prospek kerja ilmu komunikasi yang cocok untuk kamu yang gemar berada di balik layar dunia perfilman.

Karir ini sangat menjanjikan, dengan hadirnya banyak platform video streaming seperti netflix, vidio, iflix, youtube, dan sejenisnya. Industri ini terus tumbuh pesat dan semakin menggurita.

13. Penyiar Radio

Radio bukanya sudah mulai ditinggalkan ya kak? sebenarnya gak sih. lebih tepatnya radio indonesia yang agak telat beradaptasi dengan perubahan zaman.

Industri Radio kedepanya tetap akan hidup dengan metode podcast. Platform seperti spotify dan apple podcast akan mendukung pertumbuhan industri radio di Indonesia. Menjadi seorang penyiar radio masih sangat menjanjikan. Bahkan memiliki prospek karir yang sangat baik, salah satu pengembangan karir dari penyiar radio adalah prospek kerja no 14.

14. MC (Master of Ceremonies)

Pembawa acara atau dalam bahasa Inggris sering disebut master of ceremony disingkat MC atau Host. MC adalah orang yang bertugas sebagai pemimpin acara dalam panggung pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenis.

15. Marketing / Sales

Yup ini adalah bidang yang menarik. Sering kali seorang marketing atau sales memiliki gaji dengan skema komisi. Jadi semakin besar produk yang kamu jual akan semakin besar gaji yang kamu dapatkan.

Menjadi seorang sales gak perlu lulus dulu, kami bisa langsung terjun dan ikut menjual. Mulai dari produk yang kecil hinggal yang mahal seperti properti, mobil, dan lain lain.

Nomor 16 – 25

Ada banyak banget prospek kerja ilmu komunikasi.  Mungkin jika kita gali lagi bisa lebih dari 25 poin. berikut poin nomor 16 sampai dengan 25.

  • Pengusaha
  • Analis
  • Copywriter
  • Produser
  • EO (Event Organizer)
  • Program Director
  • Desainer Grafis
  • Juru Bicara
  • Dosen
  • Web Desainer

Kampus Favorit Prodi Ilmu Komunikasi

Berikut daftar 12 kampus terfavorit untuk program studi ilmu komunikasi beserta nilai rataan UTBK 2019

  1. Universitas Gadjah Mada 677,68
  2. Universitas Indonesia 672,74
  3. Universitas Padjadjaran 640,30
  4. Universitas Sebelas Maret 638,62
  5. Universitas Airlangga 637,90
  6. Universitas Diponegoro 630,85
  7. UPN Veteran Yogyakarta 626,33
  8. Universitass Brawijaya 624,68
  9. Universitas Negeri Yogyakarta 615,42
  10. Universitas Pendidikan Indonesia 614,82
  11. Universitas Jenderal Soedirman 614,49
  12. Universitas Negeri Jakarta 612,67

Dunia Perkuliahan

Kamu akan mempelajari semua bentuk komunikasi, mulai dari komunikasi personal, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa.

Selain itu kamu juga akan belajar strategi komunikasi dan melakukan berbagai praktek yang berhubungan dengan media.

Beberapa mata kuliah prodi ilmu komunikasi adalah Komunikasi Antar pribadi, Komunikasi Massa, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Politik, Komunikasi Lintas Budaya, Media dan Kajian Budaya, Teknik Lobi dan Negosiasi, Periklanan, Reportase Berita Penyiaran, Jurnalistik Kontemporer, dll.

 

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Ilmu Komunikasi. Mulai dari prospek kerja yang sangat luas, sampai berbagai macam keterampilan yang didapatkan ketika kuliah

Lulus dari prodi Ilmu Komunikasi dijamin bakal punya kemampuan menulis, berbicara, dan mendengarkan yang mumpuni.

Ilmu Komunikasi tak akan lekang oleh waktu, dimanapun kamu berada, ilmu komunikasi selalu dibutuhkan. Bagaimana, tertarik untuk kuliah ilmu komunikasi?

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)